Tips Memilih Modem GSM atau CDMA


Saat ini sedang ngetrendnya “Wireless Internet Mobile” atau, “Internet Wireless Bergerak”. Nah, koneksi internet yang digunakan saat ini yaitu dengan menggunakan teknologi HSPA (High Speed Packet Access) atau UMTS(Universal Mobile Telecommunication Systems). Orang bilang teknologi ini dinamakan 3.5 G. Perangkat yang digunakan yaitu USB Stick Modem GSM/CDMA yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga memungkinkan pengguna laptop untuk mengakses internet dimana saja dan kapan saja.

Bila anda tertarik ingin menggunakan, berikut ini adalah tipsnya sebelum
membeli :

1. Kualitas Modem
Pilihlah modem yang murah harganya, namun bukan murahan. Sebuah modem yang berkualitas baik biasanya dapat menangkap signal GSM tanpa terputus-putus. Juga perhatikan software modemnya juga berkualitas. Yaitu, driver yang disertakan support terhadap OS Windows XP dan OS Windows Vista. Penginstalan tidak rumit dan cepat terdeteksi oleh komputer bila di cabut-pasang.

2. Garansi Modem
Jangan lupa dengan hal yang satu ini. Beberapa toko penjual modem tidak memberikan garansi, jadi pilihlah toko yang memberikan garansi terhadap modem yang anda beli. Umumnya modem ada yang bergaransi 6 bulan sampai 1 tahun.

3. Fasilitas Modem
Pilihlah modem yang kaya fitur, misalnya support dengan kecepatan 3.6 Mbps dan 7.2 Mbps. Bisa menggunakan slot Micro-SD Card, USB Extension, Fitur Wireless Lan (Wifi), Fitur GPS, Support Eksternal Antena Indoor dan Outdoor, dan lain-lain.
Tapi adakalanya fitur-fitur tersebut dapat mengakibatkan permasalahan lain pada modem anda, misalnya, modem selalu otomatis terkoneksi ke WiFi daripada ke GSM. Jadi bila anda tidak terlalu paham dengan fitur ekstra yang diberikan sebaiknya saya sarankan pilih modem yang standar saja.

4. Model Modem
Jangan tertipu dengan modem yang mungil dan cantik. Tidak semua modem yang berbentuk cantik itu berkualitas bagus. Juga hindari modem yang bisa dilipat-lipat, karena konektor USBnya lebih cepat rusak.

5. Software Modem
Semua modem dilengkapi dengan software untuk mengkonfigurasikan setting internet anda. Beberapa software modem memiliki settingan internet yang lengkap. Beberapa ada juga yang settingannya tidak dapat dimodifikasi lagi (Modem Locked). Pilihlah modem yang settingannya mudah dan tidak terlock oleh provider internet tertentu. Bila anda membeli modem yang ter-lock maka anda tidak dapat menggonta-ganti SIM-Card yang lain. Modem jenis ini biasanya modem yang terpaket dengan salah satu provider internet.

6. Jenis Modem
Ada 2 jenis SIM Card yang digunakan pada modem GSM dan CDMA, yaitu SIM Card CDMA (Misalnya Fren, Flexi, dan lain-lain), dan SIM Card GSM (Misalnya Simpati, Three, Mentari, dan lain-lain). Jangan sampai membeli Modem GSM jika hendak memakai kartu Flexi, begitu pula sebaliknya.

Tips Memilih Provider Internet :

1. Harga yang Ditawarkan
Faktor penentu penting dalam memilih provider internet. Saat ini banyak bertaburan paket internet yang ditawarkan oleh provider. Juga jangan sampai terkecoh dengan iming-iming harga murah. Karena biasanya paket internet yang murah kualitas jaringannya juga murahan. Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan koneksi internet yang baik. Ketimbang menghabiskan waktu untuk menunggu loading satu halaman website.

2. Daerah Lokasi Anda
Jangan heran apabila anda mendapati kualitas jaringan internet yang jelek di rumah anda, tetapi malahan bagus di rumah teman anda. Maksudnya yaitu, tidak semua tempat mendapat coverage jaringan HSPA/UMTS yang baik. Umumnya modem secara otomatis menurunkan tipe koneksi anda dari 3G ke 2G bila seandainya signal 2G lebih kuat daripada 3G. Tapi beberapa tipe modem dapat anda setting secara manual untuk selalu terhubung ke jaringan 3G. Jadi pilihlah provider internet yang jaringan signal 3G-nya lebih kuat dan baik di daerah anda.

3. Pengguna Paket Internet
Beberapa dari teman anda mungkin mengatakan bahwa paket internet “A” itu bagus. Mungkin beberapa teman anda yang lainnya malahan mengatakan paket internet “B” itu bagus. Hal ini tidak dapat dijadikan patokan. Karena baik tidaknya suatu koneksi internet itu juga dipengaruhi oleh banyaknya user(pengguna) internet di daerah itu. Suatu tower (BTS) jaringan internet GSM umumnya hanya sanggup menerima 40 user secara bersamaan dalam satu waktu. Jadi apabila pengguna internet di daerah anda banyak tentu saja berpengaruh terhadap anda sendiri jadi ikut mendapatkan jaringan internet yang lambat.

4. Kecepatan Internet
Modem yang beredar di pasaran memiliki kecepatan transfer data antara 3.6 Mbps sampai 7.2 Mbps. Artinya kecepatan transfer modem dan BTS adalah 3.6 atau 7.2 Megabytes tiap satu detiknya. Tapi jangan langsung salah sangka jika kecepatan download anda hanya sekitar 256Kbps saja. Kecepatan transfer modem anda memang benar 3.6 atau 7.2 Mbps ke BTS, tapi umumnya provider internet membatasi kecepatan anda dari BTS ke Internet, sehingga anda mendapatkan kecepatan lebih kecil.

Modem —–(7.2Mbps) —> [BTS] —–(256Kbps) —> Internet

Jadi pilihlah provider internet anda yang menawarkan kecepatan lebih baik ke internetnya.

3 Balasan ke Tips Memilih Modem GSM atau CDMA

  1. chanty mengatakan:

    justru masalahnya yang ditawarkan provider banyak yang gak sesuai kenyataan…. contoh’y sy menyimak iklannya salah satu provider memang manis tp ternyata setelah sy coba justru tak semanis janji’y lalu sy ganti provider lain yang kata’y memang dashyat tp setelah sy buktiin msh bgitu2 jg… akhir’y sy bingung mo pilih yang mana n kesimpulannya konsumen merasa dirugikan oleh janji2 manis povider yang tak terbukti dan siapa yang akan bela konsumen atau smp kpn konsumen terus dibodohi oleh iklan2 yang memberikan janji menggiurkan….
    punya saran mas bro?

  2. berita ekonomi mengatakan:

    Each 2 year management consultants in the Germany receive more than $5 billion for their
    services. Much of this money pays for unclear statistics and poorly prepared resource fo review services, local policy & procedure re-evaluation.

    Our business model is focussed in safeguarding and improves practice.
    We undertake a range of zones of activity, including SILP –
    our own unique model of review. We, have goodly experienced and talented consultants offer a wide variety
    of special session services to meet directors many
    needs.

    We provides you with the research and mathematics solutions to grow
    your share of the global market penetration.
    We have integrated support that can help you get your business goals through consulting on strategic
    strategies, product development, marketing programs and channels for distribution.

    A common goal for a statistical research project is to discover causality,
    and in particular to draw a conclusion on the effect of changes in the values of predictors or independent variables on dependent variables or actions.
    There are 2 main types of causal statistical studies: experimental study and observing studies.
    In 2 types of studies, the effect of differences of an independent variable (or variables) on the behavior of the dependent variable
    are observed.

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: