Meminjam Kendaraan Harusnya Punya Etika


Kemaren sore tepatnya pukul 19.30 NSS dan pacar pergi kekost baru temen NSS sekaligus juga temen pacar niatnya sih mau ketemu karena sudah lama gak ketemu sekalian pengen lihat kos baru yang letaknya sebelah barat per4an terminal giwangan, walaupun kebingungan ternyata ketemu juga tempat kosnya tepat pukul 20.00 setelah ngobrol ngalor ngidul kira kira 10 menit setelah tiba disana suami dari temen NSS dateng dan meminta NSS untuk mengambil uang didaerah Taman Siswa berat rasanya ngelepas dipinjam orang dan orang itu hanya kenal wajah saja dengan NSS, akhirnya NSS pun mau meminjamkan sikebo irenk untuk dibawa pergi suami dari temen NSS dan teman suaminya yang katanya anak Polisi dan kerja dibengkel (aneh memang tapi NSS tak menghiraukan itu).

Kedua orang itu pun pergi dengan membawa sikeo irenk yang bikin dongkol lagi kedua orang itu tidak memakai helm dengan hanya mengenakan kaos,jeans pendek dan sendal STNK pun masih didompet NSS, NSS tidak berpikir entah itu yang bawa polisi atau aparat manapun apalagi ini hanya anaknya POlisi, kedua orang itu memang bodoh apa idiot yah??? padahal masbro tau sendiri arah jalan dari giwangan ke Taman Siswa yang melewato ring road dan bahaya jika tidak menggunakan helm.

Setelah setengah jam berlalu waktu menunjukan pukul 20.40 kedua orang itu kok ga muncul muncul yah NSS mencoba menenangkan diri mungkin macet atau gimana tau sendiri masbro gimana perasaan kalo motor kita dipinjam orang yang kita tidak kenal dan orang itu ternyata pegawe bengkel rasa cemas pasti akan meliputi perasaan kita entah sikebo irenk mau diapain,5 menit kemudian kesabaran NSS sudah habis tepat pukul 20.45 NSS minta ke temen tadi sekaligus istrinya yang pinjam sikebo irenk untuk pulang karena tempat kos pacar NSS butuh waktu setengah jam dari giwangan dan tempat kosnya tutup jam 21.30 dan jam segitu udah Nss udah janjian ketemu teman, sms pun gak dibales NSS mulai curiga ada apa dengan sikebo irenk ditelpon juga nomernya gak aktif.

Singkat kata waktu menunjukan pukul 21.26 kedua orang itupun pulang NSS hanya menahan rasa dongkolnya dengan berpura pura tersenyum karena gak enak setelah itu NSS dan pacar bergegas pulang awalnya agak kaget pas duduk diatas motor tercium bau sangit dan motor panas banget jujur saja perjalanan dari pekalongan jogja pun gak sampai sepanas ini asal penggunaan rpm hanya 6000 sampai 8000 nah sikebo irenk pernah ngeluarin bau seperti ini pas NSS tes dipantura pekalongan RPM NSS geber sampai 10.000 lebih, perjalanan pulang terasa aneh NSS coba berhenti dan rasakan suaranya  dengan teliti ternyata benar saja masbro suara motor keras banget sampe kayak suara mesin diesel😀 pertanda gak mungkin sikebo irenk diajak lari dibawah 80km/j an.

Sampe Kost NSS langsung membuaka hp dan sms kepada teman yang tadi sekaligus istri peminjam sikebo irenk karena hanya punya nomer istrinya sebenarnya NSS ga enak untuk sms tapi gimana lagi kalo barang kita disemena menakan orang lain pasti rasa malu pun ilang apalagi pacar NSSpun sulit masuk kekost karena sudah dikunci,sms dengan isi “motornya td dibawa kebut kebutan yah kok sampe overheat gini yo?” dan suaminya pun jawab “Motor gak ada radiatore kok ya ga bisa oveheat kata temenku juga yang orang bengkel” dalam hati NSS bego juga tu anak lha bahasa inggrisnya dulu dapet berapa lha OVER=terlalu Heat=panas maksud NSS kan panas yang berlebihan, memang kata over heat itu dipake buat kendaraan yang beradiator saja???? kata overheat memang sering diartikan Suhu air radiator yang melebihi batas panas dan mesin kendaraan itu pasti langsung mati karena switch akan langsung mematikan mesin menghindari kerusakan mesin yang disebabkan panas yang berlebihan, lanjut ke cerita NSS pun bales “maksudku panas yg berlebihan ga mungkin motor dibawa nyantai” sudah dipinjami motor eh malah buat geber geberan apa masbro ga dongkol??? diapun bales lagi “apanya yang rusak ntar q ganti lha wong tadi cima lari 80km/j kok” disini gak ada komponen yang diganti lha wong ga ada yang rusak kok tujuannya hanya orang itu bisa sadar pinjem motor malah buat geber geberan nah yang dongkol lagi di bilang cuman lari 80 km/j lha sikebo irenk biasa tak buat lari segitu berhenti juga mesin gak segitu panas dan tidak mengeluarkan bau sangit, NSS pun bales “Q hanya ngomogin ajah gak ada yang rusak emang mau diganti apanya???” tebakan NSS sikebo irenk habis dites di ring road selatan bersama teman temanya maklum saja New Megapro masih jarang mesin yang dikutak katik bikin mekanik bengkel ecek ecek yang ingin mengekplorasikan performance nya dan satu lagi motor ini punya orang lain yang gak kenal jadi kalo digeber geber dijalananpun gak masalah apalagi orang yang punya gak ngelihat.

Semoga bisa menjadi pelajaran bagi si peminjam agar bisa lebih berhati hati dalam meminjam kendaraan orang lain karena jika kenapa kenapa bukan peminjam saja yang kena musibah yang punya juga ikut kena masalah,belum lagi gaya berkendara yang bikin mesin rusak……(Neo SS)

17 Balasan ke Meminjam Kendaraan Harusnya Punya Etika

  1. eliezer mengatakan:

    brooo,ane butuh bantuan nih,ane pengguna new megapro,udah sekitar 7 bln,waktu itu kira2 bulan april motor ane eror bro,dia seperti ngempos kehabisan bensin,digas seperti ngloss,ane cuk baru dia lancar digasnya,tapi masa ane jalan sambil dicuk?
    trus ane langsung bwa ke ahass,eh pas dicek katanya di karbu ada airnya,langsung deh dia kuras tangki,taunya ada airnya,setelah itu motor ane lancar lagi ngacir wus2,hehe
    eh tapi kira2 sebulan ngadat lg bro,ane bwa ke ahass lg,masa ada airnya lg???ane bingung deh air msk dr mana?trus 2 minggu eror lg bro,adh gimana ya bro??mohon bantuannya bro

    • Neo Last One mengatakan:

      Gini bro aer bisa masuk lewat celah karet tutup tangki biasanya kalo sering disteam kalo ga bisa aja aer masuk lewat lubang pernafasan tangki yang terdapat di tutup tangki.
      punya ane kayak gitu juga tapi aer ga masuk ke karbu cuman ngandong ditangki kelihatan aernya didasar tangki, saran ane mah kuras tangki aja cz kalo aer sudah masuk ke karbu biasanya kandungan aer dalam tangki udah banyak tuh

  2. totoy mengatakan:

    Waduh mas bro motornya buat uji coba toh…. emangnya motor new megapro maksimal di geber sampe berapa KM/Jam. Maklum masih suka ngebut kalau belum fuul gas lom puas rasanya heheheh.

  3. ipanase mengatakan:

    sialan,,nggak punya adab !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! rusak baru dikembalikan,,kalo nggak minjemin gimana gitu,,tapi kalu dipinjemin jadinya kayak gitu,,semoga dibalas oleh yang maha kuasa,,Amien,,sabar y bro

  4. triclaksono mengatakan:

    mending di bilang pelit daripada ngalamin seperti juragan warung…🙂

  5. Moligh mengatakan:

    Keterlaluan itu namanya masbro…
    Mesin jd cepet panas biasanya sering digeber dirpm tinggi pd gigi rendah.

  6. eliezer mengatakan:

    bro thanks sarannya,temen2 ane yg orang begkel juga nyaranin gt,ane kuras tangki deh,cuma ane bingungnya aernya knpa bisa masuk terus ya?padahal skg selalu ane tutupin pake jas ujan kalo diparkir dluar,trus kalo cuci bagian tangki ane ga semprot,cuma elap doank,hehe
    bro pemikiran ane aja nih,mungkin ga kalo pas tangkinya ga full terisi kan ada udara tuh,trus karena suhu dingin diajd ngembun?soalnya ane sering plg male bro,mungkin ga ya?hehe
    skali lg thanks

  7. eliezer mengatakan:

    oke bro thanks nih atas bantuannya..hehe
    semoga blog ente tambah rame dikunjungi..:)

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: