Pasang Oil-Cooler Jangan Asal


Banyak yang salah kaprah pasang oil-cooler. Maksudnya memaksimalkan pendingingan dan pelumasan mesin, justru salah besar. Jalur oli yang dipotong masuk menuju pendingin oli malah dibikin bercabang. Akibatnya aliran pelumas menuju tubuh mesin malah tidak maksimal.

Kebanyakan yang pasang oil-coolerjalurnya dibikin paralel. Ini salah besar.

Maksud Tole, diparalel itu aliran pelumas dari pompa dibagi dua. Satu menuju kepala silider dan satu lagi ke oil-cooler dan diteruskan ke bak karter. Nah, dengan begini aliran oli menuju mesin tidak banyak. Pelumasan tidak maksimal dan bikin mesin cepat aus.

Nah, biar tidak salah kaprah tiru Tole. Caranya dibikin seri. Aliran pelumas dari pompa oli masuk semua menuju oil-cooler. Dari situ didinginkan dan diteruskan menuju mesin. Otomatis pelumasan maksimal dan bikin awet mesin.

Berikut dicontohkan di Honda Tiger. Dari karter kiri-depan dekat engine mounting dilubangi. Posisinya pas ada bulatan seperti bekas dudukan kabel rpm . Gunakan mata bor 10 mm sedalam kira-kira 2 cm. Ingat, arah lubang harus benar menghadap ke aliran dari pompa oli.

Semua oli masuk menuju oil-cooler. Untuk itu, aliran baru kudu dibuatkan dari bak kopling (tutup girboks) kanan. Gunakan mata bor 10 untuk melubangi dudukan nipel

Sekarang tinggal pasang. Alirannya, dari lubang pertama di karter menuju in oil-cooler. Berikutnya dari slang ex oil-cooler menuju lubang kedua (tutup girboks). “Dengan begini 100% oli masuk pendingin oli

About these ads

55 Balasan ke Pasang Oil-Cooler Jangan Asal

  1. jarot mengatakan:

    Bro, bengkel untuk masang oil cooler ada dimana? share infonya dong, japri boleh ke mas.jarot@gmail.com

  2. gesang86 mengatakan:

    Salam kenal,brow….
    Dari New Bie..
    Dimana bisa dapetin barang ginian, kalau tinggal aku diSurabaya…hehee,thanks Ifonya…Untuk Jupiter Z motorku.

    • skullsmokers mengatakan:

      Salam kenal juga bro Gesang…..
      Maksydnya barang gimana bro????
      untuk oil cooler bispake FU untuk pemasangannya ane rekomded ke bro Ipnu Pratowo (bos Tole Motor) di Jl. Serdang Baru, No. 7, Kemayoran, Jakarta Pusat
      soalanya masang oil cooler gampang gampang susah kalo masangnya asal asalan bisa ancur tu motor sirkulasi oli malah jadi ga karuan…
      tHx

  3. aan mengatakan:

    Alamatnya dimana bos? ane di purwokerto
    ane minat neh yang kaya gituan. bisa konfim ane di
    087839043778

    terimakasih

  4. bryanz1986 mengatakan:

    Gan, tau bengel rekomendasi pemasangan oil cooler buat meggy ane di daerah bandung ga?
    trus, kalo udah dipasang oil cooler, volume oli harus ditambah sesuai kapasitas si coolernya ga??

    Thanks… :D

  5. ipanase mengatakan:

    masih bingung

  6. Donny Putra Sanjaya mengatakan:

    TUH PAKAI OLI COLER APA MAS…..?

  7. strngman mengatakan:

    kalau lagi ganti oli mesin secara periodik (nge-tap oli) apakah oli dalam oil cooler juga keluar? Atau masih tertahan d oil coolerny?

  8. Gans mengatakan:

    Broo buat byson bisa di pasang gak..

  9. Abgan435 mengatakan:

    Kalau buat Byson bisa gak ya? gimana cara aplikasinya di Byson? adakah pencerahannya?

  10. mbathang mengatakan:

    untuk daerah sby n sekitar,kira2 dimana gan bisa masang cooler nya?

  11. reptiliac mengatakan:

    bro , ambil foto itu udah ijin empunya apa belom :)

    hargai dikit donk ide orang

    • Neo Last One mengatakan:

      Sori bro ane ambil gambar itu diforum apa lupa…
      itupun dulu lama sebelum ada blog
      kalo ente tau picnya ini punya sapa tinggal bilang aja
      ntar tak kasih info pic itu nyomot dari sapa
      kita blogger tau diri kok bro toh ane diatas gak ada kata2 ngaku itu foto ambil sendiri kan???

  12. ignas mengatakan:

    Bro2 sekalian salam kenal,..
    Ane mau tanya bengkel yg recomended pasang oil coller di daerah Bekasi dimana ya?
    Terima kasih sbelumnya ^^

  13. danu.a mengatakan:

    Untuk capacity oli dengan memakai cooler di sesuaikan, volume dari cooler oli dan volume penggunan pipa / selang oli. Di jumlah naahhh itu lah penambahan oli dari standard nya.

  14. danu.a mengatakan:

    Salm kenal bro, Neo hebat sdh upload cara pemasangan oli cooler. Mau kasih infut dikit nihh… Kalau basic dari honda tiger system pelumasan dari bawa ke atas beda dengan satria yang dirancang dari atas ke bawa. Kalau saran aku buat system seperti Bajaj pulsar. Dengan rangkaian benar dari bak kopling. Masuk ke coolernya benar tapi masuknya disebelahnya, maaf yaa bro Neo. Hanya masukan saja.

    • danu.a mengatakan:

      Masuk ke cooler oli sesuai gambar bro Neo dan keluat dari cooler oli di sebalah lubang yang masuk dengan catata aliran itu harus di skat. Lebih mudah lihat system oli cooler Bajja pulsar. Kita contek sedikit.. Hiii….hhiiii….

  15. tangismu sedihku mengatakan:

    bro kasih tips cara cepat pasang pompa oli pada vario………..

  16. pakdhe psi mengatakan:

    kalo dipasang buat megapro kayaknya sama ya??cuma…kalo komplit gtu (oil cooler bekas satria) kira2 bisa JADI tinggal make brapa rupiahb ya bro???

  17. Agus Mundir mengatakan:

    Sumbang saran nih bro..ane baru pasang buat Scorpio ane. Untuk pengerjaan selang + Clem+ Neple ke Mesin dan Ke Radiator Coller ane negrjain ke Asem Reges. Tinggal bawa Radiator coller nya kesana dicariin neple2 yg pas trus di costumize. Bisa pake selang flexible atau pipa rigid yang dibentuk. Tapi saran ane kalo bisa konstruksi rigidnya dikit aja ya kira@ 7 – 10 cm dari nepel trus sterusnya di pakein selang flexible, karena kalo rigid rentan patah dan kalo mau servis buka mesin agak2 ribet. biaya yg keluar :

    1. Radiator cooler stria FU Rp 200.000
    2. Selang+ Neple+ clem costumize Rp 275.000
    3. Teh botol, Indomie + Samsu 3 Batang Rp 11.000 ( pas nungguin costumize selang)

    Saran untuk pipa/selang pake selang hidrolik yg bahan teflon lapisan luarnya serat baja warna silver. Soalnya selain kuat dan awet modelnya bagus bray……

  18. M ihsan habibi mengatakan:

    salam kenal bro..
    saya sering berfikir,tu mesin satria FU kan cepat banget panas..
    selain masang fan hard disk di oil coolernya..
    gimana kalau pake oil cooler double???
    memungkinkan gak>>???

    biar panas di mesin bisa di imbangi..

    thanks brothers

    • Neo Last One mengatakan:

      Salam kenal juga masbro…
      pemasangan oil cooler dobel bisa aja bro tapi konsekuensinya olinya ditambahn sesual panjang-diamet selang nipel dan volume oil coolernya gak cuma itu aja bro oil pump juga akan cepet rusak karena mempompa terlalu panjang jalur olinya karena pastinya kinerja oil pum jugaakan berat karena panjang.
      saran saya yah ganti aja oil coolernya dengan yang lebih besar seperti oil cooler aftermarket atau punya minerva kinerja oil pump juga gak akan terlalu berat masih ditolerir ketimbang pake dobel OC

  19. M ihsan habibi mengatakan:

    oke bro neo,thanks untuk informasinya..

    @bro goy : wah,saya kaga tau tuh bro…tapi kayaknya agak mahal dari oill cooler FU.,

  20. yudie mengatakan:

    gw punya motor china duplicated cbr. kalo mau pasang oil cooler… pake yg merk apa ya bosss… soalny bawaan pabrikannya ga ada oil cooler nya. trus biaya plus pasang berape? ni nmr hp ane. 087835656765

  21. yoyot mengatakan:

    mas bro.klo cara passang oil coler pda tvs apache gmana cranya ya.tu pipa oil kn dah ad dluar.

  22. reja mengatakan:

    bro kalau untuk smas bisa pake kagak ya

  23. Alexis black mengatakan:

    Ga usah pake oil cooler bro… Apalagi sampai dobel….. Hal ini akan berakibat tekanan oli berkurang…. Hasilnya mesin malah makin cepat aus…. Kecuali memang cooler bawaan mesin dimana tekanan pompanya sudah disesuaikan….
    Alasan kedua motor jadi lama buat manasinnya…. Apalagi klu buat harian sekedar beli rokok di warung sebelah…
    Recomended ikuti aja pedoman maker… Dan jangan telat ganti oli

  24. Doni mengatakan:

    mas bro klo skema buat honda new blade gimana? share info dong :)

  25. Sae Sukksescer mengatakan:

    thankyu mas bro informasinya bermanfaat banget…….jadi pengen pasang di megy saya ni………. biaya kseluruhan kr2 brp ya mas?

  26. Au mengatakan:

    Mau numpang tanya ni bro . .tu oli coolernya motor apa yang d pasang, . ?

  27. sulazio mengatakan:

    kalo megi 08 lubang untuk blok silinder atasnya dimana bro? diatas busi ?

  28. Farrazz Ssuziz mengatakan:

    klo pd motor astrea grand bisa gk 0m..???

  29. arie mengatakan:

    salam kenal bro….mau tanya , klo pasang oil cooler di honda beat caranya gmn y ? mohon pencerahan nya

  30. Pino Piktor mengatakan:

    kalau didaearh jogja dimana mas bro t4 buad masang y heee

  31. Salam kenal brooo. Motor ane smash 2005, kita2 bisa dipasang ga semacam oil coller di motor anee ???

  32. E Bayu Adi Prasetyo mengatakan:

    mas bro, kalo untuk thunder 125 gimana caranya?

  33. itx mengatakan:

    bro. itu gambar ama isi artikelnya kok beda ya? jadi bingung….

  34. ridho wak mengatakan:

    mas,kalau cara pasang oil cooler ke mio yg benar g mana mas,tolong pencerahannya. . .

  35. Wiliam Hermanto mengatakan:

    Apakah sudh ada yang coba pasang oil cooler di Vega R new? Saya perhatikan di bak kopling Vega R new ada lokasi mirip dengan MegaPro diatas apakah itu mirip jalur dorongan oli yang dimaksud?Lalu untuk jalur outnya saya bisa tempatkan dibagian sebelah mana dari Head motor ya?mohon pencerahan ya bro kalo ada contoh gambar lebih baik dan membantu, bisa diemailkan ke saya, thanx.
    wiliam – wilzborn11@hotmail.com

  36. Cangkir Potol mengatakan:

    Mantep gan, trimakasih infonya

  37. Yulianto Dimas mengatakan:

    permisi bro ane tanya tolong dijawab bro apakah benar buat sirkulasi oli dari gearbok menuju silinder head gak pake pompa oli lagi emang oli mampu naik ke silinder head than’ks

  38. eko mengatakan:

    di scorpio dah ada jalurnya jdi gak perlu di bor,yg saya tanyakan tu seri apa paralel jalur bawaannya tu

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 85 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: