New Megapro 2010 Mencret dikasih Pertamax


Seperti biasa berdasarkan pengalaman gua pake NMP gw sharing pengalaman2 gw kali ini tentang konsumsi BBM NMP berdasarkan dari kompresimesin NMP adalah 9,5 : 1 yang seharusnya mngkonsusmsi Pertamax 92, Tapi berikut ada gejala2 yang tidak beres dengan NMP, untuk dari dealernya NMP emang didisi Premium tapi dengan kompresi segitu dirasakan premium kurang cocok menurut gw akhirnya gw isi tu NMP pertamax 92 untuk 2 minggu pertama si fine2 aja belum ada gejala2 apapun tp setelah lewat dari itu dirasa ada gejala2 aneh yaitu pas manasin mesin pagi2 itu sering ndadak mati sendiri ga cuma itu kadang waktu motor dikendarai pas nurunin gigi dengan keadaan gas kosong mesin juga kadang mati sendiri….

Menurut gw sesuai dengan oktan yang lumayan cukup banyak dalam kandungan pertamax itu yang  jadi masahnya karena pertamax sangat lambat dan lama untuk dibakar…

untuk mesin NMP walapun kompresi 9 lebih tapi mesin membutuhkan pembakaran yang cukup cepat ketimbang Pertamax 92 sulusinya ya diisi premium aja soal harga kn lebih murah untuk malah mesin menurut gw lebih cocok pake premium.

Penggunaan BBM yang tidak cocok juga akan menimbulkan sisa2 karbon dalam mesin

30 Balasan ke New Megapro 2010 Mencret dikasih Pertamax

  1. rien mengatakan:

    makasih banyak infonya, ane mau pake premium aja🙂

  2. saptori mengatakan:

    jadi pakai premium ajah nih bro ?
    gw pakek pertamax boros :hammer:

    • skullsmokers mengatakan:

      Gini bro kalo NMp itu kan kompresinya 9,5:1 kompresi itu belum butuh pertamax pake premium aja kasian tu motornya kasih pertamax malah ruang bakar menjadi sangat panas apalagi belum dilengkapi oil cooler/radiator jadi murni butuh premium yang notabene adem di mesin.
      dengan oktan yang tinggi BBM akan sulit dibakar kecuali untuk motor berkompresi 10 keatas itu emang udah diseting pabrik dari sononya untuk membakar lambat, kalo dipaksakan kompresi kecil dengan penggunaan oktan tinggi alhasil mesin lama2 terdapat kerak/kabon sisa pembakaran yang tidak terbakar

  3. vale mengatakan:

    wah..gan ini mungkin ada faktor laen di motornya. mungkin karbu kotor atau cara berkendara yang salah jika pindah gigi sampe mati motornya. bagaimanapun juga kualitas pertamax lebih bagus ketimbang premium. n ukuran kompresi NMP cocok dengan bahan bakar pertamax.

    • skullsmokers mengatakan:

      Ga juga gan,untuk faktor riding ane dah prnh punya motor batangan 3 kali dan karbu kotor itu gak mungkin karena diservis rutin,ya ane kan ga bilang kualitas gan ane cuma bilang NMP lebih cocok pake premium,dengan oktan yang tinggi BBM akan sulit dibakar kecuali untuk motor berkompresi 10 keatas itu emang udah diseting pabrik dari sononya untuk membakar lambat, kalo dipaksakan kompresi kecil dengan penggunaan oktan tinggi alhasil mesin lama2 terdapat kerak/kabon sisa pembakaran yang tidak terbakar motor peminum pertamax yang udah diindo sudah dilengkapi pendingin ekstar(oil cooler/radiator)itupun kompresinya 10 keatas sedang kompresi NMP juga masih 9,5:1 sama dengan kompresi kalajengking,thunder maupun byson keempatnya masih menggunakan pendinginan udara, untuk standar indonesia pertamax(92) emang dianjurkan kendaraan yang berkompresi 9,0-10,0. untuk jangka pendek emang efeknya BBM lebih irit tarikan lebih nendang tapi jika jangka panjang akan menimbulkan kerak pada mesin,pemakaian pertamax untuk jarak jauh jika dichek suhu mesinnya lebih tinggi ketimbang pake preimium tapi never mind jika pake radiator/oil cooler tapi jika masih menggunakan pendinginan udara dan BBM yang dipake pertamax anda bisa bayangin aja…..

  4. arez mengatakan:

    gw sendiri sih blum ngalami kendala semenjak NMP gw pake pertamax.. Fine2 aja.

  5. OmBIG mengatakan:

    cmiiw ya om..diliat dr gejalanya ckp stel karbu+klep+pemilihan oli yg tepat..

  6. bNe mengatakan:

    memang benar…. sy jg pernah pake pertamax 92…
    yah masalahnya sama…. kalo di panasin malah sering mati….
    bukan berarti kita harus jagain tu motor kalo mau di panasin….
    hehehe…
    trus sy ganti ke premium karena harga pertamax jg yang gak jelas naik turun… eh… malah cocok dengan NMP saya…

  7. Raska permana mengatakan:

    Lo ko problemnnya terbalik dengan ane bro ….
    Punya ane kalo pake premium malah sering brebet dan mati , trus ane ganti pake pertamax ……Alhamdulillah dah 2 minggu brebet dan kadang mati hilang ……tarikan lebih yahut walau harga lebih mahal ….
    Mungkin minggu besok ane coba lagi pake premiun …siapa tau semuanya jadi normal ….

  8. sigit mengatakan:

    coba perbandingan kompresi NMP tdk berubah (9,5:1)

  9. gundul pacul mengatakan:

    oktan tinggi bukannya malah mudah terbakar dan tidak meninggalkan bekas diruang pembakaran..pengalaman ane, enak kok tarikannya, mungkin punya agan ada masalah di setelan karbu..supply bahan bakar dengan udara yg masuk ke ruang pembakaran gk balance..itu kemungkinan yg bikin NMP agan batuk2..cmiiw gan

  10. kopet mengatakan:

    kopeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttt……………

  11. kepet mengatakan:

    wo lha kopet’i pekox…

  12. Rezky Saputra mengatakan:

    hihi kayanya ada salah ilmu nih penulisnya, gw copas ya tulisannya
    “Menurut gw sesuai dengan oktan yang lumayan cukup banyak dalam kandungan pertamax itu yang jadi masahnya karena pertamax sangat lambat dan lama untuk dibakar…”

    bedakan antara ketahanan suatu bahan bakar meledak sendiri terhadap tekanan dan panas sebelum dipicu api (oktan), dengan daya rambat api bahan bakar setelah dipicu api

    kalo ente bilang pertamax lebih lambat dan lama untuk dibakar, ga usah di motor testnya, siram aja rumah tetangga anda yang sebelah kiri dengan premium terus bakar, terus siram rumah tetangga anda sebelah kanan dengan pertamax, terus bakar, abis itu liat lebih cepat kebakar mana, dijamin yang disiram pertamax lebih cepat berkobar apinya

    yang benar itu pertamax lebih tahan terbakar dengan sendirinya dibanding premium karena tekanan (ketika piston melakukan proses kompresi) dan suhu dalam mesin, akan tetapi ketika sudah dipicu api (busi), kecepatan daya rambat api, dorongan ledakan untuk menendang balik piston kebawah dan efisiensi thermal pertamax jauh lebih cepat dari premium (itulah mengapa mesin lebih cepat panas jika memakai pertamax daripada premium)

    kalo masalah pagi manasin motor suka mati sendiri, atau gas kosong suka mati sendiri, ada kemungkinan…
    1. rpm langsam terlalu kecil
    2. pilot jet kotor dan sedikit tersumbat
    3. busi kotor, elektroda tertutupi kerak

    kalo feeling gw seh langsam kekecilan soalnya gw juga pernah ngalamin

    kalo kompresi 9,5 tapi cocoknya minum premium itu salah besar, yang benar adalah cocoknya minum pertamax, tapi ama honda karena di indo banyak yg nenggak premium, diantisipasi dengan nyetel pengapian di cdi-nya dengan memajukan timing pengapian

    • Neo Last One mengatakan:

      Itu bahasanya saya standarkan om biar mudah dimengerti orang awam, kalo cuma kopas si mending dari dulu saya gak buat blog saja mending bakar rumah tetangga, ya gak??? tujuan saya disini hanya memberikan informasi yang diambil dari pengalaman sendiri, kiblat saya disini itu data pengalaman sendiri yang sudah memakai pertamax di new megapro selama kurang lebih satu tahun tanpa di mix dengan BBM lainnya dalam jangka waktu satu tahun tersebut itu sudah berapa kali servis jadi silahkan saja anda ngomong rpm terlalu kecil kek,pilot jet koor kek, busi kotor kek. itu mustahil sampe servis berkali2 juga masalah tetep sama, busi juga dah ganti berapa kali dalam kuraun waktu tersebut.

      Data lainnya diambil dari motor lainnya CBR150i yang saya punya punya kompresi 11:1 sejak beli dari setengah tahun lalu sampai sekarang selalu nenggak pertamax gak ada tuh gejala seperti NMP jadi disini saya simpulkan bukan kompresi 9,5 itu cocok pake premium tapi saya hanya mengatakan sesuai judul NMP gak cocok kasih pertamax kalo mesin dalam kondisi standar. sudah jelas om??!!

      • deddy mengatakan:

        jangan marah om.. kan banyak hal yang manusia gak tau (entah itu om neo maupun om rezqy). jadi keep calm ya om.
        apa yang om rezqy katakan bisa menjadi pertimbangan juga. IMHO

  13. son goku mengatakan:

    di oplos aj om premium m pertamak tp hrus ad perbandingannya antara 4 : 2

  14. ajie mengatakan:

    sebenernya kl pertamax itu lebih bagus main d’kompresi 9,9:1 – 10,9 :1
    jd kl motor dengan kompresi 9,5: ya masih aman pake premium
    dan lebih cocoknya lg,premium campur pertamax 1:1 ane itung2 oktan 88+92=/2= 90,50
    krn saya udh coba malah lebih enakan dicampur mas bro
    tmn ane aje yg ikut kejurnas roadrace,kompresi mesin 12,7:1 aj masih pake pertamax plus ga main pake bensol2an.krn bernsol sifatnya sm kaya minyak tanah kelewat tahan kompresi. malah mubajir tenaga malah kurang kl pake bensol.
    lah wong buat kompresi mesin pesawat,malah d’pake buat motor
    ya lain tekanan kompresi buat d’darat n d’udara

    • irfan mengatakan:

      Dgar bensin premium mw naik sy jdi pgen pindah pertamax ke Nmp sy tpi sya binggung cocok ap gk.x, mka.x sy cari info dsni jd inti.x hrus dstel dlu y klo mw pindah b.bkar.
      Sy kira langsung pake gt ja gan, komen2.x smua brmanfaat gan.

      Mantafff 😀

      • Gurendo Utomo (SOLO) mengatakan:

        saya sejak pertama pake NMP selalu ane campur antara premium dengan pertamax. Kalau dulu….,uang 60 ribu, pertamax 40 ribu (skitar 4 liter) premium 20 rbu (skitar 4 liter lebih). Trus setelah premium naik….udah sebulan ini (bulan agustus 2013) full pake pertamax. Alhamdulillah fine2 aja tuh….soal panas, kayaknya yo sama aja kayak dulu. Soal tarikan, lebih enak full pertamax, trus q merasakan lebih irit pke full pertamax. Seminggu juga habise sekitar 60-70 ribu.
        Trus saya tidak mendapati mesin mati saat dipanaskan atau saat pindah gigi.
        Catatan: saya pke busi iridium NGK dan sebulan sekali pake yamaha carbon cleaner buat NMP q.

  15. si bolang mengatakan:

    saya bingung nie gan sebenarnya cocok gak sie kalau motor new mega pro di isi nya pakai pertamax apalagi saya orangnya suka touring yang jauh2 gan.

  16. si bolang mengatakan:

    please infonya ya, soalnya dr pertama ane pakai pertamax dan mau coba ganti k premium, apakah cocok kalau pertamax di campur dengan premium untuk motor mega pro.

  17. noname mengatakan:

    gmn dg verza?9,5:1 jg tuu..bs premium?

  18. gamis syar'i mengatakan:

    gamis syar’i

    New Megapro 2010 Mencret dikasih Pertamax | “Neo SkullSmokers Blog”

  19. hanafi mengatakan:

    Bro.. ane pake pertamax kurang lebih 1 th. Trus skrg megapro gk mau jalan klo gk di cuk. Ane smpe gnti 3 bengkel resmi,tp mslh gk ilang…
    Ni harus gnti mesin ato gmn nih…

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: