Ini Nih Biang Kerok Tangki Megapro Series Karatan


Banyak yang nanya kewarung yang sebagian besar seperti gini ” bro karbu megaproku kok ada aernya yah udah di kuras beberapa bulan aer kok nongol lagi???” LHo kok ada air dateng dari mana tuh kok bisa masuk kesaluran bahan bakar jangan jangan pernah ada yang pernah magic mindahin air kedalam tangki???? hohohhoo jangan paranoid dulu masbro kejadian ini lumrah terjadi pada motor sport khususnya Megapro series dan tigy series  konon tutup tangki yang menjadi biang keroknya karena model tutup tangki yang rawan kemasukan air apalagi dengan saluran pernapasan tangki yang terdapat pada tutup tangki bagian bawah dan letaknya bagian depan ini jelas rawan banget jikalau motor diguyur hujan apalagi ditambah umur motor yag sudah agak lama biasanya karet tutup tangki sudah tak rapat lagi.

Nah jika lama kelamaan air yang ada didalam tangki didiamkan maka karatlah yang akan mengerogoti seisi dinding dalam tangki terutama didasar tangki karena masa jenis air lebih berat ketimbang bensin, jika air sudah masuk karbu dapat dipastikan air yang didalam tangki sudah lumayan banyak karena letak kran bensin pasti lebih tinggi dari dasar tangki yang terletak didepan selain itu pasti motor gak berjalan normal karena brebet gejala ada air dikarbu.

Memang butuh perawatan ektra lebih untuk memelihara tangki motor sport dengan cara rutin kuras tangki antara 3 bulan sampai 6 bulan tergantung cuaca jika sering keujanan bisa kuras 3 bulan sekali apalagi buat rider yang termasuk golongan ningkrat yang sering nyuci ditempat cucian motor karena air bisa masuk ke tangki lewat lubang pernapasan tangki atau masuk kesela sela karet tutup tangki karena air bertekanan tinggi akan masuk lewat sela sela tersebut dan pertimbangkanlah untuk mengisi bensin di SPBU pada siang hari karena siang hari biasanya ada truk tangki yang lagi ngetem dan ngisi tangki pompa bensin karena kotoran tangki yang ada didasar SPBU tersebut biasanya lagi muter muter dan disedot pompa bensin dan masuk ke tangki motor.

Kuras sendiri atau bengkel mana aja bisa asalkan ngurasnya bersih sampe kedasar tangki karena air yang ada dibawah biasanya susah untuk dikeluarin kalo di AHASS biasanya dengan teknik disedot jadi bisa kesedot sampai titik air terakhir tapi ga semua AHASS punya teknik gini lho masbro biasanya pake manual kurasnya karena itu tertentu aja….(Neo SS)

31 Responses to Ini Nih Biang Kerok Tangki Megapro Series Karatan

  1. sandy berkata:

    waktu beli nmp saya langsung tutup sisi dekat lubang tangki dengan karet dengan bentuk melingkar,trus saya tempelkan dengan lem castol,pada awal saat menutup tangki agak keras di tekannya tapi lama lama karet nya biasa menyesuaikan diri dan tidak lagi di tekan keras2 tutup tangkinya,dan saya udah uji tes dengan NMP kesayanganku,dengan cara menyemprotkan air dengan deras tepat ke bagian tutup tangki dan sisi tutup tangki seperti gambar di atas yang ada tanda panah merah,stelah saya buka tutup tangki dan saya liat tidak ada sedikit pun air yang melewati karet tersebut,sudah 4 bulan ini saya kemana mana dengan nmp kesayanganku,dan tidak ada masalah sama sekali apa lagi sampai mrebet2 terus mati,mau hujan ,mau panas bahkan hujan deras sekali pun nmp ku tetap melaju dengan enaknya,semua itu tegantung karetnya kalau punya saya itu tepatnya bisa di bilang busa tapi keras,busa itu saya dapatkan di gudang rumah ku bekas tempat kotak modem speed up 6500u.,di dlm kotak ada busa bekas tempat kabel modem bentuknya melingkar,jadi saya ga perlu repot2 bikin lingkaran tinggal di potong terus di sambung pakai lem,langsung di uji dan berhasil,s’moga bermanfaat bagi pengendara NMP lainnya

  2. lekdjie berkata:

    woo..gitu to..

  3. kurniaprorider berkata:

    dalam tangki dilapis resin fiberglas,dijamin antibocor.

    • Ryho berkata:

      masa sih bro ? dapet info – nya dari mana ya bro ? minta link – nya dunk bro, biar smua yang baca disini lebih percaya lagi.
      thanks sbelumnya.

  4. Dismas berkata:

    Perlu tank protector tu… 😀

  5. ipanase berkata:

    meggi ane kuras sendiri 3 bulan sekali

  6. blognyamitra berkata:

    Kalo gak sempet nguras tangki ada aditif “water remover” fungsinya buat ngilangin air yang ada dalam tangki.

    • Ryho berkata:

      aditif water remover ini belinya dimana ya ? trus aman ga pemakaiannya ? ada efek sampingnya ga kira2x buat tangki ? mohon dibantu pencerahannya dunk, soalnya ane baru tau klo ada yang kaya bgini….

  7. jakatimur berkata:

    Pengalaman pake megapro 2003, tutup tangki sama, tangki beda. sama sekali gak pernah bocor ataupun perlu menambal tangki.

  8. mike berkata:

    lho… bukannya air di tangki asalnya dari pengembunan karena ada perbedaan suhu diluar/cuaca ?

    • Neo Last One berkata:

      Memang tapi masalahnya bukan dari segi cuaca saja bentuk tutup GL series itu juga bisa memungkinkan air masuk dari lubang pernapasan atau karet tutup tangki karena bentuknya yang menonjol jika disemprot pake air bertekanan tinggi dipastikan air bisa masuk walupun sedikit lama lama ya banyak

    • Giant berkata:

      setuju mas bro. dulu saya pikir juga air masuk dari tutup tangki, tapi setelah saya lakukan percobaan ternyta air sama sekali tidak masuk dari tutp tangki. jadi kesimpulan saya air berasal dari udara tangki yg mengembun manakala pagi hari. parahnya ketika sudah menjadi air maka air tsb akan terperangkap didasar tangki (tidak bisa menguap) karena diatasnya adalah bensin disamping itu juga tidak bisa lgs keluar lewat saluran bensin (saluran bensin diseting lebih tinggi utk menghindari air dan kotoran masuk karbu) padahal tahu sendiri, air musuh utama logam..mau dicoating seperti apa juga klo ketemu air tinggal soal waktu.

  9. kholiq zain berkata:

    perawatan yang paling aman adalah dengan cara menutup lubang kunci yang ada pada tutup tangki.

  10. otnamsi eira berkata:

    waduh ane baru pake NMP 4 bulan keujanan malah masuk air, gk ujan aja tetep ada aernya berebet gtu gan, katanya embun dari bensin.. sampe capek ndri ane…

  11. aidil berkata:

    apa yg mesti d lakuin spaya air g sllu masuk k tangki??
    apa ada alat spya bz ngecegahnya??

  12. yudi berkata:

    dah yang gampang tutupin plastik ja tangkinya

  13. zirow berkata:

    hasil survey pribadi ternyata dari kualitas bahan bakar dan juga klo sering full tank kotoran ditangki lebih sedikit waktu dikuras..

  14. marco berkata:

    yang pasti bahan material tangki mega pro series ke 2 emang jelek. sampe pusing juga ane ngatasin masalah tangki bocor.
    mau ganti motor, ane masih suka, gak ganti motor bikin galau.
    sepertinya harus rajin ganti tangki setiap 3-4 tahun gan.

  15. sudiyana petir berkata:

    Baru tadi pagi jam 8 aku dikerjain MP 2010 ku, bensin rembes dari tangki, trs aku ke bengkel begitu di buka sangat amazing …….. ( sedih) tangki bensin keropos ternyata …. dari ujung ke ujung . Ya terpaksa tambal panci ( 75000 )> Dalam pikiran saya mau beli yang baru tapi setelah lihat sendiri tebal tangki sangat tipis gue bilang , aku berubah pikiran. Dan dari tukang tambal panci kasih aku info tentang modif tangki di daerah Sasak deket RS Sari Asih , aku langsung samperin tu bengkel. Memang hebat tu bengkel kita bisa pesen tangki modif dengan tebal bervariasi sampai 2 ml .. great …. Aku dah liat yang dah jadi sangat memuaskan gan. Aku langsung pesen .. Perlu biker ketahui , pesan makan waktu 2-3 minggu tu barang baru bisa pakai. … harga sesuai kualitas barang

    • Atmojo Widi berkata:

      Lokasi dmana brooo bengkel Las nya? posisi lengkap?

    • gio mardiansyah berkata:

      Mz bro SasaK Pamulang Ya,,posisi bngkel klu dri ciputat stlah sari asih or sblmnya..!Ane prnah liat da bengkl yg dkat pacuan kuda,,pa tuh bngkelnya bro…?

      • Rudy Setiyana berkata:

        boleh juga nih di jabanin.. tangki ane pernah jebol nih.. karena dulu pake RX K@!# biasa 1 tahun sekali kuras.. nah pake NMP harus 4 bulanan ya… terakir ane lupa di kuras sampe 1.5 tahun.. eh keropos juga… sampe akhirnya ketemu cara nguras yang bener.. 🙂

  16. Rudy Setiyana berkata:

    begini nih cara saya kuras tangki (walaupun repot)
    1. copot tangki dari bodi
    2. buka tutup fuel meter yg ada di bawah/di balik tangki
    3. posisikan tangki berdiri dengan posis lubang baut ikat ke bodi di bawah/lantai
    4. pakai selang aquarium untuk sedot tangki
    5. isi bensin lagi (sedikit) lalu sedot lagi

    saya coba cara begini sampe kotorannya ikut semua… report sih tapi tok cerrr…. (Rudy)

  17. anggun. g berkata:

    Kira2 nyedot bensinya manual or pke vakum bro

  18. anggun. g berkata:

    Mau tnya neh yg udh lm pny nmp
    Ane bru puny nwp bru sktr 2bln, ssdh servis gratis brkla mtr ky krg brtenaga tarikan jg krg respon kr2 knp ya bro2 sklian

  19. Jeritan Konsumen bH berkata:

    Ud Beli masih aj Ribet! Mending Rawat Kucing menghasilkan Uang ap lg kucing Mahal. Ibarat kata demikian, byk yg ngeluh tapi tetep aj yg pny “Nama Dagang” Micek! Sipunya Nama Kudu Belajar dr Tetangga cara buat Produk yg berkualitas, dan bermutu, Buat ap cm Jual teknologi dan Nama jk Kualitasnya aburadul. Nasib pengguna Merek bH, tapi gpp konsumenya pinter2 lebih pinter drpd Teknisi dan Mekanik resmi Dealer sibH ,lebih jago ngakal. Krn lg malas Tambal sulam , skrg lg Prihatin #puasa Batin, buat Nebus Tangki Megaprex’12 monoshock. Yg stlh ini mau aq tutup Permanen tu tangki #Las Dhodok, jd klu mo ngisi Bensin cari SPBU yg menggunakan Jasa Santet. “Mo Ngisi Bensin Mbak, ok Pak.
    Baca mantra : Pi..jompa jampi, cring#masuk deh Bensin k tangki” hahahahahahahahahahahhaahahahaha (∩_’∩)

Tinggalkan Balasan ke otnamsi eira Batalkan balasan