Rawat Tutup Tangki Walupun Sepele Tapi Vital Lhoooo


Wah bicara lagi tentang tangki nih khususnya megapro dan Tiger karena NSS punyanya NMP yawes gimana lagi…. Tahukah masbro tutup tangki walupun kecil sepele nyempil tapi ternyata berpengaruh juga lho di motor kita terutama musuh bebuyutan tangki apalagi kalo bukan air, perawatan tutup tangki itu gampang sebenernya tapi biker kadang menganggap sepele dan lalai pada perangkat vital yang satu ini jika air bisa masuk tangki penyakit apalagi kalo gak motor mrebet yah tangki karatan.

Tutup tangki mempunyai komponen yang sangat penting seperti karet tutup tangki dan penutup tempat kunci,yang paling rawan itu adalah penutup tempat kunci komponen ini memang sering dimainkan tangan tangan jahil kalo ga ya siempunya sendiri karena mudah diputer puter saat ngetem bersama teman dan duduk diatas motor, jika sering diputar per yang ada didalamnya dapat dipastikan penutup tempat kunci akan dol jika mesin digeber penutup akan bunyi gak karuan pokoknya ganggu banget  dan yang paling parah per putus dan lepas deh penutupnya kejadian seperti ini juga dialami NSS sendiri dengan Megapro lawasnya akibatnya jika hujan air langsung masuk ketangki lewat tempat kunci tersebut, tidak ada penanganan untuk masalah ini jalan satu satunya yah harus ganti penutup tangki 1 set yang bisa ditebus sekitar 200rban hanya saja antisipasi jangan diputar putar jika kejadian seperti ini tidak mau dialami.

Karet tutup tangki bersifat penting juga jika motor udah berumur 3 tahunan biasanya karet udah melar dan air bisa masuk karena kena ujan maupun pas nyuci motor gantilah tutup tangki jika merasa karetnya sudah melar.

Per Kunci penutup tangki terletak didalam karet,walaupun ini sepele berpengaruh juga lho karena penutup akan mengunci sendiri jika tutup ditekan apabila per udah rusak walupun ditekan gajah pun anak kunci ga bakal muter kecuali tangan kita yang muter anak kunci tersebut ini juga pernah dialami NSS dengan megapro lawasnya karena post ini berdasarkan pengalaman NSS sendiri, cara merawatnya dengan memberikan sejenis chain lube atau cairan anti karat semprot di tempat anak kunci,disela sela karet penutup dan dibatang pengunci tangki, jangan memberi oli mesin karena oli mesin lebih kental susah dibersihkan jika sudah masuk sela sela dan lama kelamaan oli tersebut akan jatuh kedalam tangki ujung ujungnya ruang bakar akan kotor dengan oli yang tercampur bensin tersebut.

Setelah disemprot dengan cairan tersebut diamkan selama 5-10 menit setelah itu lap bagian luar sela selanya karena cairan pasti akan menempel pada tempat tersebut…..(Neo SS)

About these ads

5 Balasan ke Rawat Tutup Tangki Walupun Sepele Tapi Vital Lhoooo

  1. ipanase mengatakan:

    iya bro,,anak kecil sampe dewasa,,senengnya muter2 tutup tanki tuh,,nggak tahu kenapa????enak kali

  2. zulka mengatakan:

    kalo dikasih chain wax bisa ga bro ?
    nmp nya di scotlet ya bro ?
    thanks

  3. Anton mengatakan:

    wah… iya bro… NMP ane ko brebet2 kalo kondisi panas yak…. apa ane kurang ngerawat kondisi tutup tangki… sarannya mas bro…nuwun

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 88 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: