Mau ganti busi?? perhatikan yang satu ini!!


Kali ini artikel akan membahas fisik busi karena jika sampeyan beli busi tapi ngasal yah siap siap saja motor jadi jibakunya jadi waloupun kita serahin pekerjaan ini kepada bengkel kita juga harus tau karena kadang kala bengkel juga asal ganti busi aja karena memang ulirnya panjangnya sama karena bengkel tersebut tidak punya busi yang kita butuhin kadang kala bengkel bilang “ini untuk motor A tapi bisa kok untuk motor B” yah memang sih untuk diameter ulirnya sama tapi dibalik itu juga ada yang lainĀ  tidak hanya beda pada diameter dan panjang ulir businya saja tapi juga harus melihat tonjolan insulatornya. insulator terdapat di bagian inti busi sampai ke elektroda berwarna putih susu letaknya di dalam ulir busi.


Nah untuk insulatornya ada yang menonjol keluar juga ada yang mblesekĀ  kedalam yang panjangnya sama dengan bibir ulir, jika kita salah pilih akibatnya motor malah gak enak dah ganti busi eh motor malah loyo atau bahkan suara mesin jadi keras nah untuk menghindari itu kita harus jeli memlih busi. untuk insulator yang menonjol pasti kode di busi tersebut terdapat huruf “P” huruf P disini NSS juga kurang tau singkatannya apa yang jelas tanpa huruf P insolatornya mblesek.

Busi tanpa huruf “P” (CR8E)

Jika motor kita busi standarnya memakai huruf P tapi dipaksakan memakai busi tanpa huruf P akibatnya tarikan akan jadi loyo yang NSS rasakan seperti kehilangan kompresi pernah tak coba pake busi CR8E di NMP yang notabene NMP busi standarnya pakai CPR8EA9. Nah apa yang terjadi jika sebaliknya busi “P” dipakaikan ke busi non “P”??? Akibatnya suara mesin jadi keras tenaga juga loyo apalagi mesin cepet panas! Kok bisa gitu ya??? logikanya gini bro busi “P” akan lebih panjang kedalamnya ketimbang busi non “P” nah dari itu bisa disimpulkan busi “P” jaraknya lebih dekat dengan piston, untuk contohnya bisa diambil dari Jupiter mx dan vixion walaupun mesin keduanya memakai jenis yang sama tapi tidak pada dapur pacunya seperti kubukasinya dan yang jelas kita contohkan untuk businya yang keduanya beda kode.

Busi dengan kode “P” (CPR8EA-9)

Jupiter mx memaki kode busi CPR8EA-9 sedang vixion memakai busi berkode CR8E walaupun keduanya bisa saling tukar tapi perbedaaanya pada insulatornya jika MX insulaornya menonjol jika vixi mlesek, bleseknya insulatornya disini bukan karena tipe dingin lho yaa ada anggapan bahwa busi yang insulatornya mbelsek itu busi dingin, busi dingin atau tidaknya bukan kode “P” tersebut tapi dilihat dari nomer busi tersebut biasanya busi dingin di mulai 9(NGK)/27(Denso) keatas.

Huruf “P” juga berlaku busi jenis standar/tembaga,platinum dan iridium kecuali Denso Iridium tidak ada busi yang ada huruf “P”.

About these ads

30 Balasan ke Mau ganti busi?? perhatikan yang satu ini!!

  1. ipanase mengatakan:

    sip sip sip,,,,,edisi busi :D

  2. wangwa mengatakan:

    busi tiger yang bagus merek apa ya. denso apa ngk

  3. basscomb mengatakan:

    mas bro, kapan kapan bahas NMP pake karbu pe28 ato karbu king iah? Ditunggu bro!. .

  4. Iwan Budi Santoso mengatakan:

    P nya projected insulator type masbro…lengkapnya bisa baca disini http://www.sparkplugs.co.uk/pages/technical/NGK-spark-plug-code.htm

  5. dika mengatakan:

    Mas neo, mohon pencerahanya dong.
    Saya abis upgrade mesin, saya memakai as kruk crf dan seher cbr os 350. Total cc skitar 229 cc.
    Mau beli busi iridium tp saya bingung kodenya yg apa.
    Oh ya motor saya megapro.
    Trims mas neo :)

  6. kang_ulid mengatakan:

    baru ngerti… wah siap2 cek busi nich…

  7. Budi Putra Ymci mengatakan:

    mas bro bisa apa ngga busi u 24 esr-N dipake di MX ane
    krn type busi ini hanya untuk VIXION????

  8. ozy khamami mengatakan:

    mantab masbro atas artikelya. .

  9. rusmanjay mengatakan:

    mantap ilmunya

  10. [...] Mesin/motor diesel (diesel engine) merupakan salah satu bentuk motor pembakaran dalam (internal combustion engine) di samping motor bensin dan turbin gas. Motor diesel disebut dengan motor penyalaan kompresi (compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya diakibatkan oleh suhu kompresi udara dalam ruang bakar. Dilain pihak motor bensin disebut motor penyalaan busi (spark ignition engine) karena penyalaan bahan bakar diakibatkan oleh percikan bunga api listrik dari busi. [...]

  11. Karis mengatakan:

    untuk NSZ225 tipe apa yg cocok bro? bingung

  12. Vario 125i saya pakai NGK Cr8EGP. Apakah akan mempengaruhi performa menjadi positif atau negatif ? mohon pencerahannya..Trims

  13. Tantan mengatakan:

    hmm,,, ngerti2, mtorQ yg kemaren dijual akselerasinya bener2 buruk setelah di ganti busi ma tmen, mtor 125cc bagaikan mtor 70-80cc (Kedot), kayanya ulah si tukang bengkel nih yg makein busi seenaknya,,, thx udah share

  14. ban cacing tiguling mengatakan:

    mr. p kan njendul
    klo yg bkn p y mblesek toh?

    you know what I mean

  15. Ferry mengatakan:

    nice share….

  16. imamudin mengatakan:

    kalo si pio dikasih yg D8EVX gimana ya ? soale cari yg DP8EVX susah bener.. jarang yg punya

  17. aripin mengatakan:

    ane mau gnti semua sistem pengapian. cma ane bngung merk yg mau dpkai yg bgus.. mhon bntuannya..

  18. aping mengatakan:

    Sedikit saran aja mas. Untuk penulisan sebaiknya memperhatikan tanda baca (titik, koma, dan lain sebagainya). Artikelnya bagus, sayang untuk membacanya kadang perlu berulang-ulang untuk memahami sebuah kalimat. Contohnya di paragraf pertama, tanda titik hanya di akhir paragraf (padahal barisnya banyak). Saran kedua, gunakan kata-kata yang baku; jangan bahasa daerah; contoh seperti “mblesek”. Tidak semua orang paham arti kata tersebut. Ingat, artikel anda dibaca oleh banyak orang dari beragam suku bangsa dan bahasa. :D

  19. jackwir mengatakan:

    busi yang bagus untuk nmp buat harian (90km/hari) itu merk apa ya bro?klo merk irridium tdr bagus ga,untuk nmp.tx bro.

  20. Ali mengatakan:

    mobil ane diesel ga ada businya :D

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 85 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: