Ganti Busi Gak Harus Nunggu Sampai Mati


Yah Kaliini ngomongin soal busi, kapan terakhir masbro ganti busi??? yah pasti lupa :D. Ganti busi sebenernya gak usah nunggu sampai mati bro yah kalo matinya pas jarak kita eket bengkel kalo misal pas perjalanan jauh gimana??? walah dipastikan masbro semua jadi pusing tujuh keliling apalagi dalam keadaan malam hari :D.

Dari pabrikan motor sendiri sendiri biasanya sudah mematok ukuran busi sampai berapa kilo meter misal untuk motor honda mematok 8000 km walaupun dikm segitu belum mati ada kalanya lakukan pergantian karena kinerja bunga api pasti akan menurun, ada akalanya biker kadang menganggap masalah ini sepele walapun sepele tapi berdampak sangat buruk lho, misal setelah melewati batas anjuran pabrik untuk penggunaan busi bisa saja busi tiba tiba mati karena masa pakai yang sudah kelewat batas selain itu konsumsi BBMpun akan berpengaruh untuk menghindari hal hal tersebut hendaknya kita mematuhi anjuran pabrikan toh busi itu murmer paling berkisar 10-20 rb untuk tipe busi standar kalo yang mau bagus lagi bisa pakai busi platinum harga berkisar 30-50 rb kalo masbro punya uang lebih beli yang type iridium berkisar 100rb

Nah pemilihan suhu busi hendaknya menyesuaikan spek pabrik, nah giman jika kita salah memilih spek busi?? efeknya busi akan cepet mati selain itu kenerja motor juga akan terpengaruh misal motor kita bertipe busi panas dikasih busi dingin apa efeknya?? dijamin motor jadi susah hidup asaat keadaan dingin jika sebalikanya motor kita bertipe dingin dikasih busi panas dapat dipastikan saat motor kita digeber akan meimbulkan gejala gajala aneh seperti mrebet dll.

Dalam pemilihan suhu busi kita hanya di batasi hanya 1 tingkat saja kalo busi sampean mau umur panjang misal seperti nmp busi standarnya CPR8EA 9 batasnya jika kita ingin mengubah busi agak dingin kita pilih CPR9EA 9 karena semakin tinggi angka semakin dingin pula suhunya.

Untuk NGK biasanya dikasih angka 6-12 dan untuk denso dikasih angka 20-32, Penggantian busi hendaknya saat mesin masih dingin untuk mengindari slek bersihkan kop busi dengan kompresor untuk mengindari debu atau kotoran yang nempel semoga bermanfaat.

37 Balasan ke Ganti Busi Gak Harus Nunggu Sampai Mati

  1. totoy mengatakan:

    Thx infonya mas bro. Mas bro klo busi iridium buat NMP typenya apa maklum ood nih.

    • Neo Last One mengatakan:

      Kalo Denso IU24 bro

      • Dadang mengatakan:

        numpang nanya nih mas bro…,nmp ku diganti iridium CR7IEX, dan pilot jet diganti menjadi ukuran 42, apakah mempengaruhi daya tahan mesin? secara mesin sedikit berasa lebih berisik, tapi tarikan memang jadi makin yahud…, mohon pencerahannya, trims

  2. bintang mengatakan:

    artikel keren nih :)

  3. ikhwan mengatakan:

    Kl pulsar 180 businya apa yg pas mas bro…

  4. daniel mengatakan:

    oot ms bro mau nanya beli cakram lebar NMP nya dmn? Hrga brp? Ane udh ubek2 di kota ane ndada bro,tlg di bantu yh ms bro..
    Oh ya slm kenal ya ..

  5. daniel mengatakan:

    @neo last one
    di tegal ms bro, adanya yg merek PSM kurang suka sama motiv lubang2 sreg ama motiv bintang ky motor bro. Blh tau alamat tokonya sm tlpnya?thx bantuanya..

    • Neo Last One mengatakan:

      Ya bro untuk PSM baru memang motifnya lubang2,
      aku dulu beli ditemen bro yang suka jual dikaskus dulu punya 2 unit TZM dan PSM udah ludes sekarang yang PSM beli juga komentator sini anak malang :D coba cari dikaskus banyak keknya kalo ditoko variasi sini banyakan PSM motif lubang

  6. daniel mengatakan:

    saya sdh nokrong di fjb acesoris r2 kaskus jg blum nemu nih.. (pdhal hampir 1 bln) sdh nanya2 sm seller tp kebanyakan py yg PSM. hiks.. Barang langka tuh cakram..

  7. daniel mengatakan:

    @neo
    ms bro thx udh mau bantuin cakram udh dpt dr kaskus. Thx..

  8. dr4k3 mengatakan:

    bro, aq jadi bimbang nih. NMP q mau pake busi NGK platinum. apa kira” gak ada masalah ya?

    • Neo Last One mengatakan:

      Bisa aja bro gak masalah yang penting setelan anginnya kudu diseting ulang, sekedar saran mending beli iridium aja lebih kerasa top speednya,
      untuk NMP kodenya IU24. type platinum untuk NMP saya rasa sulit untuk mencarinya karena mengandung unsur resistor jadi gak sembarangan motor bisa kalo dipaksa bisa merusak perangkat digital yang ada dimotor tersebut

      • dr4k3 mengatakan:

        jadi kalau pake busi iridium juga harus setting ulang angin ya?
        ane masih newbi soal busi platinum dan iridium bro

      • Neo Last One mengatakan:

        Ya bro bagaimanapun iridium lebih dingin ketimbang busi standar makanya harus disesuaikan anginya agar lebih dibuka biar pasokan bensin tidak terlalu rich

  9. theogg mengatakan:

    gan, ane dah ganti pake Denso IU24, cuman langsung ditemplokin aja, G setting apa2. apa G masalah tuh gan?
    sekalian kalo bole tau cara setting nya gimana??
    sedikit cerita neh gan, sebelum ganti busi, pas motor lagi jalan setiap kali turun gas (pas lagi turun gigi ato nda) si megi G langsung jalan, ada jeda sekitar 1 detik. dongkol gan kalo udah kayak gitu, sebelumnya ane udah nekat service karburator di bengkel pinggir jalan(service di AHASS ga ada perubahannya) ternyata itu karbu ada airnya, abis service kerasa banget perubahannya, jeda itu udah G ada. selang sekitar 1 minggu, itu penyakit kambh lagi, malah sempet mogok pas lagi jalan, (malu ane diliatin orang, motor baru kok mogok), ampir ane ketabrak sama motor di belakang. sampe akhirnya ane putusin ganti busi pake yang agan saranin. mantap gan bawaannya si megi ogah kalo dibawa dibawah 80kmj. n penyakit diatas udah ilang. nah G sampe 30 km jarak ane dari tempat ganti busi itu penyakit kambuh lagi. jadi pusing ane. apa karena ane belon ganti filter air cleaner ya??
    mohon sharing pengetahuannya gan buat masalah ane ini. tenkyu

  10. karis mengatakan:

    Kang, mau tanya nih, New Scorpio itu tipe businya apa ya? panas atau dingin? trus kalau ganti iridium apa yg harus dirubah? kalau Platinum juga apa yg harus dirubah? maaf banyak tanya, soalnya kayaknya si akang ini jago urusan teknis begini. Oh iya, salam kenal kang.

    • Neo Last One mengatakan:

      Standar busi scorpio D8ea 9 itu dengan angka 8 disitu mengindikasikan busi yang dipake umumnya dipake motor sport sperti vixion megapro byson.
      Nah bicara soal dingin itu relatif dingin walaupun tak sedingin yang dipake busi motor balap.
      Kalo bicara soal iridium cuma nyetel setelan angin doang.setelan angin agar dibuka biar mesin tidak terlalu kering.

  11. mulk mengatakan:

    gue punya motor scorpio, biasanya klu narik gas biasa lambat menarik apakah itu faktor pengapian pada busi, klu yang bagus untuk motor gue pakai busi apa masbroo?

  12. ipanase mengatakan:

    ane pake standar 15 rebu dah ane ganti
    tapi nih pake platinum 30 rebu belum ane ganti ,xixixix

    http://pertamax7.wordpress.com/2011/12/22/suasana-ujian-praktek-instalasi-listrik-dikampus-ane/

  13. si Oom! mengatakan:

    dulu, saya pernah berpemahaman kayak gitu..
    ganti kalo mati..
    dan ternyata hal itu salah, makasih inponya :)

  14. totoy mengatakan:

    mas bro mana nih artikel yang baru….. lom update lagi… apa lagi sibuk mas bro. ya tentunya sekita NMP karena punyanya itu heheheh

  15. zaenal mengatakan:

    thx mas bro atas info2 yg tntunya sangat manfaat bgt buat ane yg tiap hari bawa nmp,ane mau coba th pke busi iridium skalian ama koil tigernya tar ane komen klo udah di cba thk ya mas brooo

  16. zaenal mengatakan:

    oya mas bro bli busi iridium di ahas ada ga ya?

  17. meGaLomen mengatakan:

    mao tanya gan
    NPM saya pgn lari kenceng kaya 1000cc
    tp gak mao di bore up bisa gak …??!

  18. rroossyyiidd mengatakan:

    thanks ya atas inponya, :D

  19. Lukman mengatakan:

    Saya pakai busi iridium bisa lebih 100.000 km baru mati,, coz motor injeksi dan pemakaian bbm sesuai kompresi,,,

    Jangan ganti busi, nanti busi yg harusnya masih bisa dipake lebih lama malah diganti, sayang kan,,, mending sedia busi cadangan aja,,,

Monggoh dikomentari dibawah....

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 85 pengikut lainnya.

