Rawat Rem Cakram Biar Makin Ciett



Banyak orang berasumsi bahwa rem cakram adalah free maintenance paling hanya ganti kampas jika sudah aus itu saja? tapi percaya gak masbro rem cakram sebenernya gak bebas perawatan, perawatan disini hanya dilakukan 1 tahun sekali atau setiap 20rb km lho apanya yang mau dirawat??? Nah dalam piranti ciet terutama disk brake itu yang paling vital selain kampas adalah fluida atau yang biasa kita sebut minyak rem,oli rem dsb. Nah fluida tersebut juga ada masa pakainya 1 tahun atau 20rb km walaupun kita gak kuras selama 3 tahun juga gak ada masalah besar tapi dibalik itu kinerja fluida mulai berkurang karena fluida merupakan cairan untuk mendorong kaliper untuk menjepit kampas jadi kita harus merawatnya jangan sampai rem blong baru kita kuras.

Nah perawatan disini adalah untuk mengganti fluida tersebut dengan yang baru pilihanya pun banyak kebanyakan yang dipakai dimotor adalah jenis DOT3 dan DOT4 makin besar angkanya makin pakem karena titik didih yang tinggi, juga ada juga DOT5 tapi NSS gak rekomded untuk motor pilih saja 2 diatara dot tersebut pilihannya ada merk Jumbo,Top1,AHM,prestone dll. Mencarinya pun gampang hampir setiap beres maupun pinggir jalan yang menyediakan cairan tersebut harganya pun murah merih berkisar 5rb sampai 50 /botol.

Untuk mengganti cairan tersebut hendaknya orang yang paham tentang rem cakram jangan coba sendiri jika kita tidak tau caranya ujung ujungnya motor masuk bengkel karena rem blong tapi jika masbro ngotot mau ganti sendiri berikut caranya,

  1. pertama tama kita beli fluidanya.
  2. jika sudah siapkan obeng plus dan kunci pas/ring 8mm,jangan lupa siapkan selang waterpas.
  3. masukan selang waterpas ke lubang nipel,selang disini untuk membantu masih ada atau tidaknya angin dalam selang dan membuang sisa fluida biar gak kececer kemana mana.
  4. Buka baut master pakai obeng plus

  5. Setelah terbuka akan terlihat seperti gambar diatas jika sudah lepas penutup karet/seal tersebut

  6. Lalu muncul diatas

  7. Bukalah penutup nipel dengan cara geser berlawanan arah jarum jam lalu kocok handel sampai fluidamuncul dari selang waterpas tersebut sampai fluida habis

  8. Kocok terus masss.... :D

  9. jika fluida sudah gak keluar lagi dari selang waterpas kemudian tutup penutup nipel searah jarum jam.
  10. Masukin cairan fluida yang baru ke reservoir fluida

  11. lakukan buka tutup penutup nipel diiringi ngocok handel ini dilakukan untuk membuang angin didalam master,selang dan kaliperĀ  lakukan berulang kali sampai angin tidak keluar dari selang waterpas tersebut dan saat itu yang keluar hanya fluida dan handel pun sudah terasa keras kalo handel masih seperti langkah 8 berati angin belum keluar semua dari piranti tersebut.

Note : Jika fluida kena bagian dari body langsung bersihkan dengan air jika tidak ikhlasin saja masbro cat akan langsung rusak ada bercak bercak putih. semoga berguna…

About these ads

12 Balasan ke Rawat Rem Cakram Biar Makin Ciett

  1. nanared mengatakan:

    harus kuras 1 tahun atau 20000 km mas bozz,punyaku sudah 1 tahun tapi odo masih 6900an km,

    http://nanared.wordpress.com

  2. Dismas mengatakan:

    Wah, baru tau saya… Kirain minyak rem diganti kalo kampas udah habis… Mungkin asumsi si mekanik waktu itu kampas rem pasti habis sebelum 1 tahun :)

    Nice share brooo :mrgreen:

    • Neo Last One mengatakan:

      1 tahun atau lebih 20rb km bro mana yang lebih dulu cuma kalo kampas sebelum habis mending pas ngisi ulang minyak rem diatas lower sedikit jangan ampe full cz kalo ganti kampas pasti akan susah tuh kaliper gak mau balik

  3. abu ammar mengatakan:

    cairan fluida??
    cairan=fluida
    fluida=cairan, inget pelajaran kimia bosss

  4. weteboy mengatakan:

    brow..mau tanya ni, motor ane NMP hampir 1 tahun ni ane pakek piringan cakram PSM, awalnya g ada masalah tapi belakngan ko terdengar rem cakram depan berbunyi koser gitu n kadang kalo dipakek perjalanan jauh rem kayak nyereti (bhasa indonya apa ya nyereti??hahaha)… udah ganti kampas rem juga tapi nihil hasilnya. coba tanya ke mekanik katanya piringan cakram yang sambungan kayak psm gampang mlengkung. apa benar??? terus solusinya gimna dari brow skullsmokers??? matur suwun….

    • Neo Last One mengatakan:

      Oke masbro. kemungkinan memang seret yang terjadi disambungan cakram antara area pad sama area baut, sebenarnya bukan karan gampang mlengkung tapi kemungkinan dari braket piston yang buat cakram melengkung karena tidak presisi jadi lama kelamaan bukanya braket aja yang gak pas tapi lama kelamaan juga piringan yang kalah. solusinya bisa nyenterin cakram ke tukang bubut

      • weteboy mengatakan:

        oke…..!!! matur suwun brow neo…

      • Neo Last One mengatakan:

        Bro ni bro fendi yang dlu beli cakram itu ya??? dlu pake breket cakramnya yang di dus itu apa gak?? coba cek bearing roda depan bro masih bagus gak kalo gak kemungkinan masalah muncul juga dari situ

  5. bapakeVALKYLA mengatakan:

    wah, nice info..
    MPku udah 5th belum pernah ganti nih..

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 90 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: