Kocok Rem Cakram Depan? Nggak Usah Buka Tutup Nipel


Ada kalanya proses pergantian Fluida atau mengganti minyak rem akan membuat udara masuk ke dalam master,selang dan kaliper bersamaan saat fluida dibuang ini diakibatkan karena proses alami karena master bekerja dengan dorongan atau pompa nah proses seperti pasti ada hubungannya dengan udara.

Nah langsung ke judul saja, untuk mengatasi udara yang masuk dalam komponen mau tidak mau kita harus memompa/mengocok handel rem berulang kali disertai dengan buka tutup nipel agar udara bisa keluar karena tertekan cairan fluida terus menerus.

Percaya gak percaya masbro bahwa ada cara yang lebih gampang lagi ketimbang buka tutup nipel membuat tangan kita ekstra kerja keras dua duanya tangan kiri memompa tangan kanan buka tutup nipel, nah caranya sebagai berikut.

  1. Reservoir biarkan dalam keadaan terbuka.
  2. Tutup nipel biarkan ketutup.
  3. Pompa handel terus menerus sampai ada gelembung2 udara keluar dari bawah.
  4. Jika gelembung gelembung sudah muncul dari bawah sudah dipastikan cairan fluidapun akan berkurang dengan sendirinya.
  5. Tambahkan cairan fluida jika dibatas lower ingat masbro lakukanlah pompa handel berulang kali sampa handel terasa keras.
  6. Jika handel sudah terasa keras lihatlah masih ada tidak gelembung udara yang keluar dari bawah jika masih teruslah memompa.
  7. Bila gelembung sudah gak keluar lagi disertai handel yang keras berarti prosesnya sudah selesai.

Gelembung udara keluar dari dalam master (bawah reservoir)

Cara ini berhasil dilakukan jika selang dalam keadaan vertikal (misal rem depan) jikalau dicoba di selang keadaan horisontal (rem belakang/cakram) NSS rasa akan sia sia saja, ini disebabkan massa udara yang lebih ringan ketimbang cairan jadi akan memaksa udara keluar keatas nah untuk selang rem belakang berbentuk vertikal akan susah sekali karena jalur selang berbentuk lurus kesamping yang akan membuat udara hanya nyangkut diatas bagian selang, untuk rem cakram belakang lakukanlah buka tutup nipel seperti biasa. Semoga berguna….

Iklan

36 Responses to Kocok Rem Cakram Depan? Nggak Usah Buka Tutup Nipel

  1. Wiro Sableng berkata:

    Artikel bagus, layak dicoba.
    Tp bingung euy…
    Horisontal khan mendatar, sedangkan vertikal khan keatas_bawah…?? Jadi… Bukannya selang rem depan itu vertikal yah…?? Apa saya_nya yg salah mengerti…??

  2. yoshi berkata:

    patut dicoba nih . . .

  3. wildan berkata:

    suwun mas bro

  4. Ekow berkata:

    Punyaku mlah d pompa g mau keras.artinya g bs ngerem.gmna bro?thanx jawabanya

  5. Ekow berkata:

    Ngecek d apanya bos.klo seal pompa ada yg sobek,pngaruh g y?

  6. leoshn berkata:

    thanx infonya mas bro.. saya udh coba abis ganti selang rem depan ktc.. sukses cuma buka tutup reservoir tanpa buka nepel sama sekali.. kocok-mengocok ga nyampe sejam langsung pakem.. salam knal.bro 🙂

  7. lesbo berkata:

    ilmu yg bermanfaat

  8. soleh harun berkata:

    g cuma gelembung bro, tp malah loncatan oil nya, tp kok kampasnya g nggigit yah,

  9. pulsamini berkata:

    terima kasih. berhasil

  10. iman berkata:

    mas saya kocok cakram ngeplos mulu gak turun turun minyaknya . tadinya sy.. buka bagian bawahnya..

  11. Angga berkata:

    Thanksss mas…
    Sangat berguna bgt..

  12. kaloonk berkata:

    mantap Info nya Mas Bro. ijin Copas.

  13. Hilaludin Ahmad berkata:

    tapi akan lebih cepat prosesnya bila bleeding pake ngendorin niplenya….ada yg lbh mudah knp malah pke yg susah..

  14. dede berkata:

    klo untuk penggantian sil master rem atas dan bwahya gimana? Mohon penjelasya? Trimaksih

  15. Exo berkata:

    bozz saya mau tanya,cakram saya sudah saya kocok tp tetep gk mau keras meski oli a udah muncrat kenceng gimana solusinya?tp bru ganti postep underbone new vixion

  16. Rizkylendes berkata:

    thanks bro atas infonya….

  17. uliel berkata:

    Punten masbro… Mau nanya.. Gini kn kmren ane ganti selang rem depan… Lha kn sma bengkelnya udah yg ky masbro jelasin.. Tp kok rasannya beda sma pas pake yg ori… Dulu di tarik handelny baru sdikit udah ngerem.. Sekarng handelnya mesti ditarik lebih dlam lgi… Emm.. Mnurut masbro biar kyak dulu lagi musti digimanain ya ? Mf maklum baru bljar… Tlong dismskn ke ko ane y mas… 087737055595… Mhon bntuannya cz gk nymn klo remnya ky gini… Thanks…

  18. rahmat berkata:

    tku info nya mas bro…patut di coba nih…

  19. rohman berkata:

    artikel nya pas buat yang nipel nya patah,,
    coba aaahhh
    cakep

  20. andika berkata:

    Kok lama banget ya?
    Ga keluar2 angin nya?

  21. brow tanya ni,gw bingung tadinya ane coba2 buka nipel yg bawaqh tu yg ada tutup karetnyadah keluar tu minyak remnya terus saya pasang lagi mur nya eh skrg g pakem alias g bisa rem

  22. razmapat berkata:

    gan kok gw udah ngeluarin angin ny.. emang sih udah bagus dan rem ny pakem, tp klw udah 3 jam eh rem ny malah ngelos alias blong lg..
    ini solusi ny gimna gan? 😦

  23. kazman berkata:

    Nepel ku rusak …
    Mw tez ….
    Mungkin zya kocok ampe sejam … gak mw ngeras
    apa harus kocok teruzz …?
    Mohon di bantu boz

  24. Reza berkata:

    Bantu jawab ya, pengalaman saya kl ganti minyak rem susah2 gampang dan harus sabar kl menemui masalah minyak tdk mau turun atau di kocok msh ngelos, caranya 1. pastikan nepel nya msh bagus dan tdk ada kotoran yg menyumbat baik di lobang atas maupun di bawah yg kecil, bersihkan dl atau ganti nepel baru 2. Kl nepel msh bagus dan bersih tp masih ngempos, buka nepel sampai copot dr kalipernya, kocok2 terus sampai minyak rem banyak keluar dan pastikan reservoir terus diisi jgn sampai kosong, tahan handel rem dan pasang kembali nepel nya sampai kencang, lepas handel dan kocok2 lagi sampai keras, kalau sdh keras baru buang gelembung dengan mengendurkan kembali nepelnya, buang gelembung sampai hbs dan,ini kuncinya TAHAN HANDEL SEWAKTU MENGENCANGKAN NEPEL,
    semoga membantu.

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: