New MegaPro diminumin Enduro 4T Racing jadi lebih wus…wus..wus…


Sejak dari servis pertama mendapatkan oli standar dirasa NMP malah agak sering Slip tu giginya makanya aku harus putar otak apa oli yang cocok untuk NMP biar ga nyelip terus malu tuh kalo pas mau pindah gigi 2 malah balik kenetral aneh banget tu padahal gw udah sekeras mungkin nginjek tuas gigi tapi tetep aja balik ke netral hahahahahah……

akhirnya gw dapet saran dari temen yang katanya cobain pake ENDURO 4T RACING, akhirnya mau gak mau gw harus coba tu oli biar ga penasaran, keesokan harinya gw beli tu oli emang mantap suara mesin ga kasar,selip selip juga ilang entah kemana,ga bikin boros,tarikan lebih responsif sif…sif…sif… dan yang paling penting itu oli buatan anak negeri sendiri Enduro 4T racing ber sae 10-40 w untuk yang standar sae 10-30w nah yang semakin besar tingka kekentalannya semakin sulit masuk mesin2 sempit contohnya motor matic untuk NMP gw rasa ga terlalu sempit2 amat, sura mesin makin halus dan tingkat selip kopling menjadi rendah berikut adalah spesifikasi Enduro 4T Racing

108 Balasan ke New MegaPro diminumin Enduro 4T Racing jadi lebih wus…wus..wus…

  1. yug4 mengatakan:

    wah, info sip. gimana kalau NMP pake Castrol 10w-40 ya?

    • skullsmokers mengatakan:

      Untuk bro yug4 thx udah mampir ke blog skullsmokers Untuk Castrol 10 40 w gw belum pernah denger tapi beberapa temenku pernah nyoba Shell yg harganya 40rb keatas gw lupa ukuran saenya berapa itu suara mesin jadi kasar jadi berhati hatilah memilih oli mesin untuk tunggangan kita teliti dulu sebelum membeli kita bisa tanya dulu kepada temen/ortu/paman/pacar atau bahkan kakek kita hehehehehee…….tHx

      • aditya mengatakan:

        temen aq ada yg pake shell yg kekentalannya 15-50…
        Hasilnya suara mesin….seperti pabrik paku…kasar

    • andika islamy trasmaditya mengatakan:

      mantap tuh, tpi aku bleh nanya sesuatu nga… gmn ntu psang stan kaki gantung di mega pro new soal.y nda ada untuk psang baut tuh,

  2. yug4 mengatakan:

    sama” bro, motor ane juga NMP. hehehe
    Shell Advance vsx ya? ternyata panas. katanya sich ada yang nyoba castrol bagus, tapi aq agak ragu”. :)
    aq sekarang juga bingung mau nyari oli bagus buat NMP. aq juga mau nyoba enduro 4T racing bro,

    • skullsmokers mengatakan:

      Pecinta NMP jg ni??? hehehehheh
      yah gimana kita tahu kalo kita ga nyoba
      kalo q sering denger2 si dari bro2 daerah sini castrol kebanyakan dipake bebek kalo dimotor laki si ane lum pernah denger
      dulu temenku ada yg maniac pake castrol magnatec mtr dia shogun 110R ok2 aja bro tapi wong namanya kemakan umur
      jebol juga tuh pistonnya anehnya dibagian mesin kayak ada kerak2 gitu persis sama kek iklan “melekat dibagian mesin” ga tau jg tuh mungkin
      kelemanhanya dijadiin kelebihannya kaleee hehehehe piss bro

  3. yug4 mengatakan:

    iya bro, pecinta NMP dengan teknologi india. :D
    pingin nyoba tapi lewat pengalaman orang,jadi setidaknya meminimalkan kerusakan motor gara” ganti” oli.
    ane rencananya pas 2000 km mau ganti enduro 4T racing bro, tapi pingin ganti motul 5100 ester 4T 10w-40 di daerah ane susah nyarinya bro :(
    berarty kalau kasus begitu berbahaya castrol.
    bro, mau nanya nich. di AHASS servis gratis tapi bawa oli merk lain gpp ya? garansi mesinnya hilang gak?

    • skullsmokers mengatakan:

      ane rasa Untuk NMP ga ada masalh nyoba beberapa macem oli yang pnting SAEnya masih 10-30/40
      kalo dirasa ganti malah ada yang aneh2 langsung aj buang tu oli ganti yg menurutnya cocok
      tp Enduro jg ada kelemannya bro kalo dibawa jauh otomatis tempratur oli mesin menjadi panas nah pas itu ngrasa suara mesin jadi agak kasar
      tp fine2 aj si dlu ane jg pemake megi generasi 2,sejak ga dpet oli gratisan lagi langsung gnti enduro 4 tahun ane make sehat2 ajah tu mesin paling ganti
      rantai keteng biasalah mesin GL kelemahn di rantai tsb
      Motul emang agak susah nyarinya,ente mang tggl daerh mana???
      kalo ane dijogja ada sejenis OLI-MART jadi kek swalayan khusus oli lengkap disitu

      Untuk ganti oli diAHASS ane pernah ngalamin tu untuk MIO cewek ane crtannya servis sekalian gnti oli ane bawa oli enduro matic
      (maklum cinta produk indo kualitas selangit terlanjur falling love ma enduro racing & matic hehehehehheeh)
      mekaniknya si ga ngmg apa2 tu dealer jg nyediain oli selain yamalube kok
      tp kalo diahass ane kurang tau mending ditap sendiri aja kalo ga ya dimana kita beli oli itu kan biasanya harga oli tersebut termasuk sama ongkos gantinya
      kalo garansi di buku manualnya jg udah ada tulisan kalo ga salah”garansi tidak berlaku jika bahan bakar minyak/oli mesin yg tdk direkomendasi oleh PT AHM
      menurut ane mesin ga bakal jebol tu kalo cuma asal ganti oli kecuali kalo dibore up, sebelum 2 tahun aja dijamin piston jebol heheheheheh

  4. yug4 mengatakan:

    ane juga shogun 125 ane kasih enduro biasa kalau touring jauh panas banget mesinnya tapi tetap enak tarikannnya. cuma pernah pake enduro sampai 6 bulan (gara” lupa :D) pas tap oli, olinya cuma secangkir kecil dan piston gosong.
    ane tinggal di jember gan, jatim. susah nyari oli merk” luar. yang paling ada, castrol, repsol, BM1, dll. kalau motul atau shell susah banget nyarinya.
    ane juga mau nyoba BZ oil bro, ingin tester, ni link agennya: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1235134
    katanya bagus banget, jadi penasaran mau tester apalagi full syntetic (bagus buat NMP) hehehe.

    kalau rules AHASS kayak gitu. berarty servis ke dua gak usah tap oli dulu. baru di rumah tab oli sendiri.
    kan oli pertamina gak sejelek tetangga sebelah sono, malah lebih baguslah. :)

    • skullsmokers mengatakan:

      yah Oli seharga 500rb kalo dipake 6 bulan jg sama2 abis bro hehehehehhe…..
      Thx bro info olinya ta jadiin ane referensi.
      Untuk saran pergantian oli AHASS itu pas KPB pertama(500km),ketiga(4000km) dan keempat(8000km) dan 4000km selanjutnya
      untuk KPB ke 2 kn lum perlu ganti oli bro
      tapi dulu ane pas KPB kedua langsung ganti Enduro Racing soalnya ga sabar pingin nyoba rasanya heheheheh
      ane ganti setiap 2000km soalnya ngindari kerak karbon coz setelah kelewat 2000km oli menjadi berubah warna hitam pekat tandanya material2 kotoran mesin bercampur dengan oli dan ibarat tebu tinggal ampasnya doang

  5. yug4 mengatakan:

    uda pasti bro, cuma kadang kalau kita lupa dikit setidaknya oli tersebut masih sanggup menjalankan kewajibannya. hehehe terutama pas lagi pulang kampung mendadak, kadang lupa cek oli. :D

    sama” bro, tapi kalau ente mau liat polling netral tentang oli bisa di sini :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1246217
    makasih sarannya bro, ane bisa ganti oli merk lain tanpa harus kehilangan garansi. cukup bilang, “nanti mas ganti olinya kalau uda 2000 km dari km 500.” trus di rumah langsung tap oli. hehehe
    ane juga gatel mau gakti oli pas KPB ke 2. hehehe

  6. iank mkz mengatakan:

    aku baru nyoba juga Enduro Racing 4T atas saran mekanik bengkel knalanku.sekali nyoba langsung jatuh hati.hehehe,,,
    mantaffff bro,,,,

    • skullsmokers mengatakan:

      Thx bro iank mkz udah mau mampir keblog gw,
      Yah kita sebagai konsumen berharap ada inovasi baru dari enduro 4T racing agar menjadikn mtor kita lebih lebih irit BBM lagi dari sekarang dan yang paling utamanya juga tarikan agar lebih yahuuuuuuddd

  7. yug4 mengatakan:

    bro, aq mau review pake BZ OIL.

    pake BZ OIL lebih mantab dari motul ester 5100, motor jalan kencang” tetap dingin mesin. soal tarikan lebih mantab, narik dikt uda lari. jadi kuda binal nich motorku, liar banget. hehehe

    pertama kali sich biasa aja dan agak berisik cz baru peralihan dari MPX ke BZ OIL butuh penyesuaian . mungkin sekitar setengah jam, mesin jadi diem gak bersuara dan lari tambah luar biasa. cobain dech, di jamin maunya ngebut melulu… hehe

    • skullsmokers mengatakan:

      Thx bro infonya…..
      yah namanya oli mahal kualitas juga bicara heheheheeh……
      Menurutku kurang ekonomis bro harga segitu sama dengan oli mobil dan kayaknya lebih cocok untuk race
      untuk harian kayaknya ukuran segitu terlalu mahal bro apalagi buat Anak kuliah yang tiap bulan minta kiriman
      rider2 paling mencoba 1X abis yah balik lagi oli yang dulu

      yah sekali kali si pingin coba untuk Review…

    • Samadikun mengatakan:

      BZ oil kandungan TBN (total base number)nya ketinggian bro (untuk motor), sekitar 13-an.., dalam jangka panjang bisa mengikis roda gigi.. kadar TBN diatas 10 idealnya untuk mesin diesel ringan.. fungsi TBN itu untuk membuat Ph oli jadi Basa, maksudnya agar ga cepat teroksidasi, tapi untuk gear, oli basa akan sangat merugikan.., Motul yang lebih ahli dalam bidang per-olian ga berani ngasi TBN diatas 9,5 untuk seluruh oli motor produknya.. Btw.., BZ oil dirancang oleh team balap lokal, dan pasti per balap olinya baru.. per musim ganti mesin.. jadi ga terlalu ketahuan efek negatifnya dari BZ oil tersebut.. percaya deh sama ane, pake BZ oil terus selama 3-5 tahun.. lihat hasilnya, resiko tanggung sendiri..

  8. yug4 mengatakan:

    memang sich harga menunjukkan kualitas.
    itu oli motor bro, kalau oli mobil ada sendiri. oli itu oli race tapi diaplikasikan untuk harian. jadi bukan untuk race saja.
    mereka buat berdasarkan pengalaman mereka, lagian testi yang pada nyoba pada puas semua untuk motor harian yang pada pmekaiannya sampai 6000 -10000km.
    misalkan aja pake pertamina enduro racing 4T, setiap 2000 km harus ganti oli karena uda penurunan kualitas dan harga oli 35000 (dipaskan :D). BZ oil baru ganti pada 6000 km lah, jadi bro pake enduro selama 6000 km menghabiskan 105 ribu dan penggantian 3x pada 2000 km. Jadi gimana bro logikanya? samakan :)
    mending isi 1x untuk 6000 atau 8000 km daripada setiap 2000 km ganti. itu menurut pemikiran ane

    menurut aq, harga oli tersebut uda murah dan masuk kantong mahasiswa atau siswa. karena kalau uda pake BZ oil kita gak perlu 1 bulan ganti, malah 6000 – 8000 km baru diganti karena kualitas oli baru menurun pada kisaran begitu. aplagi ada yang rekor orang jakarta pake oli sampai 13000 km dan oli tersebut masih bagus. olinya itu baru menguap kalau pada suhu 300 derajat celcius.

    • skullsmokers mengatakan:

      Iya juga si bro….Tp susah nyari olinya
      takutnya untuk jangka panjang bisa ada efek2 samping tertentu walaupn
      efek jangka pendeknya wahhh…Menggiurkan

      Ibarat Honda grand 97 dikasih pertamax untuk jangka pendek motor jadi tambah lari
      untuk jangka panjang menimbulkan kerak sisa2 karbon pembakaran yang belum terbakar

      ane si liat2 ntar bro soalnya BZ OIL tergolong oli yang baru ga semua motor sama konsumsi Olinya ada yang pas juga ada yang kurang hehehehehe

      • vikieffendy mengatakan:

        Emangya EFEK jgka pnjang apaan sih?? klw bleh tw, klw mnurt logika betul itu krn istilahnya “ADA BARANG, ADA RUPA”, mending 1x/2;3 Bulanan (Jika dipakAi PP 15-30 KM) dan itu bhkan lbh irit dalm kantong drpda 1 blan skli hrus gnti Oli!!!!!

      • Neo Last One mengatakan:

        Waduh kalo ditanya efek jangka panjangnya sih susah ngmongnya mending pake oli standar aja seperti SPX1, untuk logikanya motor 4 tak butuh oli yang prima karena untuk melumasi semua komponen mesin semakin lama oli semakin kualitasnya jelek jadi prinsipnya gini beli oli yang murahan misal dikisaran harga 30-40 rebu asal rajin2 ganti oli misal untuk 1000km atau intervalnya

  9. yug4 mengatakan:

    pesan lewat kaskus aja bro ql mau nyoba.
    atau mau nyoba tanya” lewat sms.
    0811334111, namanya pial. agen BZ di surabaya. ql d jakarta ane gak tau.

    kalau kerak gak mungkin bro, soalnya yang bikn salah satunya pewangi. kayak AGIP (aq lupa jenisnya) wanginya wangi banget. wah parah keraknya cz ane pernah make.
    ni BZ oil full syntentic kyk oli” mahal ratusan ribu yang full syntetic.
    ql motul 5100 tu semi syntetic tu malah gak ada kerak.

    apa salahnya coba bro,
    kalau motor” baru sekarang harus bagus” biar awet mesinnya. hehe

    ql motor” lawas kyk CB kasih oli diesel malah bagus. hehehe

  10. yug4 mengatakan:

    pertama kali gak bunyi,pas 400 km speedo getar bro (penyakit umum NMP sekarang, anggota club NMP juga banyak yang ngeluh speedo getar). getar inul.. hehehe

    ane sih minta ama bengkel AHAA buat perbaiki spedo getar. cuma di ganjal apa gitu uda gpp bro sampai sekarang.

    • skullsmokers mengatakan:

      Punya ane kelainan bro mungkin udah 3X diganjal Ahass tp sehabis -/+ 500km mesti bunyi lagi
      dongkol nih ane pengennya bongkar sendiri aja ganjal peke yang buat nambal ban itu kayaknya langsung bisu tu speedo
      tp terhambat oleh waktu ga smpet maklum ane kul ma kerja, hari minggu jg waktu buat gebetan2 ane heheheeheheh…

      penyakit bawaan AHM ya itu cat sama bahan plastiknya mudah pecah/getas Megi ane dulu warna kaliper cakramnya juga jadi bunglonnya ban
      jadi item dop…..kayaknya NMP juga bakal kena virus gitu,

      • saptori mengatakan:

        NMP gw tadiny spedo geter2 g jelas. Dibawa ke bengkel dah ilang.
        Jadi itu geter karena cover ma spedonya nempel. Seharusnya ada space. Coba deh liat cover/kerudung ma spedo (yg ada plastik bening ituloh).

      • skullsmokers mengatakan:

        Suara getar itu gara2 speedo nempel sama visor bro coba akalin pake tape yang warna ijo itu ane lupa namanya

  11. yug4 mengatakan:

    cara terbaaik ya bongkar sendiri bro,biar tau gejalanya. kayaknya perlu dilem kuat ganjalnya biar speedo gak getar”.

    ente benar” sibuk ya, ql misalnya ente punya 2 motor. paling gak NMPnya tinggal di bengkel buat diperbaiki. ql gak, motor pagi hari taruh di bengkel trus pulang kuliah baru di ambil. :)
    kalau cat mendingan kasih pelindung biar gak mudah pecah. coba kasih pledge atau turtle wax biar gak mudah pecah dan tetap mengkilat.

    • skullsmokers mengatakan:

      Ane ank kos2an bro pny motor ya atu2ne ini
      kemanapun ya diajak ga pernah ta tggl heheheehh
      Rencana si penegn buka sendiri tp pas malem2 bis ngantor pa kuliah

      ngemeng2 oli BZ gimana responnya thdp NMP bro???
      Bisa terbang ga tu motor heheheheeheh…..

  12. yug4 mengatakan:

    wah sip bro, sama kyk ane. hehe
    atau abis malam mingguan aja bro, kan lumayan masih segar. ql abis kerja atau kuliah biasanya ngantuk dan capek.

    kalau bisa terbang ntar ditembak pemburu, dikira hewan. hehe

    abis pake BZ oil
    1. suara mesin sedikit halus dari sebelumnya, pas lg panasin motor.
    2. lebih responsif
    3. tarikan k 100 kpj lebih cepat

    ini blm maksimal bro cz masih kecampur bekas oli MPX pas tab oli. jadi pengaruhnya signifikan. MPX = mineral oil, BZ oil = full syntetic.

  13. yug4 mengatakan:

    ohy bro, ketinggalan.
    4. pergantian gigi halus banget. ane jg pas tu gak sengaja ganti gigi 2 ke 3 tanpa kopling juga halus.
    5. mesin cepat dingin pas abis pakai, tapi ql ngukur berapa lamanya belum di coba.

  14. yug4 mengatakan:

    kalau gitu cuma nunggu waktu kosong atau libur bro. hehehe

  15. andwi31 mengatakan:

    syukurlah….ni lama2 browsing nyari saran buat nmpku…akhirnya ketemu juga, tks bro, n lam kenal, aku dah servsi yg 2000km n msh pake MPX di km 2100 kok mesin krsa getar bgt n tarikan berat..aku pikir dg 10-30 lebih encer tp..waduh..jd bingung..saran temen castrol 10-40 ato enduro racing 4t ..jd langsung pingin ganti lg nih…ohya mau tanya aku mpe 1500km pk pertamax, krn kerja pp 50 km, n harga pertamax naik trus di Rp.8100 aku ganti kepremium apa itu ada pengaruh ya..

    • skullsmokers mengatakan:

      Ada mas bro pake premium dijamin motor ente lebih agresif lagi karena sebenrnya NMP lebih cocok pake premium ketimbang pertamax
      dilihat dari Kompresinnya si sebenernya harus pake pertamax tapi malah kurang efisien bro ane dulu juga gitu pake pertamax malah kadang mesin mati jika grip gas kosong,

      nah untuk pertama kali ente ntoba premium jangan kaget bro karena suara mesin agak kasar tapi kalo udah 5 harinan udah halus lagi

      masalah oli MPX1 dengan enduro racing sebenarnya untuk kekentalannya sama bro cuman lebih tahan panas enduro 4t racing kalo MPX1 baru jalan 50km udah kerasa banget suara mesin jadi kasar

  16. dimsum mengatakan:

    duh jadi bingung ni NMP ane mau dipakein oli apa ya ?
    shell vsx sekarang dah ganti jadi AX7 spek naik harga pun naik :D

    ada saran om ? :)

    • skullsmokers mengatakan:

      Semua balik ke individu masing2 masbro cz setiap individu boleh berpendapat
      kembali ke masalah oli NMp itu juga orang berbeda beda pendapat, jadi kalo pake oli merk tertentu dan dirasa lari motor enak,tarikan enteng,irit BBM(wlupun dikit) itu udah syarat mutlak pake oli jadi masalh harga mahal apa murah itu ga masalah masbro yang penting itu kualitas tapi ga semua spek tinggi atau harga mahal tidak bisa menjamin mutu karena berbeda motor berbeda spek pula,
      kalo ane boleh berpendapat ane si nyaranin yang jadiin judul diatas, ada alasannya mas bro kenapa???
      1.tarikan lebih enteng ketimbang oli dari pabriknya
      2.irit BBM walupun dikit
      3.harga relatif lebih murah ketimbang produk impor berspek tinggi
      4.buatan anak negeri
      5.sudah banyak motor batangan yang make dan pemiliknya pun puas dengan oli ini

      ada tapinya masbro menurut ane enduro ga cocok untuk perjalanan jauh karena oli ga tahan panas(kecuali ada oil coolernya)
      bisa juga pake BZ oil buatan anak negeri yang katanya bisa dipake sampe 6000km, ane si belum pernah nyoba tapi banyak orang yang merespon BZ oil
      tHx

  17. yug4 mengatakan:

    bro mau komen nich BZ oil full syntetic setelah pemakaian 1500 km.
    1. kalau pagi dingin banget, jadi butuh 2-3 kali baru panas.
    2. tarikan enteng, u/ capai RPM tinggi gak ngoyo dan malah enteng.
    3. untuk touring enak banget.
    4. tapi speed 85 ke atas kalau uda terlalu panas mesin getar banget…
    5. bensin irit 1L/ 70km.
    kesimpulan: kurang cocok pake BZ oil kalau suka ngebut”an, cocok untuk stop and go. kalau mineral oil cocok cuma terlalu encer. nyoba semi sintetic merk lain.
    sekian infonya

    mau nyoba ganti motul ester 5100 bro (semy sintetic)

  18. ndra mengatakan:

    Bro harga enduro racing berapaan ??
    Kalau shell vsx brp??

  19. megaproholic mengatakan:

    mantab bro :D
    mampir di komunitas megapro kaskus bro
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7540109

  20. bendingz mengatakan:

    terimksh mas bro..infonya sangat berharga…ane mau nyoba pk nih oli…byk bgt keluhan NMP nih…mudah2an suara kasar bisa berkurang..sukur2 bisa ilang hehehe….salam NMP club lampung

  21. naryo_hanes mengatakan:

    gue nunggang NPM udah setahun…sempat agak lama pakai olie shell helix (kemasan warna kuning)…tarikan enak…tapi ada yang bilang kalau sering-sering pakai shell helix gak baik untuk mesin…(apanya gitu yang terkikis….maklum gak paham mesin bro)… ini gue sedang nyoba Castrol… Gimana nih bro?? Gue baca koment-koment di atas jadi pingin pakai Enduro 4T racing…tapi setiap hari gue harus menempuh perjalanan 100km….gimana bro solusinya

    • Neo Last One mengatakan:

      Yah kalo masalah oli balik ke individu masing masing bro cz macam orang kan beda beda ada yang oli ini enak ada yang bilang ga enak…
      Tapi kalo boleh saran mending nyoba shell ultra lebih cocok untuk harian jauh kalo enduro racing bikin lumayan cepet panas tapi diantara keduanya itu paling banyak dipake biker batangan honda dan keduannya terbukti ga ada efek samping apalagi sampe ngrusak mesin, ngrusak mesin itu kan tergantung dari dari cara berkendara juga

  22. naryo_hanes mengatakan:

    trims bro infonya….tanya lagi; shell ultra itu kemasannya yang mana? apa bedanya dengan shell advance?

  23. irfan mengatakan:

    mau coba ah buat meggi 2008

  24. totoy mengatakan:

    Thx Mas Bro info Olinya ntar gw langsung coba tuh Oil enduro 4tRacing.

  25. Indra mengatakan:

    Mas Bro..NMP ane pke oli ELF 10-40W..tarikan enak trus suara mesin jg gak kasar..tp ane panasaran ma BM1 10-40W..menurut mas bro bagus mana? maklum msh buta tentang masalah motor! hehehe..

    • Neo Last One mengatakan:

      Pada dasarnya bagus bro tapi balik ke individu masing2 kalo mau bagus lagi shell advance ultra

    • Usep mengatakan:

      NMP Ane Pake BM1 PC-1300 10 – 40….
      Hasilnya :
      + Tarikan Mantab …
      + Ga ada Slip Kopling….(Beda sama MPX)
      + Suara Knalpot jadi beda ( rada nge-Bass )…
      – Mesin Cepet Panas ( Apalagi kalo macet atau Lampu Merah….Kalo Panas mesin jadi kasar … tapi tarikan tetep Yahud koq..

  26. ariateguh mengatakan:

    Baru punya NMP 1 Bulanan nih, koplingnya kok suka slip ya?
    BTW, bukannya oli yang disaranin ama pabrikan 10w-30 ya? Dan disini banyak yang pakai 10w40, ada masukkan gak dari temen-temen untuk masalah ini.

    • Neo Last One mengatakan:

      Kopling selip itu dari karakter olinya pilih yang syntetic lumayan slip ilang, SAE 10w-40 dengan 10w-30 itu tingkat keencerannya sama bro bedanya cuma viskositas pada 100 derajat celcius sama dengan single grade SAE 30

      • ariateguh mengatakan:

        Thanks Bro untuk infonya, oot dikit nih..bisa bantu gak info ukuran ban belakang yang paling lebar yang bisa muat di velg aslinya..

        Salam dari Denpasar

      • Neo Last One mengatakan:

        Paling mentok 130/70-17 tapi recomended yang 120/70-17 jadi masih ada cela dikit antara arm dan ban untuk jaga2

  27. Usep mengatakan:

    Bro, kalo liat Spek NMP kan mirip bgt tuh sama Dazzler, disono pake Oli standar Honda Indianya 20-40 API SJ lho…
    Kira2 kalo NMP dikasih Oli yg SAE nya 15-40 ngaruh ke mesin ga ?
    Soalnya ane pengen NMP suaranya Halus…
    Pake Motul Ester yg 10-50 tetep kasar juga koq..
    Belom tau nih kalo pake Oli yg 15-50…
    Ane sih ga penting sama tarikan kenceng.. soalnya Jakarta mah ga bisa buat kenceng2 kecuali tengah malem…

    • Neo Last One mengatakan:

      Walupun spek sama,bahan dan karakter mesin indo sama india beda lho bro karena mesin NMP dibuat di AHM bukan impor jadi dalam mesin kan itu kan ada sela sela nah mesin honda indonesia jaman sekarang itu punya sela yang sempit makanya oli std dikasih SAE 10w.
      tingkat kekentalannya itu angka yang depan bro nah angka yang belakang itu viskositasnya jadi walaupun ganti merk oli kalo SAE 10w itu sama aja yang bedakan cuma viskositasnya.
      bisa aja bro pake oli yang lebih kental lagi biar suara mesin alus misal Oli federal SAE 20w-50 tapi ngaruh di mesin,pertama tarikan jadi berat terakhir bisa bikin komponen cepet aus,pompa oli bekerja lebih berat,bensin boros dll intinya harus dipikir matang2 dulu untuk ganti oli yang lebih kental.

  28. ary mengatakan:

    mas bro,
    aku pake NMP buat harian tp lmyan jarak tempuh 90 sd 100 km daily PP.
    recomended pake oli apa ya? kalo pake enduro 4t racing msh tahan panas gak jarak segitu?

    thanks mas bro

    • Neo Last One mengatakan:

      Enduro racing sebenernya si dah cukup tapi kalo mau yang lebih pake shell advance ultra kalo enduro cepet panas tapi ga nguap kok terbukti pasganti oli dulu sampe 3000km oli masih sekitar 900cc lebih tapi mesin agak kasar kalo jalannya cukup jauh bro

  29. ariateguh mengatakan:

    Bro sekalian, lagi bingung nih cari oli 10w30 selain MPX, ketemunya Syntium yang dari Petronas. Kira2 udah ada yang pernah make ndak? Tolong reviewnya ya..

  30. Amama Ali mengatakan:

    bau asap jadi wangi, enak buat dihirup … hehehe

  31. Fahrija Deni mengatakan:

    thanks bro bro skalian ats saran2 nya, jdi gak ragu lagi neh beralih dari SGO 4T ke ENDURO 4T racing 10w-40 untuk SHOGUN SP 2010 ane…….
    sbelum nya ane pake SHOGUN 110 untuk oli nya ane kasi minum UNIOIL(union) …..yah puas juga 2 thun kgk ada masalah…..
    tpi ane ragu kasi minum tu UNION k SHOGUN SP ane yg baru….

      • Fahrija Deni mengatakan:

        oh ya mas BRO…..
        kata nya enduro 4T racing perjalanan jauh mesin cepat panas dan suara kasar…berhubung perjalanan SHOGUN 125 saya
        MEDAN – ACEH TIMUR +/- 160 km……….
        apa efek nya terhadap tu engine shogun sya….???
        dengan perjalanan jauh gtu…semakin baik(melindungi) atau makin memperparah kondisi mesin????
        di tunggu jawabanya …
        thank`s mas bro……

      • Neo Last One mengatakan:

        Kalo pengalaman pribadi si 3 tahunan langganan oli itu gak ada masalah yang berarti bro 1 bulan sekali sikebo juga diajak mudik 400km fine fine aja walupun memang suara agak kasar itu karena fisik oli yang encer memang cepert panas tapi ga cepet nguap kok

  32. b@jul_kesupen mengatakan:

    boss ane mo tanya klo new mega pro bisa ga pakai shell advance AX5, 15 W-40, tx

  33. Pak Bamabng mengatakan:

    harga oli BZ brapa ya? d surabaya d mana? mo nyoba neh… trus kalo ganti2 bisa ga? umpamanya, klo mo turing pake Enduro racing, trus pas rutinitas di SBY pake BZ, pengaruh gag ya ke NMP gue? takutnya ada pa-pa ntar? thanks infonya

  34. candra mengatakan:

    Buat sharing mas bro, sebelum nya saya pake oli mpx1 (standar nmp) di nmp saya, lalu saya ganti busi racing (iridium) efeknya tarikan lebih responsif tp suara mesin kurang smooth. Lalu saya ganti oli ke spx1 (standard cbr250) efeknya emang ada di mesin yg lebih responsif lg tapi negatif nya kalau pagi itu nmp mati mati terus (kesimpulan saya krn saya pake busi bertype dingin & oli mesin yg ber spek dingin pula. Skrng saya pakai enduro racing, kayanya perpaduan ini yg paling tepat, waktu mtr pertama kali distart di wkt pagi kagak mati2, tarikan super responsif, suara halus & max speed ada peningkatan. Semoga bermanfaat bos

  35. Anshorz mengatakan:

    Ane setuju dengan mas candra…NMP ane diminumin Enduro Racing 4T, tarikannya super responsif, suaranya halus dan yang digarisbawahi MAX Speed nya ada peningkatan…tapi ane belum nyoba pake busi racing iridium…boleh juga tuh…ntar ane laporin lagi info selanjutnya…

  36. shogun110tromol mengatakan:

    saya sih ttep pake 20W-50 sesuai anjuran pabrik :mrgreen:

    ya sodara tuanya oli ini, Enduro 4T

    pas pegang Smash dulu sempet nyobain pake oli ini, tarikannya enteng dan tenaganya keluar :smile:

  37. Buyuang doank mengatakan:

    Hai bro,Ane punya tiger tahun 2008.
    Kira2 oli shell ax5 cocok ga bro??
    Kira2 ada saran untuk oli lain ga??
    Sekarang ane make oli unioil(dulu union),

  38. febby mengatakan:

    kalo saya pake SPX yg buat CBR bro… NMP gw jadi mulus bgt…. serasa pake CBR….

  39. theoggy mengatakan:

    izin menuhin lapaknya bro, heheeee
    dulu pas masih pake bebeknya honda jadul (supra doank, belum ada Xnya) ane udah pake Enduro 4 T racing. pede juga. apalagi kalo baru ganti,suka ada semriwing parfumnya.
    cuman ane pernah denger bro, kalo oli yang ada parfumnya itu suka ninggali kerak. apa bener?mudah2an seh ga.

    • Neo Last One mengatakan:

      Kalo gak salah saya pernah nemu penjelasannya bahwa itu tidak akan menimbulkan kerak bau parfum itu akan hilang dengan sendirinya karena panas atau menguap dan tidak menimbulkan bekas

  40. maskarim mengatakan:

    Ijin share gan, ane pernah pake oli motul esther 5100 bwt meggy 160, tarikan emang jadi enteng, berasa lebih sangar aja, cumaan…muahalnya minta ampyun…80 ribu.. trus ane kok agak terheran2, stelah pemakaian n ditap, kok olinya encer bgt n kayak bukan oli gitu… kenapa ya…. pindah ke Enduro 4T jadinya, murah meriah, dan kyknya mesin jd lebih halus ketimbang pake MPX. thank’s….

    • Neo Last One mengatakan:

      Sayang bro gak nyebutin grade motul ester 5100, misal gradenya 10w40 memang oli spek itu encer banget apalagi kalo bekas malah kayak air bro sama seperti enduro racing kalo mau lebih kentel pake yang gradenya 20w40-50 suara mesin halus tapi efeknya agak berat buat lari tapi sebenernya untuk mesin GL pro/megy 160 lebih cocok pake oli yang lebih kental

  41. yohan mengatakan:

    thanks brow bwt inspirasinya,, cuman kl pake Enduro untuk jangka panjangnya efek sampingnya ap.. baru mau nyoba jg c,,, di NMP ane,,, :D

  42. Mas Arief mengatakan:

    dagang ya, Gan??

  43. Agus mengatakan:

    Wah klo aku sih, antara Agip 10W-40 API SL , atau Castrol Power One 10W-40… Buat si Tigi..

  44. riyanto mengatakan:

    ya ngga lah..justru suara mesin agak kasar dri oli standart..secara kan oli semi syntetic..tapi emang sih bikin tarikan lebih ngacirrrr…oke lah

  45. sotreen mengatakan:

    Betul Ane juga Pake nih Oli untuk si megi 2003, emang manteb buatan anak negri.
    doloe ane pake Motul ester, lama2 kantong bolong ahirnya ane pake Pertamina Enduro, yakin kita untung bangsa untung.
    salam….

  46. bosan motor bebek mengatakan:

    enduro 4t ada aditif nya seperti yg ada di pertamax makanya tarikan motor jd enteng.Tp jng coba2 ENDURO RACING ber sae 10w-40 (encer)di gunakan oleh motor yg harus pkai sae 20w-50(kental) entar motor nya cpt rusak pada rembasan oli bocor naik ke blok dan keluar asap putih walau sedikit pertanda dah jebol jaringan dalam nya,dan tentu sj lama2 mesin cpt rusak tenaga malah berkurang./Pemakaian oli juga penting diukur dng setting sae nya bawaan motor.jika sae 20w-50 yg jng pakai sae 10w-40.dan jika setting nya 1 liter jng diisi oli 0,8 liter.

  47. bosan motor bebek mengatakan:

    klu minuman motor sy bawaan pabrik Oli ‘Agip 4tak super’ SAE 20W-50.dimesin dingin banget wlu di geber 7jam tanpa istirahat mesin dan suaranya halus tetap maknyus tahan panas,tarikan jg bertenaga wlu standar dan yg penting mesin jd awet murah rp20 ribuan/liter.Oli Agip ini langka sulit dicari jd klu beli langsung 5 botol buat cadangan…dan selain itu oli ini minim dibajak sebab gak bgt terkenal dan jarang org pakai.

    pingin jg cb pkai enduro Racing
    Tp kok gak ada ya yg Sae 20w-50.

  48. ongisnade mengatakan:

    Ada yang pernah pake shell ax7 semi syntetic gak untuk NMP?kalo ada sharing dong gimana hasilnya.

  49. jemy mengatakan:

    pake aja oli BM1 SAE 10w-40 SL MA2 dijamin motor jadi kencengggggg…..

  50. abuyaziidbu Yaziid mengatakan:

    Pake repsol sae 40 bagus ga y????

  51. honder... mengatakan:

    ngegabung juga ah bor…
    perkenalkan pecinta nmp juga…
    sama nih masalahnya selip juga awalnya di cuekin aja ternyata masalahnya di situ…
    coba juga pake enduro ah…

  52. Abu Yaziid mengatakan:

    gan, katanye oli SPX bagus yh buat NMP? tp didaerah pondok aren susah daptnye…. terus NMP nte shock depan diturunin kn yh? apa ga mntok spakbor depan? ane punya mentok soalnye jd bikin lecet…..

    • Ryan's mengatakan:

      iya gan, denger2 SPX1 10w-30 bagus tuh, coz dah fully sinthetic ktnya. ada yg dah pernah coba nggak?

      • saptori mengatakan:

        nmp ane pake ahm spx1
        gak kerasa gimana gitu hhhh
        mungkin krn ane gak terlalu perhatikan
        gigi masih susah netralin
        trus dari gigi satu ke gigi dua sering mampir ke netral padahal dah ane injek2 hhhh
        klo suara sih bagus g berisik
        tarikan enteng tapi ya g ngebut
        cmiiw

  53. Webpage mengatakan:

    Thus, one must be careful while choosing an apparel as the personalised baby gifts.

    for example, you may want to find something personal that the baby can keep as.
    That turned out to be one of the best things that I ever bought.

Monggoh dikomentari dibawah....

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 85 pengikut lainnya.

