Pertamax Lebih Cocok Untuk Kendaraan Berpendingin Ekstra


Sesuai judulnya masbro,bagi yang sering pakai Pertamax dikendaraan yang berkompresi kecil <9,5:1 atau dengan kata lain kendaraan dengan kompresi segitu pasti tidak akan dilengkapi Radiator maupun Oil cooler pasti tidak akan merasa kaget lagi dengan kondisi mesin lebih cepat panas ketimbang pake premium tapi tarikan lebih Yahuuuddd pakai pertamax…bagi yang belum tahu pasti akan berkata??? LHO kok bisa?

Gini masbro Untuk membakar sempurna antara bensin dan udara ada aturannya, Untuk membakar bersih 1 molekul bensin butuh 12,5 molekul udara yang kayak gini kerak atau karbon tidak akan nempel.

Untuk premium campuran lebih basah menjelaskan bahwa mesin akan lebih adem jika kandungan kaya akan bensin kondisi seperti ini menggambarkan bahwa nilai panas hasil pembakaran rendah, Energi panas yang dikonversi jadi energi gerak jadi rendah pula menjadikan powermesin jadi letoy.

Untuk Pertamax sebaliknya Nilai panas tinggi power yang dihasilkan pun tinggi pula karena pertamax kandungan molekulnya lebih sedikit ketimbang premium,

Nah apa hubungannya???? hubungannya adalah motor berkompresi tinggi memang dianjurkan untuk pakai pertamax,lho kok pertamax???? karena yang jelaskan saya tadi pertamax Nilai panas tinggi power yang dihasilkan pun tinggi tapi apa gak kepanasan tu motor?  Kan motor/kendaraan berkompresi tinggi pasti dilengkapi sistem pendingin mesin dengan cairan(radiator) atau sistem pendingin Oli(oil Cooler) dari pabrikan. Motor berkompresi tinggi yang memakai pendingin ekstra dan dianjurkan pakai pertamax V-ixion(10,4:1) Vario(10,4:1) Satri FU(10,2:1).

Pertamax dan Pertamax Plus memiliki tingkat pembakaran yang lebih sempurna untuk menambah tenaga mesin dan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit dan tarikan lebih yahud dan panas pada pertamax menjadikan Power yang tercipta juga lebih besar yang menyebabkan efisien dalam pemakaian Pertamax Plus yang menjadikan BBM lebih irit ketimbang premium.

Memakai Pertamax di motor yang berkopresi <9,5:1 menurut saya hanya sia sia saja memang sih jangka pendeknya Power bisa naik tapi untuk jangka panjang bisa menimbulkan kerak dimesin dan mesin manjadi panas dan yang pasti kantong lebih cepat jebol,mendingan duwit yang dibeli untuk pertamax untuk beli bensin aja sisanya bisa dikumpulin untuk boking Celengan pas hari minggu kwkwkwkwwk….

Untuk yang Pakai motor kompresi tinggi tetap pakai pertamax aja kasian motornya masbro walaupun harga pertamax naik kan lebih irit ketimbang premium walupun selisihnya sedikit.

31 Balasan ke Pertamax Lebih Cocok Untuk Kendaraan Berpendingin Ekstra

  1. Ovis mengatakan:

    Dulu nmp ane diisi pertamax, dipake buat jarak jauh, mesin jd cpt panas, trus kl rpm tinggi getarannya berasa bgt. Trus ane ganti pk premium, mesin ga cepet panas & getaran mesin jg g berasa, cm setelah 2x isi premium, mesin jd berisik, awalnya kecil, lama2 tmbh berisik mesinnya.
    Pas servis ke II, ane bilang ke montirnya & dia nyaranin pk shell. Hasilnya slama hmpr 2bln pk shell, mesin ga cepet panas, ga berasa getar& yg pnting larinya makin ngacir. Tp mengingat skrg hargany naik trus, jd mikir2 gmn kl campur sm premium ya…

  2. Dazzler JOgja mengatakan:

    Jd Klo NMP Pakek Pertamax gpp neh masbro,..??
    Krna ane jd bingung di NMP g da radiator nya or oil cooled nya nech.,??
    Truz Klo NMP pasang oil cooled gmn masbro,.??
    Ane di jogja neh masbro,.., bengkel mn ya yg bisa pasang oil coooled di NMP dgn sempurna.,.,
    Atas saran nya Makasih bgt.,,
    Salam NMP jogja,,

    • skullsmokers mengatakan:

      Pemakaian pertamax ga masalah masbro cuma kalo ane boleh berpendapat lebih efisien lagi pake premium harga juga lebih murah 2X : pertamax,premium juga bikin adem mesin
      kalo pertamax menang irit sama BBM bersih doang kalo speed juga selisih dikit aja lha wong cuma BBM mau ngarep NMP lari 130 lebih???? mustahil masbro. cuma kalo pake premium sering sering aja kuras tangki minimal 6 bulanlah,kecuali motor ente udah dioprek mesinnya jadi kompresi naik itu recomended banget harus pake pertamax.

      kalo masalah Pasang oil cooler sempurna dijogja ane kurang paham bro kalo dijakarta si ada, untuk pemasangannnya si gampang bro tinggal mekaniknya aja bisa gaK?? musti pake oil cooler,pipa/selang,nipel yang ori aja masbro cz kalo yang variasi bisa cepet jebol tu oli keluar dari sangkarnya cukup beli punya FU aja 1 set kagak nyampe 750rb kok

  3. Dazzler JOgja mengatakan:

    Owh.,., jd Klo pakek oil cooler ny FU bisa ya maz bro,.,
    oke deh,,, coba ntar ane tanya2 dolo maz bro,.,
    Thanks Ya atas Info ma saran nya,..,
    Salam riders NMP,,

  4. karto tuying mengatakan:

    motor ane vixion,, 1,5 th lbh pke premium, bru kmrn pake pertamax,, baunya mesin jd aneh,, kyk bau mesin baru,, emng bnr2 lbh cpt panas pke pertamax

  5. karto tuying mengatakan:

    tp ane klo touring prefer pke premium aja sbnrnya mas, kan touring mesin bnr2 kerja keras,, hehe, klo Oplosan premium+pertamax gmn mas????

    rada OOT: utk vixion kan ada radiator+kipas. tp jarang ane temui kipas muter mas.. prinsip kipas nya itu muter hanya ketika suhu motor tinggi saja ya mas?? setahu ane sih gt..

    • skullsmokers mengatakan:

      Ga pa2 masbro yang penting masih 1 produksi misal premium+pertamax maupun plus, Shell dengan shell super maupun extra.
      Prinsip kerja kipas radiator beda2 tergantung karakter mesin,misal vixion kipas muter saat suhu coolant mencapai 95′ C dan disertai panel indikator suhu pada speedometer menyala ketika anak kunci posisi OFF kipas langsung mati berbeda CBR 250 setiap anak kunci diposisikan ON kipas langsung muter walupun mesin belum bekerja makanya CBR 250 dinilai pendinginan mesinnya sangat bagus ganti oli aja direkomended setiap 12.000 KM sedang Ninja 250 laen lagi, prinsip kerjanya hampir sama dengan vixion tapi yang membedakan jikalau mesin panas dan dimatikan dan anak kunci diposisi OFF kipas masih tetep nyala sampai keadaan dingin baru mati sendiri,jadi dari motor2 tersebut berbeda prinsip dan karakter mesin juga berpengaruh pada kipas radiator

  6. dodol mengatakan:

    dodol dah, pertamax buat kendaraan kompresi rendah itu cuman buat pembersihan ruang bakar ajah, treatment istilah nya

    yah seminggu sekali dah isi pertamax

  7. rivo mengatakan:

    kalo mtor 4t kayak vega zr apa boleh pake pertamax…???

  8. wirid mengatakan:

    kalau sekarang yang dibutuhkan oleh rakyat bikers indoesia adalah biaya per km yang lebih rendah. kalau pakai pertamax sudah pasti itu tidak akan terjadi , kecuali pertamax harganya tidak jauh dengan harga premium…, dulu saya ngitung dengan HMP 2009, dengan premium biaya per km adalah sebesar Rp. 123/km, tapi denga pertamax manjadi Rp 132/km.(itu harga premium 4500 dan pertamax 6000) kalau sekarang gak tau lagi ya dengan harga pertamax yang samapi 8000

  9. juneddz mengatakan:

    smash titan kompresi 9,5 : 1 cocok pertamax ya

  10. idr mengatakan:

    Sedikit sharing dan ditanya mohon bantu ya,
    NMP sy km nya sdh 14 rb-an, motor mulai pake jan 2011, jrk tempuh harian sen-sab. 100 km perhari pp, konsumsi sebelumnya premium hingga km 8000 kondisi pernah mogok dan brebet alias hampir off kalo gas betot, kata montir beres setting karbu, setealh disetting tak berubah. Coba2 pake pertmax terasa enak hanya mesin cpt panas dan getar lebih yang pasti kantong terkuras, masalah sebelumnya teratasi, coba pake campuran premi & prtmx +, cocok nih luamayan lebih terjangkau dan mesin lebih halus dan tdk terlalu panas. Sy pake oli enduro racing setiap 1 bln se x.
    Perhitungan rupiah & tanda fuelnya al:
    Sy selalu memulai ngisi di tanda garis 3 (full tank 6 garis)
    Pake premium ngisi 30 rb jadi full tank ngisi lagi 3 hour kemudian
    Pertamax doang ngisi 50 rb jadi full tank ngisi lagi 2,5 hari
    Premium + Pertamax plus ngisi 40 rb jadi full tank ngisi lagi 3 hour kemudian.
    Mohon pencerahannya aman tdk campur premi & prtmx pluss?
    Ke-2 pagi hour motor agak susah dihidupkan meskipun cuk sdh digunakan solusi agak lama pake cuk di bukunya tdk boleh lama, ini sdh sya sampaikan ke montir beresnya. Masih tetap begitu, akhirnya sy coba utik sendiri mur kecil yg ada di karbu tapi sebelah kanan posisinya dekat transmisi, sy putar berlawanan arah 1/2 alias 180 drjt putaran dari settingan beres ahass, hasilnya cukup memuaskan.
    Nah mohon bantuannya 2 pertanyaan sy itu apakah aman atau tidak.Please ditunggu secepatnya
    Terimaksih banyak sebelumnya ya

  11. RC110R Rider mengatakan:

    Mas motor saya honda blade…kompresi 9:1..
    sekarang saya rajin pakai pertamax, dengan harapan pembakaran lebih sempurna dan bersih, karena kualitas pertamax yg jauh lbh bgus dr premium..tetapi pemakaian pertamax tsb apa juga berbahaya bagi mesin saya?trus pertamax benerkah bisa menimbulkan kerak pada mesin motor saya?
    cz setau saya pemakain pertamax dianjurkan untuk kompresi 9:1 – 10:1 jadi spek mesin saya masih termasuk disitu?
    Terkait mesin berkompresi 9:1 yang memakai pertamax hanya sia2 dan justru menimbulkan banyak kerak di ruang pmbakaran adakah bukti???penelitian atau pengalaman belah mesin dsb??

    • Neo Last One mengatakan:

      Sia sia dlm arti mahal bro kalo masaah kerak bisa dilihat untuk waktu yang lama itupun kalo rajin pake pertamax terus
      pembakaran sempurna itu kalo kompresinya di atas 10:1 (pendapat pribadi) berdasarkan pengalaman dilapangan
      BBM bersih memang, mesin juga panas untuk pemakaian pertamax kompresi 9:1 tanpa didampingi pendingin ekstra.

  12. RC110R Rider mengatakan:

    Iya memang harga dari pertamax jauh lebih mahal dibandingkan premium, tapi kasus bensin premium yang kotor dan mengandung timbal membuat saya ngeri bro…
    Dari berbagai sumber mengatakan kompresi 9:1-10:1 harusnya memakai pertamax, kalau 10:1 keatas itu bukan pertamax lagi masbro tapi “pertamax plus”..
    Menanggapi tulisan bro diatas “kalo masaah kerak bisa dilihat untuk waktu yang lama itupun kalo rajin pake pertamax terus” saya masih bingung. Dengan begitu rajin memakai pertamax untuk kompresi 9:1 (yang notabene batas bawah pemakain pertamax) dalam jangka waktu lama apakah dapat menimbulkan kerak mesin?atau malah sebaliknya, mesin lebih bersih dari kerak?
    Trims jawabannya ^_^

    • Neo Last One mengatakan:

      Memang bro untuk masalah higienis lebih condong ke pertamax,tapi untuk kompresi 9-10 untuk pemakaian bensin masih dimaklumi mesin coba lihat kasus vixi dengan kompresi 10,4:1 dengan kompresi segitu harusnya dia minum pertamax plus tapi kenyataan dilapangan dia masih (mau) dikasih premium dan gejala knocking pun tak terasa…
      Nah untuk masalah kerak,namanya aja kerak pasti timbunan kotaran yang makin lama makin banyak kerak tersebut terjadi karena ada sisa2 endapan pertamax yang belum terbakar,kenapa?? karena kompresi yang minim membuat mesin harus membakar cepat BBM nah pertamax notabene lama untuk dibakar dan sisanya itu akan menimbulkan kerak selain itu kenapa pertamax lebih irit dari premium itu dikarenakan bbm lebih lambat untuk dibakar imbasnya mesinpun jadi panas karena miskin BBM.
      MItos isi pertamax itu akan membuat mesin jadi bersih memang kerap terjadi tapi itu bagi orang awam bro karena jenis BBM itu bukan berdasarkan mahalnya,dikira mahal terus bersih itu anggapan salah bro jenis BBM ditentukan spek kompresi mesin itu sendiri.
      kembali ke masalah kompresi memang jika kita melihat hitam diatas putih alias anjuran untuk pemakaian jenis pertamax untuk kompresi 9 keatas, tapi kondisi dilapangan berbeda bro….kenapa saya bilang itu sia2? karena kita hanya buang2 duit saja bro mending uangnya ditabung saja kecuali memang masbro butuh jenis BBM yang bersih dan membantu pemerintah untuk mengurangi anggaran subsidi BBM karena memakai bahan bakar non subsidi….

    • Neo Last One mengatakan:

      Opsi lain mending bladenya dipapas headnya aja bro kompresi pun naik misal katankanlah kompresi berubah jadi 10-11 itu akan lebih bagus bagi mesin sampean larinyapun akan semakin ngacir dengan pemakaian petamax/plus

  13. RC110R Rider mengatakan:

    Oh gitu..trims masukannya masbro, tapi menurut buku teknik motor bensin yang kemarin saya baca “bensin dengan oktan rendah bukan berarti lambat terbakar. justru dia sebenarnya lebih cepat terbakar dibandingkan oktan yang lebih rendah setelah disulut, akan tetapi bensin oktan rendah akan lebih tahan panas dibandingkan dengan bensin oktan yang lebih rendah (maksud panas disini mungkin panas yang ditimbulkan akibat kompresi bukan api busi, nah setelah disulut api busi bensin oktan tinggi tsb justru cepat meledak)”
    wah iya sih mendingan ditabung, tapi ya untungnya motorku ga sering2 dipake jadi kantong ga jebol..haha, untuk papas head masih syang bro…motor baru nih, modif mesin jg agak ragu aku coz keawetan mesin pasti berkurang dan pasti hatus perawatan ekstra…

  14. ilham mengatakan:

    Kalau pakai premium, bensin di tangki tinggal sedikit, motor terasa ngeden sekali. Kalau pertamax, kinerja motor stabil walau bensin tinggal sedikit. Yang jelas kalau pakai pertamax motor lebih halus. Coba saja motor generasi baru seperti vario pasti halus sekali kalau pakai pertamax.

    Kalau premium, apalagi yang sampai premium eceran pinggir jalan, itu bikin kerak di kepala piston sampai sebesar kerupuk. Premium eceran pinggir jalan, itu suara mesin jadi mblebek. Padahal itu jaman minyak tanah sudah dikonversi ke gas, sehingga harga minyak tanah mahal.

  15. anggun. g mengatakan:

    Mau tnya neh bro, jd kra2 nwp bgusnys dksih minum apa premium or pertamax? Thxs

  16. galoeh mengatakan:

    Pertamax ÈΜªήģ asik!!!

  17. by Ronald mengatakan:

    motor saya kompresi nya 9,3:1 mas bro untuk new vega ZR bbm apa yg cocok premium atau pertamax

  18. cctv yogyakarta mengatakan:

    artikel yang begitu bagus , ayo beli cctv di tempat kami.

  19. klikenter mengatakan:

    suzuki terkenal hobi bikin mesin yang mengaplikasi kompresi tinggi, salah satunya shogunku (125cc), ketika dipake dijalanan ibukota, shogunku cuma cocok pake shell, ga boros2 amatlah, rata2 seliter bisa 65 kiloan lebih dikit, mesin halus ga banyak getaran dan ga berisik, akselerasi lebih smooth, suara lembut tapi makin ngebass (apalagi knalpot standarnya yang model slip on kan memang mirip FU, jadi suaranya mirip mantebnya suara FU), cuma kekurangannya memang tarikan awal ga segalak pake premium atau pertamax yang kudu dibayar dengan suara mesin berisik dan bergetar jika ditarik pada putaran tinggi.

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: