Pilih Oli sesuai Kebutuhan


Kali ini Nss membahas tentang oli motor 4 stroke karena banyak komentator “apa sih oli yang pas buat motor ini???” Nah pertama tama kita bahas apa kegunaan oli? yah jelas mendinginkan mesin karena proses pembakaran namanya juga proses pembakaran yah jelas panas kan? selain itu oli berperan penting karena untuk mengurangi friction atau gesekan piston dan melumasi komponen komponen lainnya apalagi untuk motor berkompresi tinggi pastinya butuh pelumas yang lebih bagus karena panas yang dihasilkan lebih besar,semakin tinggi kompresi semakin tinggi pula tingkat panas pada motor tersebut nah disini water cooled maupun oil cooled berperan penting juga karena oli tidak akan mampu mendinginkan akan digantikan sistem pendinginan tersebut untuk menjaga stabilitas suhu dalam mesin agar jangan sampai over heat…

Balik ke oli sebaiknya pilih oli sesuai kebutuhan motor karena kebutuhan motor itu berbeda beda didalam mesin tersebut ada yang mempunyai celah celah mesin sempit dan lebih luas jika sempit pilihlah oli yang tingkat keencerannya tinggi dan sebaliknya karena jika mesin yang punya celah sempit dan dikasih oli kental kerja motor tersebut bisa dipastikan akan terganggu, tiap motor pasti sudah direkomendasi oli dari pabrikan nah jika belum puas dengan performance oli tersebut bisa cari oli full syntetic maupun semi syntetic tapi dengan syarat masih menggunakan grade yang kurang lebih sama seperti rekomendasi pabrikan.

Taruhlah oli pabrikan mempunyai standar multi grade SAE 10w-30, angka 10 disini adalah tingkat keencerannya dan 30 adalah angka viscositas dalam 100′ celcius, nah pda kasus tertentu bisa diganti dengan SAE 10w-40 karena disini tingkat kekentalannya sama jadi ya no problem kerja mesin bisa normal.

Nah oli terbagi menjadi tiga macem:

  • Full Syntetic
  • Semi Syntetic
  • Mineral

Oli full sytetic disini adalah oli yang murni buatan bahan kimia tanpa dicampur mineral minyak bumi.

Oli semi syntetic adalah oli mineral yang dicampur bahan kimia beberapa persen.

Oli mineral adalah oli yang dibuat murni menggunakan minyak bumi.

Oli Full syntetic jelas paling bagus perbedaannya adalah viscositas index yang didapat dan paling jelek jelas oli mineral.

Dan yang terakhir pilihlah oli sesuai kantong bro sekalian,jika untuk membeli oli full syntetic terlalu mahal yang biasannya diatas 80rebuan oli semy syntetic udah cukup untuk harian kok jangan sampe bisa beli oli mahal tapi ga makan hehehehe.

Gantilah oli secara teratur dan periodik jangan samapi nunggu oli terasa ga enak besa jebol tu mesin….(Neo SS)

18 Balasan ke Pilih Oli sesuai Kebutuhan

  1. #99 bro mengatakan:

    Inpoh bagus..

  2. Dismas mengatakan:

    bebek bebek jaman sekarang nih pada ga doyan oli kentel… Maunya yg 10W 30 atau 10W 40… Lha ane pakai 20W 50, buset. Tarikan ga narik, lemot bgt…😀

  3. warwer mengatakan:

    bro mau nanya klo Pertamina Enduro cepet nguap ya klo sering buat jalan jauh?? coz pengalaman pake 2 kali,akhirnya mesinnya jebol….

    Nb= pergantian olie setiap bulan,dalm sebulan bisa 2-3 kali Pekalongan-Magelang PP….motor trail Loncin modip supermoto…

    • Neo Last One mengatakan:

      Sebenernya bukan menguap bro melainkan cepet panas,ga dijelaskn enduro yang mna cz enduro ada standar maupun racing dan sebenrnya apapun olinya ga mungkin bisa bikin mesin jebol dengan catatan grade oli sama dengan grade yang direkomended olih pabrikan motor tersebut dan pergantian periodik bukan dari lama melainkan dengan jarak tempuh odometer cz dalam sebulan kadang jerak tempuhnya pendek kadang bisa jauh, oli mineral dan semi syntetic pergantian oli periodik berkala 2000km max 3000km dan full syntetic 4000km keatas(tergantung spec oli masing)

    • yug4 mengatakan:

      kalau saran asaya mending kalau sampean suka pergi” jauh jangan pake pertamina enduro, tapi pake shell.🙂

      kalau pake enduro harus ering” berhenti biar tidak terjadi kasus kayak sampean.

  4. totoy mengatakan:

    thx bro infonya gw sebagai orang awam motor bisa jadi tau.

  5. tanyakenapa mengatakan:

    yang saya tahu, tanpa melihat merk oli, kita lihat spek nya saja, untuk oli dengan standard API, diawali dengan huruf S, misal SF, SG, SH, SJ, SL, SM yang artinya SM lebih bagus dari SL, SL lebih baik dari SH dst.
    kalo untuk standard jepang pakai JASO.

  6. friskantoni mengatakan:

    masih baru nih, baru beli gak sampai satu minggu sudah 1200 lebih karena dibawa touring di kalimantan sini … jalan rada sakit … selama ini make olie standar MPX 1 … bagaimana menurut Mas Bro sekalian … Oli yg bagus apa memang shell dan MPX 1 gak bagus untuk jarak jauh? untuk amannya sekarang saya langsung ganti walau belum nyampe 2000 km dari standar penggantian …

  7. beben mengatakan:

    kalau oil fully synthetic 10W30 or 10w40 untuk motor matic merk apa aja ya..

  8. Rubiyanto mengatakan:

    WaH,standar pabrikan motor pakai 20W50,tapi di cobain oli encer SAE 40(monograde)terlebih lagi murah harganya 20000 tidak jebol di kantong. Baru 2× tarikan enteng 90 kpj,gas belom mentok pol!.tidak ada anjuran gas mentok untuk semua motor viar keluaran terbaru(2013)biar mesin awet,jaya indonesia!****

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: