Matic Yamaha Lebih Responsif Ketimbang Matic Honda


Tahukah masbro bahwa matic Yamaha seperti Mio tarikan lebih responsif ketimbang matic Honda, Pasti dari salah satu dari masbro juga pernah merasakan sebagai contoh Yamaha dengan Mio HOnda dengan Beat, Memang si dari isi silinder juga beda lumayan tercatat Mio dengan isi silinder 113,7 cc sedang Beat pada 108 cc, terlepas dari Bore x stroke ada sisi lain yang membikin gas Mio jadi lebih nonjok yaitu komponen pengabut bahan bakar,Keduannya menggunakan karburator vacum yang mengandalkan kevakuman mesin untuk menggerakan skep yang kita kenal lebih irit tapi masih kalah responsif dengan karburator konvensional.

Tapi walaupun keduanya sama sama menggunakan karburator vacum atau CV(constant velocity) dengan merk yang sama tapi ternyata venturi kedua motor tersebut beda, Mio menggunakan karbu keihin NCV24 sedang Beat menggunakan karburator keihin NCV22 nah perbedaan tersebut berpengaruh pada responsifitas motor, apalagi bobot Mio lebih ringan 2kg dari Beat.

Selain itu daleman karbu seperti PJ maupun MJ juga sangat berpengaruh terhadap laju dan konsumsi BBM,nah dari situ bisa dilihat bahwa Konsumsi BBM Mio lebih boros ketimbang Beat tapi kalo masalah Responsif jangan ditanya Mio lebih unggul,kalo mau lebih nonjok lagi bisa gunakan karbu PE28 yang kita kenal sebagai karburator standar NSR SP buatan Thai.

Lain lagi dengan Sport 150cc antara Yamaha dan Honda yaitu Byson dengan New Megapro, Byson menggunakan karburator Mikuni BS26 dan New Megapro dengan NCV24nya walaupun New megapro hadir dengan Venturi kecil tapi yang berpengaruh adalah karakter mesinnya lebih responsif New Megapro karena menggunakan low friction, bobot antara kedua motor sport tersebut selisih 1kg lebih berat Byson, isi silinder byson 153 sedang New Megapro hanya 149,2 cc. so bisa diambil kesimpulan antara kedua ATPM tersebut dengan 2 kelas matic dan sport Yamaha terlihat bukan cuma menambahkan isi silinder 3-4 cc dikelasnya tapi juga menambahkan venturi lebih besar dari Honda, sedang Honda lebih senang dengan mengurangi isi silinder 1-2 cc dari kelasnya dan menggunakan venturi karbu secukupnya, bisa disimpulkan Honda lebih irit dikenal sejak jaman doeloe sampe sekarang. (Neo SS)

8 Balasan ke Matic Yamaha Lebih Responsif Ketimbang Matic Honda

  1. Dismas mengatakan:

    Setuju bro… Matic Yamaha memang lebih responsif… Di segmen bebek, yang ane gak habis pikir, venturi karbunya Yamaha tergolong kecil. New Jupiter Z pakainya mikuni 17mm. Padahal 115cc lho… Suzuki smash aja pakai 18mm.

  2. AGUNG PRANATA mengatakan:

    MEMANK MIO TARIKANNYA SNGAT KENCANG TERASA

  3. mekanik balap mengatakan:

    cepet mati kau naek motor kenceng2

  4. Sonyah mengatakan:

    bro mhn bantuan nih..
    ane ganti oli & srvice ringan d bengkel, bsokny smp skrg mio ane d putrn bwh ngeden kluar asap

  5. Fajar mengatakan:

    Permisi semuanya dan maaf sebelumnya, saya mau tanya perihal motor matic, saya punya yamaha mio smile thn 2010, pas saya service karbu kata bengkel karbunya udh error perlu di ganti, nahh saya penasaran sama karbu produkan tetangga sebelah inisialnya beat, katanya karbu beat ini punya choke otomatis, pas keadaan mesin dingin atau tepatnya pagi hari saat mesin mulai beraktifitas, si pemiliknya gak perlu tarik tuas choke tgl kontakin dan berolahraga sejenak alias injak kick starter mesin nyala dan putaran mesin terasa kencang tetapi selang 5-10 menit mesin kembali ke putaran gaspotnya / langsam..

    Nahhh pertanyaannya, apakah karbu beat ini akan berfungsi normal ketika di aplikasikan ke motor mio ( ngechoke otomatis biar penunggang mio gak nunggu mesin motornya panas dulu baru di tinggal sarapan) atau apakah tidak berfungsi apa apa ???
    Yg tahu infonya atau pernah nyoba mohon infonya dan penjelasannya..
    Terima kasih banyak..

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: