Rantai Motor = Nyawa Biker


Bagi sebagian dari kita pasti tahu betapa pentingnya peran rantai dimotor kita selain menggerakan roda motor yang kita bawa sehari hari tentunya juga membayakan nyawa kita sendiri kalo saja kita tidak pernah merawatnya, Semua pasti sudah tahu akibatnya jika rantai putus maupun nyelip antara sproket dan arm, jika rantai putus dampaknya walupun kita geber sekenceng mungkin roda hanya diam saja nah jika pas putus itu sedang berkendara di jalan raya betapa tidak mungkin disruduk kendaraan lain dari belakang dan yang satu ini Neo ss pun pernah mengalami sendiri rantai kondor dan dipaksa berputar yang akhirnya rantai bisa loncat antara sproket dan swing arm itu malah bahaya lagi roda bisa ke kunci dan???? tentu masbro semua udah pada tahu apa yang akan terjadi bukan???

Rantai berkarat

Nah agar terhindar dari semua bencana itu kita hendaknya juga memperhatikan keadaan rantai jangan hanya memperhatikan dan mengurusi body yang sudah dimodifikasi dan menghabiskan ber juta juta untuk membuat body kit, perawatan rantai itu murah dan gampang kok, jika rantai bersih dan berfungsi dengan baik itu juga indah dan enak dipandang gak etis juga kan kalo motor udah garang tapi rantai karatan tak terurus. Nah berikut tips gampang merawat rantai motor

  1. Bersihkan rantai dengan solar atau minyak tanah dengan alat yang bisa membersihkan seperti kuas atau sikat gigi
  2. Cuci seluruh rantai dengan detergen setelah itu bersihkan dengan air sampai detergen ilang
  3. Lumasi pake chain lube dan jangan sekali sekali pake oli bekas rante bisa molor kalo dipake perjalanan jauh
  4. Periksa kelonggaran rantai karena rantai kendor bisa berbahaya
  5. Periksa rantai jika terdengar bunyi yang aneh aneh
  6. Gantilah rantai beserta sproket jika memang harus diganti jangan menunggu sampai salah satu gigi sproket patah heheheeheh
  7. Jangan  rantai baru pada sproket lama karena rantai tersebut bisa cepat aus

Chain lube

Nah bagi yang sayang nyawa sendiri bisa ambil tips diatas semoga membantu….(Neo SS)

14 Responses to Rantai Motor = Nyawa Biker

  1. Dismas berkata:

    Males bro kalo musti nyuci rantai sendiri… 😀

  2. yug4 berkata:

    mau tanya bro, chain lube dan oli bekas bagus mana?
    pingin jelasnya. soalnya ada yang bilang kalau pake chain lube bisa bikin rusak rantai.

    trus recommended chain lube yang bagus apa ya?

    makasih

    • Neo Last One berkata:

      Ya jelas bagusan pake chain lube bro karena chain lube dibuat untuk melumasi rantai sedang oli bekas dibuat untuk???? dibuang heheheh lhah oli kan banyak kotoran2 mesin yang bisa ngrusak pen rante.
      bagi pengendara yang hanya jarak dekat penggunaan oli bekas tak kelihatan rusaknya tapi coba perjalan sekitar 200km lebih sebelum berangkat kasih oli bekas dan ukur kekencangan rantainya setelah nyampe tujuan juga ukur lagi dijamin mulur bin luwur rante tuh….

      Coba yang ane pake MTR bukan promosi lho terbukti rantai megi dulu lebih awet 3 kali dari pake oli bekas pake oli dulu bisa ganti 1 tahun sekali pake chain lube bisa 2.5 sampe 3 tahunan ini dengan jam terbang tinggi

      • yug4 berkata:

        sip lah, ternyata bagusan pake chain lube. thanks banget ya bro 🙂
        kalau MTR ada di semua toko ya bro? aq pernah liat chain lube di carrefour tapi lupa namanya, coba cari senin besok chain lube recommended sampean. 🙂

      • Neo Last One berkata:

        Chain lube yang banyak beredar dipaasaran MTR kok bro kalo ada yang murahan tapi jarang, MTR yang tutpnya kuning cz kalo ga salah MTR ada 3 macem chain lube,pelumas anti karat Dll

  3. Dismas berkata:

    Oke deh bro… Next time, beli MTR dah :mrgreen:

  4. Randy berkata:

    Infonya sangat bermanfaat bro.
    Kalau boleh saya tambahkan mengenai pemilihan Chain Lube memang sangat penting, terutama harus pilih chain lube yang O-Ring Safe (tidak merusak O-Ring seal rantai), biasa ditulis dikemasan kaleng atau brosur. Karena sekarang banyak chain lube yang bahannya gak jelas dan keras, yang ada rantai bukannya jadi awet malah cepet aus.
    Kalo mengenai merk chain lube, saya sudah coba banyak merk dari yg murah sampai muahal. MTR saya pernah pakai, daya pelumasan ok tapi dia cepat ilang kalau kena air, juga chain lubenya berbusa jadi agak sulit untuk masuk ke sela rantai yg sempit menuju pin rantai.
    Sekarang saya pakai MAXE chain lube yang menurut saya kualitas paling bagus dan terbaik diantara merk lain, selain itu harganya juga terjangkau. Dan yang paling penting MAXE chain lube itu O-Ring Safe.

  5. andika berkata:

    boz klo gak make tutup rante bahaya gak ?]

  6. mbathang berkata:

    sekedar bagi info ja mas bro…klo bisa bersihinnya jgn pake deterjen…pengalaman pribadi, meskipun udah pake chain lube tetep molor mas brow…katane sich deterjen juga ikut menghilangkan lube(oli ) yg da di sela2 rantai…cos ane jarak jauh juga…waktu berangkat ane kasih chain lube, eh nyampek tujuan udah kemarau lg rantaiku…melar deh jadinya…just info ja mas bro

  7. dany berkata:

    trus biar bersih pake ap?

  8. eril berkata:

    kalo oli baru gmn gan?? katanya lebih bagus di olesin oli baru drpd pake chain lube….krn oli katenye ga bikin rante panas.

Tinggalkan Balasan ke Dismas Batalkan balasan