Ada kalanya proses pergantian Fluida atau mengganti minyak rem akan membuat udara masuk ke dalam master,selang dan kaliper bersamaan saat fluida dibuang ini diakibatkan karena proses alami karena master bekerja dengan dorongan atau pompa nah proses seperti pasti ada hubungannya dengan udara.
Nah langsung ke judul saja, untuk mengatasi udara yang masuk dalam komponen mau tidak mau kita harus memompa/mengocok handel rem berulang kali disertai dengan buka tutup nipel agar udara bisa keluar karena tertekan cairan fluida terus menerus.
Percaya gak percaya masbro bahwa ada cara yang lebih gampang lagi ketimbang buka tutup nipel membuat tangan kita ekstra kerja keras dua duanya tangan kiri memompa tangan kanan buka tutup nipel, nah caranya sebagai berikut.
- Reservoir biarkan dalam keadaan terbuka.
- Tutup nipel biarkan ketutup.
- Pompa handel terus menerus sampai ada gelembung2 udara keluar dari bawah.
- Jika gelembung gelembung sudah muncul dari bawah sudah dipastikan cairan fluidapun akan berkurang dengan sendirinya.
- Tambahkan cairan fluida jika dibatas lower ingat masbro lakukanlah pompa handel berulang kali sampa handel terasa keras.
- Jika handel sudah terasa keras lihatlah masih ada tidak gelembung udara yang keluar dari bawah jika masih teruslah memompa.
- Bila gelembung sudah gak keluar lagi disertai handel yang keras berarti prosesnya sudah selesai.
Cara ini berhasil dilakukan jika selang dalam keadaan vertikal (misal rem depan) jikalau dicoba di selang keadaan horisontal (rem belakang/cakram) NSS rasa akan sia sia saja, ini disebabkan massa udara yang lebih ringan ketimbang cairan jadi akan memaksa udara keluar keatas nah untuk selang rem belakang berbentuk vertikal akan susah sekali karena jalur selang berbentuk lurus kesamping yang akan membuat udara hanya nyangkut diatas bagian selang, untuk rem cakram belakang lakukanlah buka tutup nipel seperti biasa. Semoga berguna….
sip deh,,,,,…
Artikel bagus, layak dicoba.
Tp bingung euy…
Horisontal khan mendatar, sedangkan vertikal khan keatas_bawah…?? Jadi… Bukannya selang rem depan itu vertikal yah…?? Apa saya_nya yg salah mengerti…??
Ups… saya yang salah ngertiin bro sory
thx udah ngingetin
Salah sikit, no what2, penting saya tau maksudnya, thanx nais inpoh sangat berguna gan, lam knak masbro:-))
tulul.. baca baik2 artikelnya
patut dicoba nih . . .
suwun mas bro
sm2 masbro
Punyaku mlah d pompa g mau keras.artinya g bs ngerem.gmna bro?thanx jawabanya
Mungkin ada selang yang bocor atau cek aja master sama kalipernya
Ngecek d apanya bos.klo seal pompa ada yg sobek,pngaruh g y?
Kalo seal sobek dijamin dipompa setahun ya gak bakal keras2
Hahaha ,sampai pipis darah ga bisa mas bro
thanx infonya mas bro.. saya udh coba abis ganti selang rem depan ktc.. sukses cuma buka tutup reservoir tanpa buka nepel sama sekali.. kocok-mengocok ga nyampe sejam langsung pakem.. salam knal.bro 🙂
sama sama mas
ilmu yg bermanfaat
g cuma gelembung bro, tp malah loncatan oil nya, tp kok kampasnya g nggigit yah,
terima kasih. berhasil
mas saya kocok cakram ngeplos mulu gak turun turun minyaknya . tadinya sy.. buka bagian bawahnya..
Thanksss mas…
Sangat berguna bgt..
mantap Info nya Mas Bro. ijin Copas.
tapi akan lebih cepat prosesnya bila bleeding pake ngendorin niplenya….ada yg lbh mudah knp malah pke yg susah..
klo untuk penggantian sil master rem atas dan bwahya gimana? Mohon penjelasya? Trimaksih
bozz saya mau tanya,cakram saya sudah saya kocok tp tetep gk mau keras meski oli a udah muncrat kenceng gimana solusinya?tp bru ganti postep underbone new vixion
thanks bro atas infonya….
Punten masbro… Mau nanya.. Gini kn kmren ane ganti selang rem depan… Lha kn sma bengkelnya udah yg ky masbro jelasin.. Tp kok rasannya beda sma pas pake yg ori… Dulu di tarik handelny baru sdikit udah ngerem.. Sekarng handelnya mesti ditarik lebih dlam lgi… Emm.. Mnurut masbro biar kyak dulu lagi musti digimanain ya ? Mf maklum baru bljar… Tlong dismskn ke ko ane y mas… 087737055595… Mhon bntuannya cz gk nymn klo remnya ky gini… Thanks…
tku info nya mas bro…patut di coba nih…
artikel nya pas buat yang nipel nya patah,,
coba aaahhh
cakep
Kok lama banget ya?
Ga keluar2 angin nya?
brow tanya ni,gw bingung tadinya ane coba2 buka nipel yg bawaqh tu yg ada tutup karetnyadah keluar tu minyak remnya terus saya pasang lagi mur nya eh skrg g pakem alias g bisa rem
gan kok gw udah ngeluarin angin ny.. emang sih udah bagus dan rem ny pakem, tp klw udah 3 jam eh rem ny malah ngelos alias blong lg..
ini solusi ny gimna gan? 😦
Nepel ku rusak …
Mw tez ….
Mungkin zya kocok ampe sejam … gak mw ngeras
apa harus kocok teruzz …?
Mohon di bantu boz
Wah klo aku nepel nya patah, handle jd ngeloss gmn ya solusi nya?
Kasus kita sama bro
Aku sudah ikut kaya di atas malah ngak keras”
Ada saran ato usul bro?
Sama bro ngak mau keras” handel rem nya malahan piston di kaliper nya aja yang nain.
Ada saran ato usul bro?
Bantu jawab ya, pengalaman saya kl ganti minyak rem susah2 gampang dan harus sabar kl menemui masalah minyak tdk mau turun atau di kocok msh ngelos, caranya 1. pastikan nepel nya msh bagus dan tdk ada kotoran yg menyumbat baik di lobang atas maupun di bawah yg kecil, bersihkan dl atau ganti nepel baru 2. Kl nepel msh bagus dan bersih tp masih ngempos, buka nepel sampai copot dr kalipernya, kocok2 terus sampai minyak rem banyak keluar dan pastikan reservoir terus diisi jgn sampai kosong, tahan handel rem dan pasang kembali nepel nya sampai kencang, lepas handel dan kocok2 lagi sampai keras, kalau sdh keras baru buang gelembung dengan mengendurkan kembali nepelnya, buang gelembung sampai hbs dan,ini kuncinya TAHAN HANDEL SEWAKTU MENGENCANGKAN NEPEL,
semoga membantu.
Om mau tanya plat kecil di dlm rumah minyak rem depan yang untuk keluar gelembung udara apa nama nya ya punya saya hilang mau beli gak tau nama nya?
Om mau tanya plat kecil yang di dlm rumah minyak rem depan penutup lubang untuk keluar nya gelembung udara yang dimaster rem apa namanya ya om punya saya hilang mau beli gak tau nama nya?