Beda Pola Pikir Masyarakat Kota dan Pedesaan Tentang Kendaraan


Perbedaan pola pikir masyarakat kota dan desa memang terlihat jelas seperti masyarakat kota lebih cenderung cuek ketimbang pedesaan berbeda sekali dengan masyarakat pedesaan yang masih memegang asas ke gotong royongan tapi yang kita bahas tentang beda pola pikir memilih kendaraan.

Contohnya kasus sperti roda 2 dan kebetulan Honda supra x 125 yang mempunyai tipe injeksi maupun karburator, masyarakat kota lebih cenderung memilih HSX PGM fi ketimbang versi karburator,perbandingan injeksi dengan karbu untuk kota hampir 50:50% sedang di pesesaan hanya 10:90% ini didasari karena masyarakat kota lebih memilih prestige,kenyamanan dan mempunyai cara pikir modern alasannya karena gengsi karena lebih mahal dari versi karbu,irit,jarang servis(throtle body).

Nah untuk masyarakat pedesaan lebih menyukai versi karbu karena pola pikirnya seadanya saja yang penting bisa ditunggangi dengan alasan versi karburator lebih murah,kalo ada kerusakan lebih gampang ditangani mekanik pinggir jalan dan harga jual kembali versi injeksi yang memperhatinkan.

Contoh lainnya untuk varian skutik honda seperti Beat dan Spacy yang baru baru ini dikeluarkan oleh AHM dengan harga yang hampir sama,Beat dikampung lebih diminati karena lebih dulu muncul,ramping sedang Spacy banyak yang bilang gak suka dengan bodinya yang memang sangat besar gimana gak besar helm full face aja bisa masuk kebagasinya kok,,,

berbeda dengan masyarakat kota yang memungkinkan mobilitas tinggi dengan bagasi yang lebih luas pasti akan mempermudah membawa barang ditambah dengan penempatan boks filter udara yang dipasang diatas CVT yang juga mempengaruhi dari segi bahan bakar menjadi irit.

Mungkin jika YMKI mengeluarkan Vixion versi karbu taruhlah selisih harga 1 juta lebih murah dari pada injeksi yaitu sekitar 20 juta saya yakin masyarakat pedesaan akan memilih versi karbu ketimbang injeksi.

Sama seperti kendaraan lainnya yaitu Kijang Inova Diesel vs VVTi dikota Diesel lebih diminati sedang dikampung saya hanya 1:10.

About these ads

10 Balasan ke Beda Pola Pikir Masyarakat Kota dan Pedesaan Tentang Kendaraan

  1. Tuwek_Geo Pak..... mengatakan:

    Kotak ajaib bergoyang… Kotak ajaib bergetar…

  2. dr4k3 mengatakan:

    tapi yang lebih besar orang desa membeli motor karbu adalah soal teknisi bengkel di pinggir jalan umumnya hanya tau karbu bukan injeksi. jadi itulah kenapa orang desa lebih beli mesin karbu ketimbang injeksi

  3. wong mengatakan:

    rata2 injeksi mintanya pertamax ke atas, di desa masih jarang…

  4. Virus mengatakan:

    ane setuju 100%, dan heran ny hanya Yamaha yg gk pernah melakukan diferensiasi pada 1 kasta produk nya…dalam artian diferensiasi antara injeksi ataupun karburator…pdhl klo di kluarin versi karburator selain harga lebih murah, bagi pecinta oprek mesin tentu akan menjadi pilihan heheheh…mekanik skrg mah klo korek mesin karbu mo dipelosok2 desa jg dah pada jago…

  5. micoas3 mengatakan:

    didesa saya orang kaya kaya. tapi tetep pilih karbu karena servisnya mudah dan tidak khawatir bahan bakar jelek.

  6. Robert mengatakan:

    Saya di Jakarta dari pertama kali bisa kredit motor Yamaha FIZ R 2 Tak tahun 95 BBM pake Premix 92 (mobil Tangki nya dulu ada tulisan Giga Intraks pas lgi ke POM), terus saya jual ke sodara tahun 2003, kredit lagi Honda Karisma 125 D Cakram tahun 2003 BBM jg pake Pertamax 92, sekarang ada Shell ya kadang pake Shell 92, sampe sekarang Alhamdulillah motor tidak rewel, original semua, belum pernah ganti jeroan, paling ganti Ban luar-dalem, ganti kampas rem dpn-belakang, tambah minyak rem depan, rutin ganti Olie Pertamina Prima XP SAE 20:50 beli di POM Bensin. Mau di jual sayang suara mesin masih halus dan tdk ngebul…mending dipelihara sambil ngumpulin duit buat beli tunai Mobil Baru Murah tahun 2020. Amin

  7. odenk's mengatakan:

    Masyarakat dipedesaan ketika memutuskan membeli motor secara kredit, biasanya mereka akan selalu rutin bayar angsuran motor. Sedangkan masyarakat diperkotaan kadang malah banyak yg nunggak bayar cicilan motor dan akhirnya terpaksa ditarik ama leasing tuh motor. Didesa memilih motor krn pertimbangan fungsional, sdgkan dikota selain fungsional jg ada pertimbangan gengsi.

  8. chanty mengatakan:

    dikota yang punya motor banyak’y hasil kredit tp dikampung sy yg punya motor banyak yg beli cash soalnya kredit ga di acc ahahay…

  9. bosan motor bebek mengatakan:

    sy org desa klu beli motor suka yg second gar perlu gengsi gak pilih2 motor.malah sebulan sekali ganti motor beda merk dan type.jd gak ada rasa gengsi dan gak heran segala jenis motor soal nya saya jual beli motor secara rutin hny buat kebutuhan sebatang rokok aja.,ini adalah perinsip sy knp begitu kok ganti2tunggangan mulu…dikira gaya ngumbar duit gak juga!.
    Awalnya sy fikir motor merupakan benda mati sekaligus pemborosan.jd sy pny cara sendiri gimana caranya pny kendaran tersebut agar lebih bermanfaat akhir nya hilang lah perasaan gengsi…dng gemar dan hobi beli motor bekas model yg lama maupun sekarang trus sy jual lg dan beli yg lain lg wlu pun untk dikit tp tetap berjalan sebulan sekali-2 bln skali dng cr inilah sy bs memiliki dan merasakan semua merk serta motor dr bebek-Cbr 250-ninja-fu-vixion lebih2 pd motor buntut seharga 4-jutaan-1jt-500 pernah sy beli jual lg 700ribu-1jt karna diservis,modif lg.jd alhamdulillah gak ada ruginya pny motor dan yg penting hilang rasa gengsi.

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: