Merk Motor lokal Indonesia Peminum Pertamax


Berikut penjelasan tentang Kebutuhan mesin peminum premium atau pertamax…..

Perbandingan Kandungan Oktan Dengan Tingkat Kompresi Mesin

Sebelumnya Ane mw kasih perbandingan dulu nih tingkat kandungan oktan bahan bakar luar negeri dengan Indonesia.

Berdasarkan PON (Pump Octane Number), contoh: Shell (Belanda), Petronas (Malaysia), dan Total (Perancis)
Bensin (Oktan 82)……………… s/d 10:1
Premix (Oktan 92)…………… 10:1 s/d 11,5:1
Super TT (Oktan 95)……… 11,5:1 s/d 12,5:1
Bensol biru (Oktan 100)……………12,5:1 s/d 13:1
Bensol ijo (Oktan 104)……………..12,5:1 s/d 14,5:1
Elf (Oktan >108)………………………diatas 14,4:1

Berdasarkan RON (Research Octane Number), contoh: Pertamina
Pertamax Plus (Oktan 95) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 10:1 – 11:1
Pertamax (Oktan 92) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 9:1 – 10:1
Premium (Oktan 82) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 7:1 – 9:1

Pernah bingung soal nentuin mau pake Premium ato Pertamax di mobil ato motor yang kamu pake??
Banyak orang yang cuma berfikir pendek, mesin sama2 bisa idup, kl bisa murah kenapa harus mahal. Atau ada juga yang mikir, “Gw mampu koq beli pertamax, prinsipnya kan makin mahal makin bagus, yaudah gw pake pertamax plus aja skalian.” Pemikiran seperti ini bisa dibilang salah tapi ada benarnya juga. Intinya kenali kebutuhan mesin anda, salah pilih bahan bakar awal dari bencana. Berikut penjelasannya.

Angka oktan menyatakan kandungan molekul iso oktan di bensin. Molekul ini yang menahan terjadinya ngelitik atau detonasi. Sehingga makin tinggi oktan, kuat terhadap kompresi tinggi. “Kompresi berbanding lurus dengan angka oktan. Kompresi wajib diimbangi oktan tinggi,”jelas Colin Latung, konsultan perminyakan dari URS Indonesia. Kesesuaian angka oktan dengan kompresi akan memperkecil kemungkinan terjadi gejala nggelitik. “Kalau tetap memaksakan motor dengan kompresi tinggi menggunakan oktan rendah, piston akan jebol. Biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar,” jelas alumnus Lancaster University, Inggris ini. Artinya, mengubah penggunaan Premium tergantung kompresi motor. Dalam kondisi estede, lihat saja spesifikasi teknis kendaraan yang dibikin pabrikan. Motor 4-tak lokal umumnya punya kompresi kisaran antara 9:1 sampai 9,3:1. Bahkan, motor 4-tak impor seperti Suzuki Satria F150 berkompresi 10,2:1. “Kalau ingin tidak mengalami detonasi, turunkan kompresi. Ganjal head silinder dengan paking yang lebih tebal,” tambah pria beralamat di Jl. Dr. Kusumaatmaja, Jakarta Selatan. Konsekuensinya, tenaga motor akan melorot. Menurut Colin, tidak masalah. “Ini untuk penggunaan harian bukan balap,” tambahnya. Tapi, bagaimana dengan mengoplos aditif octane booster. “Penambahan itu tidak signifikan. Sebab, kandungan kimia octane seperti Metil Cyclo Pentan Dienyl Manganis Tricarbonil (MMT) tidak akan besar mendongkrak angka oktan,” ungkap Colin. Bagaimana dengan motor 2-tak. Umumnya, perbandingan kompresi lebih rendah. Jadi, pindah pemakaian Pertamax ke Premium nggak masalah. Kebutuhan motor 2-tak terhadap kriteria bahan bakar dianjurkan menggunakan Premium. Misal, kompresi Kawasaki Ninja-RR 7,2:1. Data Premium beroktan 82-92. “Cukup menyuplai kebutuhan motor berkompresi 7:1-9:1,” jelas Freddyanto Basuki, assistant manager service division, PT Kawasaki Motor Indonesia. Memang, penggunaan Premium perlu diwaspadai. Soalnya, bahan bakar itu belum bebas timbel (luar Jabotabek).

OKTAN INDONESIA LEBIH RENDAH
Angka oktan bensin yang beredar di Indonesia menurut Colin Latung lebih rendah dibanding dengan sejenis di negara lain. Sebab, kita menganut Research Octane Number (RON). Sedangkan di negara lain, misal, Malaysia menganut Pump Octane Number (POM). “Angka POM didapat dari penjumlahan RON dan MON (Motor Octane Number). Hasilnya dibagi dua,” jelas Colin. Dengan demikian, kalau angka RON Pertamax dikonversikan ke POM sudah pasti angkanya turun. “Jadi kualitas bahan bakar kita memang tidak baik.”

TIPS
Jadi udah paham kan? Satu lagi tips buat para pengguna kendaraan berkompresi tinggi, kendaraan anda butuh bahan bakar beroktan tinggi, minimal Pertamax tentunya. Pertamax adalah bahan bakar non-Subsidi, jadi harga bakal fluktuatif. Teliti harga sebelum membeli.

Berikut Motor yang mengkonsumsi pertamina pertamax dan spesifikasi perbandingan kompresinya

YAMAHA

Xeon                                                             10.9:1                     Pertamax Plus    (Oktan 95)

Jupiter MX                                                 10.9:1                     Pertamax Plus    (Oktan 95)

Byson                                                              9.5:1                     Pertamax              (Oktan 92)

Scorpio                                                           9.5:1                     Pertamax              (Oktan 92)

V-ixion                                                         10.9:1                     Pertamax Plus     (Oktan 95)

HONDA

Vario CW and Techno                             10.7:1                     Pertamax Plus     (Oktan 95)

New megapro 2010 Street fighter         9.5:1                    Pertamax               (Oktan 92)

CS 1                                                                  10.7:1                    Pertamax Plus      (Oktan 95)

PCX                                                                        11:1                   Pertamax Plus      (Oktan 95)

Nova sonic                                                         11:1                   Pertamax Plus       (Oktan 95)

CBR 150                                                               11:1                   Pertamax Plus       (Oktan 95)

SUZUKI

SAtria FU 150                                               10.2:1                   Pertamax Plus         (Oktan 95)

Thunder 125                                                     9.2:1                   Pertamax                  (Oktan 92)

Spin  125                                                             9.6:1                   Pertamax                  (Oktan 92)

Skywave 125                                                     9.6:1                   Pertamax                  (Oktan 92)

Skydrive                                                              9.6:1                   Pertamax                 (Oktan 92)

2 Balasan ke Merk Motor lokal Indonesia Peminum Pertamax

  1. bey mengatakan:

    nice infoh gan😀
    klo boleh tau ada ga cara hitung perbadingan kompresi nya gan ada yg mudah ??
    misal nya Vega std yg kompresi nya udah di Up jadi berapa gitu …

  2. alchemy mengatakan:

    Kalo biaya bukan masalah, silahkan menggunakan pertamax/ shell 92 untuk kebutuhan bahan bakarnya. Tapi jika biaya bulanan menjadi terlalu besar, salah satu solusinya silahkan menggunakan aditif HI-OCTAN karya para alumnus dari ITB. Aditif ini adalah hasil penelitian lebih dari 4 tahun dan sudah diuji secara LAB dan lapangan dengan hasil diatas ekspektasi. Dengan biaya tambahan hanya 400 rupiah/ liter kita sudah bisa mendapatkan Bahan Bakar dengan kualitas SETARA dengan BBM non subsidi. Kunjungi webnya :www,hi-octan.com. Baca hasil LAB nya, baca Testimoninya, dan Coba sendiri produknya. Salam. http://www.hi-octan.com

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: