Bagi masbro penunggang NMP yang penasaran seberapa akurat speedometer NMP disandingkan dengan GPS nih NSS beberin 😀
Apa itu GPS?? NSS rasa udah pada tau semua kegunaan alat itu karene tanpa kita sadari smartphone sekarang mewajibkan pirantinya dijejali GPS receiver untuk menerima data informasi dari satelit.
Tanpa basa basi berbekal GPS external Holux M1200E Dengan handset Nokia 5233 dan untuk urusan software NSS mengandalkan software Garmin mobile XT buatan garmin yang memang dikhususkan untuk smartphone untuk menampilkan output dari GPS receivernya tersebut, berikut screen capturenya….
Oh ya bagi yang belum tahu software garmin tersebut bukan hanya menampilkan odo,trip maupun speedometer saja tapi juga bisa menampilkan peta digital,route yang akan kita lalui. ok kita tidak akan bahas itu lebih jauh langsung saja ke hasil tes berikut
Karena kecepatan masih di 40km/h NSS ambil screen capture secara manual dan hasilnya hanya terpaut 2,5 km/h, lumayan mendekatilah.
Gambar diatas NSS ambil screen capture dari max speednya bukan dari speedo gpsnya, jadi itu hasil rekaman max speed saat NSS geber NMP sampai 77km/h, lumayan terpautnya 5,1 km/h.
Sama seperti gambar atasnya diambil dari screen capture max speed saat motor digeber sampai 90 km/h selisihnya 5,6 km/h jadi kita bisa ambil kesimpulan bahwa speedometer NMP mendekati keakuratan GPS. Nah untuk antikel ini NSS batasi speednya sampai 90 km/h untuk bagian ke 2 NSS masih bercerita tentang komparasi speedometer NMP vs GPS bedanya NSS akan membetot gas samapi pol dan seberapa top speed NMP versi GPSnya maklum masbro harus cari waktu yang tepat nunggu jalan kosong dan kering berhubung sekarang masih gencar gencarnya hujan jadi NSS ngeri kalo harus plintir gas sampai mentok…semoga berguna masbro
Asssoy….
Mantap mas bro. Klo mau melintir gas sampe mentok di jln baru karawang kosong mas bro. Pernah tak coba melintir gas sampe pooool ada boncengan nyampe 120km/jam stelan motor standar.
Kejauhan bro 😀
Sama gan nmp ane jg mentok 120km/jam, tp kayaknya rpm masih naik terus cm lambat.
gan mau tanya kalo aki NMP diganti watt yang lebih tinggi rekomendasinya berapa gan? Soalnya mau pasang Hid gan,hehe
thx b4
Wah mending pake standar ajah bro kayaknya masalah watt sudah diseting sama pabrikan untuk semua komponennya jadi kalo ditambahin takutnya malah spek aki sama kelistrikan beda pula hasilnya pun belum tentu signifikan, memang si pemakaian HID sering bikin aki tekor tapi ada beberapa merk HID yang menjamin aki gak tekor itu sebagai alternatif
wow,,,lumayan pass, khas spedo digital
http://pertamax7.wordpress.com/2011/12/22/suasana-ujian-praktek-instalasi-listrik-dikampus-ane/
untuk speedometer gan, ada ga speedometer variasi buat new megapro?
Ada bro merk koso bagus2 tuh
gimana caranya biar NMP ane bisa ngasepin vixion ya?? pusing gw 5x kalah terus… 😦 pdhl nmp gw dah mentok 120 km/j.
Susah bro teknologinya udah beda vixi pake klep 4 dan pendingin udara sedang NMP????
kalo mau head to head kan lebih ke Byson bro
iy bro. mnding bro head 2 head ma byson,, dijamin dr start awal ampe pinis,,, bro bkln menang telak
kalo ma yamaha pikcen y ane ga tau, tp tetangga ane punya nmp katane prnh blpn ma pikcen, pikcen kalah tuhhhh
kalo menurut ane pikcen tu cm aksel yg mantap, tp top spid kalah ma nmp,
maaf ane pngguna new cbr150repsol,,, kalo mau ayo balaan ma ane 😛
Motor ane spek..Bbm pertamax,koil yz,busi iridium,cdi standar,ban 300/275 17 dpn blkg,gir 13/40 karbu standar cuma stel angin,berat badan ane 55kg top speed 133.km..motor tetap irit dan ngacir.try…
Cara stel angin putar skrup angin dan tutup.,kemudian putar skrup Rpm di angka 3000. dan selanjutnya putar buka pelan2 stelan angin sampai RPM nya naik sendiri karena campuran udara dan premium akan balance maximal Rpm naik baru stop.selanjutnya turunkan stelan RPM di angka 1400. dan coba rasakan respon mesin dan siap untuk gas2…….hati2 bro.