Pilih BUsi Untuk NMP?? Sesuaikan Kebutuhan Bro!


Mau ganti busi?? pikir pikir dulu jangan asal beli jangan sampai beli busi mahal mahal eh malah tarikan malah drop ini dikarenakan karakter busi berbeda beda jangankan beda merk wong beda tipe saja kita salah pilih akselarisi malah jadi loyo, nah artikel ini tidak hanya buat si NMP tapi berlaku juga bagi motor lain seperti MX135,Byson, Supra125 series (bore/stroke up), lho kok supranya pake embel embel bore/stroke up??? ini dikarenakan busi standar Supra 125 menggunakan busi tipe panas dengan kode CPR6EA 9 nah untuk mesin yang sudah dikorek paling gak busi yang dipake diatas angka 6 misal 7 atau 8, ketiga dari motor diatas memakai busi std NGK CPR8EA 9 nah kandidat untuk tes busi kali ini menggunakan 3 busi yang sudah dites di NMP seperti:

  1. NGK CPR8EA 9 (standar)
  2. NGK CPR8EAGP 9 (platinum
  3. Denso IU24 (iridium)

Untuk harga standar dibandrol sekitar 12rebuan, platinum 30rebuan, iridium 90rebuan nah berikut hasilnya :

CPR8EA-9

CPR8EA-9

Jujur NSS agak negatif dengan busi ini padahal ini busi standar lho kenapa gak suka? dikarenakan ini busi paling gak enak bikin mesin jadi geter semua mesin juga ikut panas yah bisa dibilang overheat lah apalagi kalo dipake di tempat bersuhu panas di kampung NSS yang terletak di pantura,kejadian ini dialami setelah memakai busi Iridium agak lama padahal awal beli NMP gak terjadi kejadian seperti ini mungkin karena terbiasa keenakan pakai iridium kali yaaa ….   :D. beda lagi kalo cerita tarikan untuk tarikan NSS rasa malah torsi lebih padet ketimbang iridium cuma ya itu kekurangannya motor terasa getar suara mesin juga agak keras.

NGK CPR8EAGP 9

NGK CPR8EAGP 9

Busi ini dirasa NSS pas untuk kondisi perkotaan yang stop n go karena tarikan juga padat spek busi ini sebenarnya sama dengan spek standar cuma beda di bahan aja memakai Platinum G power untuk dimensi busi juga masih sama seperti standarnya sedang getaran untuk busi ini tak se getar busi standar dan yang NSS rasa juga top speed agak berkurang dikit si yah kalo dikota mah jalan 70 dalam waktu 10 detik juga dah ngerem jadi top speed gak ngaruh lah.

Denso IU24

Lain lagi dengan busi ini dari ketiga busi inilah busi paling mahal, untuk urusan getaran busi ini minim banget ketimbang kedua busi diatas untuk urusan akselerasi agak smooth busi ini lebih cocok untuk yang suka touring ke luar kota. walopun di kode busi 24/8(NGK) busi iridium termasuk busi dingin lho jadi ketika nyalain motor pagi hari harus  dengan grip ditarik.

Nah dari hasil percobaan ketiga busi tersebut bro bro sekalian bisa pilih busi sesuai kebutuhannya masing masing, tapi untuk motor harian yang gak suka dibawa jauh2 pakai yang standar aja kalo mau terikan jos pake yang paltinum.

Untuk busi iridium kena getaran yang dihasilkan minim nss berpikir karena tidak adanya tonjolan insulator (kode pada busi (P)) ini menjadikan ujung elektroda busi menjauh dari piston lihat gambar pertama (gambar paling kanan) terlihat kan kalo Denso IU24 ujung elektrodanya mepet sama bibir ulirnya, busi ini sebenarnya lebih cocok lagi di aplikasikan ke motor motor yang punya kompresi tingggi seperti FU,vixi maupun CBR ini dilihat dari ujung elektodanya lebih pendek dimensi busi ini juga sama plek dengan busi standar NGK CR8E.

Untuk Busi platinum NSS pesan jangan di pakai ke motor motor dengan busi standar dengan ujung elektrodanya pendek seperti CR8E untuk motor FU,vixi maupun CBR karena jika dipaksakan ujung elektroda busi akan lebih kedalam dan inipun memperpendek jarak antara busi dan piston efeknya mesin jadi lebih getar suara apalagi bisa kayak diesel ntar.. :D

Untuk Konsumsi BBM Denso iridium paling juara cuman diawal awal pemakaian doang lewat 2000km sama seperti lainnya.

About these ads

11 Balasan ke Pilih BUsi Untuk NMP?? Sesuaikan Kebutuhan Bro!

  1. arif mengatakan:

    di tunggu mas brow untuk artikel selanjutnya. . .

  2. ipanase mengatakan:

    sip lek,,,,,,

  3. nmp merah mengatakan:

    nmpku pakai merk bosch harga 40rb, lupa tipe apa. akselerasi ok tapi top speed gak nambah.
    (pake bosch krn nyari busi standart susah).
    Mas, kalau gear depan pakai 15mata, mesin cepet rusak gak? Jarang boncengan.

  4. Neo Last One mengatakan:

    Kalo bingung nyari busi std bisa ke beres yamaha bt busi mx/byson sm buat nmp,kalo ganti gear gak akan ngrusak mesin kok cm kalo gear depan tambh 1 mata akselerasi akan berkurang sama kalo qt kurangin gear belakang

  5. gasfuel mengatakan:

    saat ini ane pake iridium merk daytona.,di fu dan nmx, impresi pertama sih bunyi mesin jadi lbih adem,,
    buat narik enak banget., dari rpm bawah sampe atas cepet naiknya

  6. mas di NMP pada posisi kran nya enak di posisi apa kalau tak kasih ress motor ngak enteng larinya kalau posisi ON malah kenceng larinya gimana pentunjuknya

  7. dodi mengatakan:

    mas hermawan sama seperti yang pernah saya rasakan, dan ternyata ketika posisi ress, kotoran kayak debu n air hujan sering masuk ke karbu, mengingat ternyata tangki nmp tuh agak rawan kemasukan air.

    *posisi ress, ngambil bensin dari dasar tangki
    *posisi on, ngambil bensin -+3 cm dari dasar tangki

  8. Samuel Erents Megawe mengatakan:

    kalo buat honda vario tecno yg karburator bagus nya ntu perfomance dan tarikan nya lebih bagus gy pake busi yg tipe ape mas bro

  9. Nice post. I was checking continuously this blog and I’m impressed!
    Extremely useful info particularly the closing section :) I handle such info much.
    I used to be seeking this particular info for a very long time.
    Thank you and good luck.

  10. busi motor mengatakan:

    nice inpo gan.

    kalau untuk busi iridium itu wajib pakai pertamax dan kudu setel ulang settingan udaranya. kalo gak, bakalan berkerak tu busi n gak bakal awet umur busi

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 88 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: