Nih dia si Biang Kerok Mrebet New MegaPro


Pernah ane denger yang katanya mesin New MegaPro mati mendadak gara gara kena hujan atau pas keadaan dingin sehabis dicuci/steam… ane teringat pada alat elektronik yang nemplok pada karburator apalagi kalo bukan TPS (thrrotle position sensor), dalemannya terdapat Chips sensor thrrothle yang menghubungkan ke CDI yang katanya terbagi sampai 12 mapping, Namanya juga elektronik mungkin jika terkena air/semprotan air bisa menyebabkan konsleting jika ada air yang masuk kedalam soket 3 kabel yang menghubungkan TPS dengan CDI.,,, Lho kok kenapa air bisa masuk???? berarti belum layak jual dong?????? banyak orang yang sering mengatakan seperti itu, gak mungkin kan masalah seperti itu bisa lolos QC???? ane nebak si dari para oknum mekanik AHASS yang belum begitu ngerti cara memperlakukannya TPS biasanya Setelah Service dan karburator pun dibuka pemasangan soket kembali secara asal asalan, solasi tidak diganti dengan yang baru karet flip juga dipasang asal masuk aja tanpa melihat soket kencang apa masih kendur. Nah kalo dah brebet gini dan dibawa ke AHASS pasti yang diotak atik cuman karet vakum karbu atau CDI nah gimana dengan TPSnya pasti jelas terlewati seakan akan AHASS tidak begitu menghiraukan alat yang menurut ane penting untuk pengapian..ujung ujungnya pulang dari AHASS kena hujan brebet lagi,,,,,,,, Buat yang ngrasa NMPnya brebet kalo kena hujan atau sehabis dicuci bisa bawa ke AHASS minta dicek kembali tu pemasangan TPSnya mungkin pemasangannya kurang pas atau masih ada celah air buat masuk ke soket TPS. Antisipasi biar alat ini nggak kemasukan air sebenernya gampang

  1. Jangan dicuci steam misal kepaksa steam ngmong sama yang cuci bagian karbu jang disemprot air bertekanan tinggi
  2. Setelah service selesai cek pemasangan socket TPS kembali apa pemasangannya sudah benar apa belum
  3. Jangan sering sering bongkar karbu karena selain karet vakum/membran bisa rusak soket TPS juga dipastikan kendur yang akhirnya air bisa masuk.

Solusi buat AHM juga untuk memberikan perlakuan sebagaimana mestinya merawat TPS untuk Mekanik AHASS ataupun Konsumen…..

41 Responses to Nih dia si Biang Kerok Mrebet New MegaPro

  1. L30-HMPCI berkata:

    thanks infonya…mudah2an terselesaikan masalahnya…

  2. LATU berkata:

    OHHHHHH … GITU YAH,,BRARTI FEELING GUE BENER JANGAN SAMPAI KABEL YG DI KARBU KENA AIR (MAKLUM ORANG ELEKTRO) SLAMA INI GUE SIH NYUCI SENDIRI TUH MOTOR..HEHEHE..MAKASIH INFONYA BRO..!!!

  3. dhogerecy berkata:

    boz…. klo NMP ane juga sering mati tiba-tiba… apa mungkin seperti itu juga masalahnya yaa?

    • skullsmokers berkata:

      Tergantung bos seberepa sering mati mesinnya kalo cuma kadang kadang itu emang bawaan NMP nah kalo sering banget bisa jadi karet didalam Karbunya atau TPS atau mungkin bisa jadi BBM yang dipake kalo pertamax emang sering gitu karena dengan oktan yang tinggi BBM akan sulit dibakar kecuali untuk motor berkompresi 10 keatas itu emang udah diseting pabrik dari sononya untuk membakar lambat

  4. Setya5785 berkata:

    info yang menarik. thx
    NMP-ku juga kek gitu waktu awal2 dulu (sebelum service 500KM). mbrebet dan mati saat keujanan

    waktu servis berkala laporan juga ke ahass, montir masih blom tau kira2 penyebabnya apaan. ampe di tes disiram air di blom mesin abis finishing.

    sejauh ini udah ga mbrebet lagi sih, pernah keujanan sekali, mayan deres kira2 setengah jam, ngga mbrebet, tapi tarikan jadi lebih berat ja.

    tapi patut diperhatiin extra nih untuk kedepan.

    • skullsmokers berkata:

      Itu berati masih belum kelar semuanya bro
      punya ane pas beli smpe sekarang lancar lancar aja sering diajak bolak balik jogja pekalongan pernah selama perjalanan diguyur hujan selama 4 jam tapi motor ga mrebet sama sekali malah motor jadi enteng karena mesin kena aer hujan jadi NMP ane serasa punya Radiator heheheheh

  5. Amama Ali berkata:

    wah kok sama ya dengan pemikiran saya

  6. dede berkata:

    wah berarti caranya harus di isolasi donk kabel tps/soket tps biar g kena air..?klo sudah di isolasi apa bisa kemasukan air lagi ya?

  7. arie berkata:

    yang di sayangkan TPS terminal dengan modul di tempatkan pas di samping karbu.. jika saja TPS tersebut tetap berada di bagian karbu yang solid dan terminal di pisahkan (jadi dari TPS langsung keluar kabel sepanjang 10/20cm yang di ujungnya di gunakan sebagi terminal penghubung dan terminal tersebut di letakan pada posisi yang aman dari basah).. maka alergi TPS terhadap air mungkin dapat berkurang karena endapan air berasal dari terminal ketika hujan atau mencuci kendaraan tidak sampai kesana sehingga tidak mengganggu tugas dari TPS tersebut.. ketika karbu di cabut otomatis terminal harus dilepas..

    bagian ini lah yang saya pikirkan.. tetapi main dealer honda masih berkutik hanya mengganti dan mengganti.. yang menurut saya bukan solusi yang bagus.. ketika saya di ajukan penggantian karbu.. mekanik sudah saya beri petunjuk (clue) agar mau mencari solusi yang baik..yah tetapi pemikiran mekanik yang mungkin ingin cepat selesai.. maka penggantian lah yang menurut dia lebih optimal yang bagi saya masih belum optimal..
    yang bagus lagi karbu diganti terminal di pindah..
    akur kita.. 😀

  8. tomy berkata:

    wah gw awam sekali mengenai motor. tp klo karbu dan derah sekitar karbu anti bgt kena cuci air. dr mtr sblm NPM yg sya tunggangin skarang ini, sya slalu pesen sma tukang cuci steam karbu jgn smp kena air. tp thx buat info di atas.

  9. arif kurniawan berkata:

    bang NMP saya gtu. , pernah hampir nabrak mobil gara2 mati pas di tikungan, , makasih infonya.

  10. Eko Bayu Seto berkata:

    Karbu saya Dingin banget trus RPM stationer susah di dapat sudah main puteran gas di karbu sama setelan angin masih juga susah Stationernya kira2 masalahnnya apa yah

  11. Eko Bayu Seto berkata:

    Sorry ternyata saya yang salah karena posisi CUK yang salah

  12. Eko Bayu Seto berkata:

    Sorry salah gw karena posisi cuk yang salah

  13. Abie berkata:

    gw pkis NMP gw doank yg brebet krn keujanan trs. pertanyaannya apakah mekanik AHAS tau apa gk ya permasalahan tsb? thanks bgt ih infonya…

  14. wawa berkata:

    weh,..weh,..weh,…ternyata banyak juga mz bro yg punya keluhan sama kaya ane,..baru baca nih,..ketinggalan jauh yaa,..hehe,..padahal penyakit itu uda menjangkiti NMP ane 2bulan lalu,..baru tau deh,..gara2 servis di AHAS ga ada bedanya,ane buka sendiri deh tu karbu…bersihin sendiri,…nyaman jadinya,..eeeehh,..waktu tak pake pulkam semarang – PWT,sempet nerjang banjir air got sii,walaupun ga ujan,..mogok ditengah jalan mz bro !!,..gondok abiss,…malem2 pula bengkel pada tutup,..+kunci2 ga tak bawa,..

    buat mz bro ada yang tau bengkel yang ajip buat servis di daerah semarang ga yaa,..mekanik di AHASS2 kecil susah dikasih tau,ngeyel,..seolah2 pasien ga ngerti apa2 soal mesin,….

    • Neo Last One berkata:

      Hahahaha ya masbro 3 bulan kemarin juga jln dari jogja smg masak mrebet habis itu mogok mpe 3 kali dah jam 11 malem lagi, sendiri lagi..
      coba ke astra international bro tapi harus dateng pagi kerena dateng siang pasti lama nunggunya

  15. iqbal berkata:

    mas..bro bgus’y klo gnti karbu
    pkke karbu pa??
    klo gnti PE 28 kta.a brrozz abiizz
    truzz pa gbz d”akalin ge gto…dgnti per’y mngkinn truzz..ktta.a bsa jg dinding vacuum d’poles pke batu ijo bya ga srett gto…

    hhadduuhh.pusingg..nech mmasbro…..bengkel2 jg loom bz ngatasin….
    tengzz…

  16. iqbal berkata:

    waduuuuhhh..lmyan brossss jg y masbro???
    w prnah k’ahass..cma klo garansi hruz rutin service dbenggkel ahass’y..
    w kn jrangg…service dbngkel rsmi’y…
    jd w sru byar jg ntu..ga gransi

    bsa ga alternatiff pke karbu laen ga??yg ga bross+murah hrga”yy???

    • Neo Last One berkata:

      Coba ditanyaiin ke AHASS langsung aja bro barangkali bisa itu kan termasuk garansi mesin bukan klaim servis.
      bisa coba pake punya byson merknya kalo gak salah Mikuni BS26 ini juga sama seperti NMP karbu vacum dan ada sensor TPSnya tapi gak tau untuk TPSnya mekanisnya seperti NMP NSS kurang tau kn CDI NMP udah menganut beberapa map, harganya juga lumayan bro 700rbu ketimbang std NMP Keihin NCV24 harganya malah 1.350rebu.
      kalo mau murmer bisa pake keihin PE28 KW tapi harganya 200-400 kalo yang dari thailand gak tau tuh asli pa gak harganya sekitar 700rbuan

  17. Soedianto berkata:

    Wuih banyak juga yg ngalamin mesin si Kebo mati mendadak. Meggy ane baru Nop 2011 kemaren, setelah servis kedua masalah mati mendadak baru muncul sampai sekarang. Udah dibawa ke 3 bengkel resmi AHAS masih aja gak beres2. Seminggu setelah Servis II,III,IV masalah mesin mati selalu terulang kembali, KM masih 8700an. Sudah pernah kuras tangki, bersihin filter bensin, ganti busi iridium, tapi kok masih brebet dan suka mati mendadak ya? Bisa hidup kl di-chooke, tapi mati lagi kira2 jalan 1km an, suhu2, brothers, dan master bantuin donk?Apa bener masalah dikaret vacuum? Kl ganti karbu mendingan pakai apa, CBR bisa-kah?

  18. NMP berkata:

    Sukurin pada coba coba bongkar karburator, membran rusak langsung mati mulu tuh mesin, iseng sih loe..

    • Neo Last One berkata:

      Bukan salah konsumen… sebelum pada bongkar2 juga dah pada ngeluh motor mrebet kok yah gak salah kan wong dibawa ke beres juga masalah belum terselesekan jadi salahnya sapa??? dah pada tau tuh

  19. Jafin berkata:

    baru 3 hari ini MNP ku juga brebet…….kemaren2 mantau sih di portal….masalah brebet…eh ketularan juga…..kalo ganti karbu dengan yang versi megi lawas..plug play gak sih….tks suhu..suhu megy

  20. alfa firdausi berkata:

    ane juga pernh ngalamin gan yang beginian,NMP ane brebet sampe bolak balik ke ahass,udah di cek karet vakum,TPS juga udah bener,ternyata masalah di businya gan,ane sendiri di bilangin sama salah satu mekanik di ahass dari sekian busi CPR8EA9 yang dipake di megapro tuh untung”an,jadi kalo pas dapet bagus ya normal kalo pas apes ya…begitu…,solusinya kalo masalah di busi bisa pake businya supra x yg PGM-FI,CS1, ato punya vixion. ane kebetulan coba pake yg punya vixion udah bener gan dan dirasa -rasa tarikan lebih enak.
    monggo semoga membantu info nya

  21. anunis berkata:

    NMP aq cuma bisa pake setengah dari gas, setegahnya kosong alas mberebet…
    kenapa coba..?

  22. Dicky Fernando berkata:

    Dari analisa saya, engine mrebet disebabkab oleh kadar kemurnian premium, ditempat saya minyak kebanyakan berair(kondensasi tinggi) sehingga akan mengganggu ketahanan busi yang mengakibatkan menurunnya umur pakai busi tersebut. Penyelesaian yang saya lakukan dengan penambahan fuel filter yang dapat menyaring kadar air di premium (dibersihkan secara berkala 1 x 3000 km)dan busi yang dapat bertahan lama hanyalah NGK type CPR8EA-9 atau CPR9EA-9 ( 6000 km)

  23. anton berkata:

    NMP ku saya beli tahun 2011 masalhnya hampir sama degna teman2 diatas. tiba2 mati sendr. padahal baru beberapa bulan. dan permasalahan sampa sekarang blm ketemu apanya ya? malah tambah parah sekarang. kalau di pakai pekalongan tegal pp tiap hari dan kecepatan di dites sampai dengan 90 km/jam. pulangnya seperti mrebet setiap gas dinaikan malah gk ada tenaga. bahkan mesin mati dan susah d stater. mohon pencerahannya. sdh ganti busi dan kuras tangki, masalh sama

  24. arbariton berkata:

    bro, kalo mau beli TPS dmna yah ? ane kebumen . ke astra central kebumen aja ngga ada . kalo ada yg jual sms aja bro 083863441554

  25. teguh berkata:

    BANYAK KELUHAN MACEM GINI NGAPAIN HONDA TAK MENARIK PRODUK YANG GAGAL INI……………………YA, TAKUT RUGI………………..

  26. dionsaputra50 berkata:

    gan mau nanya kalo misalnya mengganti karbu NMP ke ke karbu konvensional apakah mengganti CDInya juga ya, mengingat CDI ori NMP menganut 12 mapping pengapian, nah kalo iya apa ya merk CDI aftermarket yang cocok untuk NMP monggo penjelasannya gan

Tinggalkan Balasan ke NMP Batalkan balasan