Sistem PGM-FI (Programed Fuel Injection) pada Honda


Istilah yang sebenarnya dari sistem PGM-FI ini adalah “Programed Fuel Injection”, nama PGM-FI adalah nama yang diberikan Honda untuk sistem penginjeksian bahan bakar yang di kontrol secara elektronik. Sistem PGM-Fi ini mensuplai bahan bakar ke mesin melalui rangkaian injector bahan bakar yang di control oleh engine control module (ECM). Tipe sistem ini mengontrol suplai bahan bakar lebih teliti daripada yang menggunakan system karburator.
Sistem fuel injection mempunyai keistimewaan diatas sistem karburator sebagai berikut.

• Meningkatkan ekonomis bahan bakar
• Meningkatkan emisi
• Meningkatkan response
• Power output yang lebih tinggi

Sistem karburator dan sistem Fuel injection

Pada mesin karburator, bahan bakar mengalir ke saluran udara oleh perbedaan tekanan yang disebabkan oleh aliran udara. Dengan kata lain, volume suplai bahan bakar di control oleh jumlah udara yang mengalir. Selain itu, volume udara juga di atur oleh katup throttle yang di operasikan oleh pedal gas.

Jika kecepatan tinggi diperlukan, sebagai contoh pedal gas diinjak seketika maka langkah berikut akan terjadi penambahan volume suplai bahan bakar:

• Katup throttle akan terbuka oleh tindakan pedal gas tersebut
• Jumlah udara yang mengalir melalui karburator akan bertambah, sehingga
• Sejumlah bahan bakar yang mengalir kedalam saluran udara pun akan meningkat seketika.

Kondisi dengan sejumlah bahan bakar yang sesuai tidak dapat di suplai ke mesin, bagaimanapun kejadian dalam waktu sementara/sekejap tersebut di butuhkan untuk pelaksanaan langkah percepatan. Kondisi ini bisa merusak respon mesin dan meningkatkan tingkat emisi.

Meskipun karburator dilengkapi dengan luas cakupan fungsi dan kemampuan yang berbeda dalam usaha mengatasi kondisi ini dan peningkatan karakteristik respon, tidak ada satu karburator pun yang bisa memberi reaksi dengan tepat keseluruh situasi yang memungkinkan. Selain itu, karburator juga mudah dipengaruhi oleh perubahan temperature udara dan beberapa factor lingkungan lainnya.

Menanggapi factor tersebut diatas, system fuel injeksian telah dikembangkan dengan tujuan membuat kontrol yang pantas dan lebih akurat dalam pensuplaian volume bahan bakar dibawah semua kondisi mesin

Secara spesifik, ECM dalam PGM-FI menentukan kondisi mesin saat itu berdasarkan data yang tersedia dari cakupan sensor-sensor dan menghitung dengan tepat volume suplai bahan bakar yang dibutuhkan. Selanjutnya dengan menginjeksikan volume bahan bakar pada waktu yang paling tepat kedalam intake manifold, system memastikan bahwa mesin memperoleh campuran udara dan bahan bakar yang paling pantas sesuai dengan kondisinya.

Konstruksi Dasar Sistem PGM-FI

Sistem PGM-FI dapat dibagi dalam 3 sub-sistem sebagai berikut:

1. Sistem pemasukan udara (air intake)
Sistem ini mengontrol volume udara yang disuplai ke mesin
2. Sistem suplai bahan bakar
Sistem ini mengirim bahan bakar yang telah diatur dan ditekan injector- injector.
3. Sistem control
Sistem ini menggunakan ECM untuk mengontrol volume bahan bakar dan waktu penginjeksian berdasarkan sinyal dari berbagai sensor.

Aplikasi PGM-FI Di Motor Honda


Berdasarkan keterangan tersebut, jika PGM-FI di terapkan pada motor Honda, maka motor akan mempunyai peforma yang ramah lingkungan yang tinggi, irit bahan bakar namun tetap tidak mengurangi performa motor, karena perbandingan antara suplai bahan bakar dan udara serta pengapian di kontrol melalui sensor elektronik.

Pada intinya motor Honda Supra X-125 PGM-FI jadi lebih enak dari motor lain, biker-nya akan mendapatkan sensasi riding yang menyenangkan, aman, nyaman, ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Itulah beberapa yang bakal di dapatkan jika memiliki motor dengan teknologi PGM-FI.

Kurang lebih ada 3 sistem yang sangat menonjol dam berpengaruh ketika teknologi PGM-FI diaplikasikan, yaitu:

  1. Sistem Bahan Bakar: Yaitu fuel pump akan bertugas mengalirkan bensin dari tangki hingga injektor dengan sempurna.
  2. Sistem Induksi Udara: Yaitu jumlah udara yang dihisap masuk ke dalam silinder melewati sensor bisa diukur kevakumannya sebagai patokan jumlah bensin yang akan diinjeksikan.
  3. Sistem PGM-FI memberikan kelebihan, yaitu mengurangi emisi gas buang, lebih hemat dalam pemakaian BBM, memberikan tarikan motor lebih responsif, mesin dengan mudah dihidupkan pada kondisi apapun (cuaca dingin pegunungan sekalipun), idle tidak terpengaruh pada ketinggian suatu daerah (pegunungan), dan memberikan kemudahan dalam perawatan secara berkala.

Sejarah Teknologi Honda

Pabrikan Honda sebenarnya telah mengembangkan teknologi Fuel Injection lebih dari 20 tahun. Di tahun 1982 Honda yang pertama kali memperkenalkan model Honda CX-500 TURBO yang merupakan sepeda motor pertama di dunia yang menggunakan teknologi Fuel Injection. Motor Honda Model CX-500 Turbo bisa jadi sepeda motor yang memiliki akselerasi yang lebih baik dari pada model CB-900F, dan ini karena efisiensi bahan bakar yang lebih baik dari model CX500 yang menjadi platform dari Honda CX-500 TURBO

Dimulai tahun 1993, Honda mulai mencoba teknologi baru untuk motor balapnya yang bergengsi di kategori GP500 dengan teknologi Fuel Injection. Belakangan motor Honda di kelas MotoGP yang dikenal dengan jenis RC211V mampu menghasilkan tenaga yang luar biasa yang dikontrol oleh teknologi PGM-FI. Hal ini menunjukkan bahwa performa PGM-FI yang luar biasa dapat diterapkan pada motor balap.

About these ads

12 Balasan ke Sistem PGM-FI (Programed Fuel Injection) pada Honda

  1. iman mengatakan:

    makasih info ny.,
    lanjutkan dgn info yg lebih bru..

  2. waseso mengatakan:

    mending pake karbu. .

  3. zoel mengatakan:

    tapi ttp di dunia blp okau y cabilator std coy…..

  4. Yan Ismar mengatakan:

    nice info….
    ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╦╦╦╗
    ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║
    ║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
    ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝╚╩╩╝

  5. novi mengatakan:

    inpo yg sgt membantu saya mas..matur suwun slm kenal

  6. Romi mengatakan:

    Kash tw d0nk mslah ot0m0tif s0b

  7. imam mengatakan:

    perlu dibuktikan secara real….. bukan teoritis..

  8. alwie mengatakan:

    aku dapat impormasi akurat…bahwa honda di tahun brikutnya akan memproduksi PGM-F1 scara keseluruhan…
    kalau bnar spt itu..bisa sepi ni bengkelku…

  9. Cipto Gareng mengatakan:

    Klo yg bwat motor balap,bahan kwalitas no1,klo yg dijual masal spt vartech125 itu kw3,jadinya boros busi,mgempos,ndut2an dan ngorok………..grok.grok………..

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 86 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: