Komparasi Speedometer NMP VS GPS Holux M1200E & Software Garmin XT — Part 1


Bagi masbro penunggang NMP yang penasaran seberapa akurat speedometer NMP disandingkan dengan GPS nih NSS beberin 😀

Apa itu GPS?? NSS rasa udah pada tau semua kegunaan alat itu karene tanpa kita sadari smartphone sekarang mewajibkan pirantinya dijejali GPS receiver untuk menerima data informasi dari satelit.

Garmin mobile XT

Tanpa basa basi berbekal GPS external Holux M1200E Dengan handset Nokia 5233 dan untuk urusan software NSS mengandalkan software Garmin mobile XT buatan garmin yang memang dikhususkan untuk smartphone untuk menampilkan output dari GPS receivernya tersebut, berikut screen capturenya….

Sebelum test NSS reset semua informasi yang sudah ada

Oh ya bagi yang belum tahu software garmin tersebut bukan hanya menampilkan odo,trip maupun speedometer saja tapi juga bisa menampilkan peta digital,route yang akan kita lalui. ok kita tidak akan bahas itu lebih jauh langsung saja ke hasil tes berikut

Speedo NMP menunjukan 40 km/h

Karena kecepatan masih di 40km/h NSS ambil screen capture secara manual dan hasilnya hanya terpaut 2,5 km/h, lumayan mendekatilah.

Speedo NMP menunjukan 77km/h (lihat max speed)

Gambar diatas NSS ambil screen capture dari max speednya bukan dari speedo gpsnya, jadi itu hasil rekaman max speed saat NSS geber NMP sampai 77km/h, lumayan terpautnya 5,1 km/h.

Speedo NMP menunjukan 90 km/h

Sama seperti gambar atasnya diambil dari screen capture max speed saat motor digeber sampai 90 km/h selisihnya 5,6 km/h jadi kita bisa ambil kesimpulan bahwa speedometer NMP mendekati keakuratan GPS. Nah untuk antikel ini NSS batasi speednya sampai 90 km/h untuk bagian ke 2 NSS masih bercerita tentang komparasi speedometer NMP vs GPS bedanya NSS akan membetot gas samapi pol dan seberapa top speed NMP versi GPSnya maklum masbro harus cari waktu yang tepat nunggu jalan kosong dan kering berhubung sekarang masih gencar gencarnya hujan jadi NSS ngeri kalo harus plintir gas sampai mentok…semoga berguna masbro

14 Responses to Komparasi Speedometer NMP VS GPS Holux M1200E & Software Garmin XT — Part 1

  1. Tuwek_Icik... Icik... Ehem..... berkata:

    Asssoy….

  2. totoy berkata:

    Mantap mas bro. Klo mau melintir gas sampe mentok di jln baru karawang kosong mas bro. Pernah tak coba melintir gas sampe pooool ada boncengan nyampe 120km/jam stelan motor standar.

  3. Nada berkata:

    Sama gan nmp ane jg mentok 120km/jam, tp kayaknya rpm masih naik terus cm lambat.

  4. Koecloek berkata:

    gan mau tanya kalo aki NMP diganti watt yang lebih tinggi rekomendasinya berapa gan? Soalnya mau pasang Hid gan,hehe
    thx b4

    • Neo Last One berkata:

      Wah mending pake standar ajah bro kayaknya masalah watt sudah diseting sama pabrikan untuk semua komponennya jadi kalo ditambahin takutnya malah spek aki sama kelistrikan beda pula hasilnya pun belum tentu signifikan, memang si pemakaian HID sering bikin aki tekor tapi ada beberapa merk HID yang menjamin aki gak tekor itu sebagai alternatif

  5. trezna berkata:

    untuk speedometer gan, ada ga speedometer variasi buat new megapro?

  6. endra berkata:

    gimana caranya biar NMP ane bisa ngasepin vixion ya?? pusing gw 5x kalah terus… 😦 pdhl nmp gw dah mentok 120 km/j.

  7. yesung berkata:

    iy bro. mnding bro head 2 head ma byson,, dijamin dr start awal ampe pinis,,, bro bkln menang telak
    kalo ma yamaha pikcen y ane ga tau, tp tetangga ane punya nmp katane prnh blpn ma pikcen, pikcen kalah tuhhhh
    kalo menurut ane pikcen tu cm aksel yg mantap, tp top spid kalah ma nmp,

    maaf ane pngguna new cbr150repsol,,, kalo mau ayo balaan ma ane 😛

  8. ibrahim berkata:

    Motor ane spek..Bbm pertamax,koil yz,busi iridium,cdi standar,ban 300/275 17 dpn blkg,gir 13/40 karbu standar cuma stel angin,berat badan ane 55kg top speed 133.km..motor tetap irit dan ngacir.try…

  9. ibrahim berkata:

    Cara stel angin putar skrup angin dan tutup.,kemudian putar skrup Rpm di angka 3000. dan selanjutnya putar buka pelan2 stelan angin sampai RPM nya naik sendiri karena campuran udara dan premium akan balance maximal Rpm naik baru stop.selanjutnya turunkan stelan RPM di angka 1400. dan coba rasakan respon mesin dan siap untuk gas2…….hati2 bro.

Monggoh dikomentari dibawah....