Busi Iridium Buat Harian??? Kenapa Tidak


Bagi masbro yang doyan otak atik motor apalagi yang suka mengeksplore power mesin pasti sudah tak asing lagi dengan komponen yang satu ini,ya busi iridium komponen pemantik api yang tergolong premium yang harganya berkisar 80rb sampai 120rbuan, busi iridium mampu mendongkrak power maupun Torsi.

Untuk pemakaian buat road race maupun drag pasti harga mahal seperti ini pun bisa ditebus untuk pembakaran yang sempurna sehingga tunggangan pun lari tunggang langgang ngacir gak karuan tapi untuk harian apa bisa apalagi dengan keadaan mesin standar apakah bisa??? jawabanya bisa masbro caranya sebenernya gampang saja hanya sedikit membuka putaran setelan angin dikarbu dan gak usah otak atik pilot jet maupun main jet, agak dibuka agar suplai udara masuk lebih banyak. cukup setelan aja sederhana bukan??

Nah gimana kalo tidak mengubah setingan angin??? ini akibatnya

karbon fouling

Karena jika tanpa mengubah setingan angin,didalam ruang bakar maka akan terjadi pembakaran yang terlalu rich dan lama kelamaan akan mengakibatkan tumpukan karbon pada batang elektroda. nah dengan penyetelan setingan angin gak akan ngurangi power kok malahan lebih irit BBM, harga mahal bagi sebagian orang yang doyan gaspol tunggangannya gak masalah kan yang penting bisa ngegas sampai grip mentok.

Sebelum membeli Busi iridium pastikan spek busi motor maksudnya tingkat kepanasannya busi iridium maupun ulirnya sama dengan busi standar karena tipe busi setiap mesin beda beda.

Perlu diperhatikan lagi jika motor masbro menggunakan perangkat digital seperti piranti injeksi maupun speedometer digital dll harus menggunakan tipe busi jika NGK harus ada kode R didalam misal CR8IEX jika Denso harus ada kode U misal IU24 kode R maupun U tersebuat adalah kode busi yang didalam busi terdapat resistor yang berguna untuk  menghindari gangguan piranti digital dari busi(berlaku juga untuk busi platinum maupun standar), adapun kesetaraan tingkat panas antara NGK dan Denso sebagai berikut

NGK                       DENSO

6                                     20

7                                      22

8                                      24

9                                      26

Jika masbro binggung tipe busi iridium yang akan dibeli silahkan komentari.

Semoga membantu…..(Neo SS)

About these ads

317 Balasan ke Busi Iridium Buat Harian??? Kenapa Tidak

  1. fiect mengatakan:

    buat NMP pasang yg mana masbro biar lbh entng n kenceng mtor na?
    thanks

  2. ipanase mengatakan:

    ane juga peke bro…tapi tanpa setel karbu,,,enag

  3. Dismas mengatakan:

    kelewat mahal bro… xixixi… kalo itu slow moving parts, ya masi oke lah buat dipertimbangkan utk diganti… :D

    Tapi kan busi itu fast moving parts (termasuk parts yg sering diganti) tiap 4000an km kan ganti busi…

    Saya si, upgrade dari busi standar (DensoU22FSU), pakai TDR Ballistic 071…

  4. Tanto mengatakan:

    Pakai TDR super iridium lebuh yahuddd….aku dah coba harga Rp 65.000

  5. Ulum mengatakan:

    Bang beda nya platinum ma yang iridium tu apa an

  6. andy mengatakan:

    mas ,
    KLo jupiter mx bru yg 2011 !
    Bsa gx pkai iridium ??

  7. andy mengatakan:

    trz NGK sama denso
    mantepan mana?

  8. fiandz mengatakan:

    mantab infonya gan,.
    ijin tag di fb ya gan,.

  9. die dot mengatakan:

    MasBro, kalo yang buat megapro 2011 apakah masih bisa pakai busi supra X 125 ? Trus kalo pakai busi Kharisma apa juga bisa dipakai ? Matur nuwun yo mas…….

    • Neo Last One mengatakan:

      Kalo kharisma & supra x 125 kode businya sama bro otomatis ke dua motor ini bisa saling tukar karena memakai mesin yang sama.
      denso dengan seri U20EPR-U9 sedang NGK CPR6EA9.
      nah untuk NMP serinya untuk NGK CPR8EA9 jelas beda toh angka dibelakang kata(CPR) kharisma dan HSX 125 dengan angka 6 NMP dengan angka 8, bedanya terletak pada dinginnya busi semakin tinggi semakin dingin,untuk ukuran memang sama jika dipaksakan busi sampean bakal cepet mati dan tarikan pun akan berpengaruh dengan diiringi mrebetnya mesin

  10. andy mengatakan:

    mas ,
    klo untung rugi ny
    pkai knalpot bobok buat jupiter mx ?
    Ap mas ? Tw gx?

    • Neo Last One mengatakan:

      Kalo menurut saya ni loh ya…

      *keuntungan= tarikan lebih enak dan terasa karena knalpot lebih plong tanpa anda yang nyumbat.
      *rugi= konsumsi BBm akan lebih boros dan jika tidak diimbangi dengan seting karbu tarikan malah mlempem dan lagi kalo lewat gang tengah malem bisa dihajar masa tuh :D

  11. bayu mengatakan:

    buat jupiter z baru tipe apa?

  12. andy mengatakan:

    wqwq
    pj n mj ny kn
    yg di setting ??

  13. tahu gimbal om edy mengatakan:

    kepada yth. mas penunggu blog..

    mohon informasi dan pencerahannya, mengenai penyesuaian bukaan setelan angin pada karburator untuk pemakaian busi iridium. pada NMP, setelan yang pas kira2 seperti apa ya?saya sendiri buta mengenai permesinan. harapan saya, masukan dan tips dari mas bro akan saya sampaikan ke mekanik bengkel langganan saya, sebagai panduan dalam menyetel ulang setelan angin.
    matur tengkiu sebelumnya..
    wassalam..!!

  14. andy mengatakan:

    mas ,
    sya pngen pkai karbu keihin pe28 kw2 !
    Mesin standar !
    Pling cuman knalpot
    bobok n busi iridium ?
    Kira” cocok gx ya mas ?
    Atau malah percuma ?
    Untung rugi ny ap ya?

    • die dot mengatakan:

      Klo pengalaman gw seeh… paling dongkrak dikit, paling jauh putaran bawah tapi putaran atas gw ragu ame karbu nye tuh ….. soale kalo barang kw (sori bukan mao nge jelekin) presisi nya om …. ngeting nya aje mungkin berabe tuh …….

  15. andy mengatakan:

    putran atas ny knp emg?

  16. ipan mengatakan:

    masBro mw tanya bedanya CPR8EA – 9 DENGAN CPR6EA – 9 apa?
    gimana klo CPR6EA – 9 di aplikasikan ke NMP??

    matur nuwun….

  17. ryuu mengatakan:

    gan kalo suprax 125 di kasih denso IUF22 gmna gan??
    kalo kurang cocok recomm dr agan ap??

  18. fian mengatakan:

    motorku supra fit 2003, apa bisa pakai busi ini? Tipe yang mana?
    Trims

  19. takrip mengatakan:

    Bro mtor ane absolut revo ama vario tekno mau pkek iridium, tipe apa ♈ªʼnĜ cocok untk mtror ane tsb.tks

  20. jeff mengatakan:

    Klo bwt vixion busi type apa mas yg cocok?

  21. ompramp mengatakan:

    Kalo untuk pasang di Tiger Revo cucok yg mana Mas Bro?

  22. abink mengatakan:

    kalo buat dtracker pake iridium berapa mas bro

  23. abink mengatakan:

    kalo buat dtracker 150 pake iridium berapa mas bro

  24. nahimihza mengatakan:

    saya punya blade 110r taun 2010, knalpot racing nob1 3bold. busi iridiumnya yang ngepas kira2 apa ya? minus-plus nya apa ya?

  25. barra mengatakan:

    kl supra x 125 thn 2011 iridium yg tipe brp ya mas? mesin tp masih standar blm di utak atik, apa ga apa2? trims gan!!

    • Neo Last One mengatakan:

      Denso IU20 mas,gak pa2 yang penting setelan anginnya agak dibuka 1/2 putaran biar pembakaran gak terlalu kaya, saya pakai di new megapro selama 1 tahun gak ada masalah apapun malahan performa makin sip.

  26. Muhammad Abdul Rokhim mengatakan:

    kalo buat supra biasa gmn mas bro?? bkin mesin kualahan tidak?? tipe yang mana yang pas ?NGK ato denso yg lbh baek.?

    • Neo Last One mengatakan:

      Supra apa masbro?? kalo yang dimaksud supra 100cc series kodenya untuk DEnso IUF22, keuntungan mesin malah tambah responsif tarikannya lebih2 jika supra ente sering digeber lebih mantap pastinya,
      Denso dan NGK sama kok bro sama2 udah berstandar internasional cuma yang membedakan busi iridium merk denso lebih banyak dipasaran sedang untuk NGK dipasaran sering ditemui tipe Platinum

  27. risco mengatakan:

    Mas,minta pencerahannya nieh,motor ane sura x 125 2011,make ngk iu20 kan,berapaan tuh mas?kalo mengenai konsumsi bbm?trim’s

  28. Ink mengatakan:

    permisi mas bro,numpang nanya neh,busi iridium yg cucok buat Shogun SP lama yg mana ya?

  29. arif mengatakan:

    mas motor ku beat, pake tdr ballistic 085, putaran setelan angin 2,5 putaran, kok powernya jd agak berkurang ya? jd apa kira2 yg salah mas? makasih sbelumnya..

  30. sune mengatakan:

    mas, panduan untuk nyetel angin d karbu maksud’y gmn nh..?d buka brapa bannyak bwt angin’y..?brarti setelan bensin ga usah d aapa2in kan..?thx…

    • imam mengatakan:

      ijin bantu respon gan…
      setiap type motor berbeda2 bos…
      tpi parameter’a setingan agan pas ato nggak itu bsa diliat dri elektroda busi…
      klo warna putih atw abu2 itu tanda’a campuarn bensin’a terlalu miskin…
      n
      klo ujung elektroda berwarna hitam itu b’arti terlalu kaya…
      untuk hasil yg optimal warna ujung elektroda merah bata,itu menandakn bhwa cmpuran BB seimbang….
      monggo di coba….

  31. Rezky Taufik mengatakan:

    mf mas,sy pnya mtor supra 2001 biar tnganya lbh kncang,apa aj yng hrus d ganti??

  32. yoenan mengatakan:

    mas, kalo untuk hsx 125 thn 2006, cocok gak pake busi TDR ballistic 065, atau NGK PLATINUM C7HVX ?

  33. MAS BRO…
    kalo busi iridium untuk jupiter Z yg cocok… ngk tipe apa n denso tipe apa….?? thanks

  34. panji mengatakan:

    gan,,kalo mio standar pake iridium cocok gk…??
    trs makenya seri brapa denso/ngk…???

  35. Nanda mengatakan:

    Mobil vios saya memakai busi iridium,apakah saya ganti dng busi merk toyota ?.

  36. Nanda mengatakan:

    Mobil vios saya memakai busi iridium,apakah bisa sya ganti dng busi merk lain?

    • Neo Last One mengatakan:

      Jelas bisa asalkan tipe busi panas/dingin atau tingaktannya sama dengan spek yang dikasih sama toyota speknya bisa dilihat dari kode busi lama biasanya tertera angka nah angka disitu bisa kita cari tipe busi iridiumnya jangan lupa sesuaikan ukuran dimensi businya

  37. Arik's mengatakan:

    misi gan,, ane termasuk newbie di bidang mesin motor,, so ane mau tanya,,
    motor ane jupiter z tahun 2006,,
    piston udah pake punya Kaze r oversize 150,,
    karbu masih standar,,
    CDI pake Vega tahun 2003 (Vega lama),,
    knalpot pake Free Flow,,
    kira-kira kalo karbunya diganti sama pe 28 TDR cocok g di motor ane?
    N kalo pake busi denso yang irridium, itu type brp?
    makasih gan sebelumnya,, mohon pencerahannya…

  38. Fandi mengatakan:

    Gan, mau tanya nih.
    Motor ane suzuki Axelo. Tipe busi denso inridium yang pas apaan ya?
    kebetulan motor ane dalaman nya standar smw dan dipake untuk harian. Recommended gak sih pake busi tipe inridium.

    Thanks :)

  39. arif mengatakan:

    gan ,, mtor ane grand..
    koil thunder n busi iridium denso IUF22,, cocok gak ya …
    bkin kencang gax ….
    or malah pelan …

    trims

    • Neo Last One mengatakan:

      koil disini maksudnya koil thunder(motor) atau koil blue thunder?? kalo yang dimaksud koil blue thunder ya boleh aja bro apalagi dipadukan dengan busi iridium kalo mau lebih pake koil protec tu pasti akan nambah akselerasi dan top speed walupun mesin standar

  40. Arik's mengatakan:

    okeh,, makasih banyak gan atas pencerahannya kemaren..
    tapi ane masih bingung nih,, keunggulannya keihin pe 28 apa gan? n harganya dikisaran berapa? juga klo bisa sekalian disertakan recommended toko yang jual karbu keihin,, hehe
    makasih sebelumnya gan,,

  41. ferdy mengatakan:

    ea masbro…,,
    buat jupiter mx busi recing ap yg cocok masbro..,,klu buat harian aj..,,

    • Neo Last One mengatakan:

      Jangan pake busi racing buat harian percuma busi cepet mati mesin juga susah hidup dipagi hari, solusi pake iridium aja

      • Yunata Subrata mengatakan:

        Mas Bro mohon pencerahannya.. untuk jupiter mx 5 speed standar misalkan pakai Denso IU24, pengaruhnya di mesin dalam jangka waktu yang lama tambah baik atau buruk y mas, mohon diberikan alasanya mas…?
        trus jika udah pakai t busi apa yang di setel cman setelen anginnya saja, apa nggak ada yang lain Mas…?
        Mohon pencerahannya…?
        mksh…

  42. iqbal gaist mengatakan:

    masbro,,,,,…..
    mtr ane vega r thn 2007,qr2 pkee busi ngk yg tipe pa ya?…
    lo merk laen kudu tipe pa? tolong donk masbro……

  43. firman mengatakan:

    mas broo mau tanya, shogun sp sy udah nyoba 2 busi baru ya itu TDR 071 dan DENSO u22fs-u. tapi hasiil pembakaran hitam, klu untuk TDR hitam tapi bertenaga, sementara denso hitam tapi ga da tenaganya, udah berulang kali seting angin masih hitam. sampe sy nemu busi bekas NGK C6HSA pembakaran ga hitam tapi ga pnya tenaga. jd yg cocok untuk shogun sp sy busi tipe apa ya..
    makasih sebelumnya.

    • Neo Last One mengatakan:

      Busi pake standar aja bro kalo mau bagus ya iridium untuk masalah busi terlalu kaya jika memang sudah berulang kali setel angin gagal kemungkinan itu masalahnya di PJ atau MJ kebesaran(pernah diganti) atau posisi jarum skep terlalu keatas idealnya posisi klip skep ada ditengah

  44. priadi17 mengatakan:

    Mas mau tanya nih.. kmarin aku beli denso iridium buat vixion.. kata yang jual pake yang IU20. setelah baca komen2 diatas kok harusnya pake yang IU24.. jadi ngeri nih,, kira2 apa efeknya mas?

    • Neo Last One mengatakan:

      Untuk tingkat panas busi standar vixi
      CR8E (NGK) / U24ESR-N (DENSO) jadi vixi lebih pas pake iridium IU24(DENSO)
      itu emang akal akalan penjualnya aja mas :D yang 24 mungkin gak ada jadi nyodorinya yang 20
      efeknya mungkin kalo bermukim dipegunungan/untuk jarak dekat sih masih bisa tapi kalo di daerah panas/sering dipake jauh kinerja mesin agak terganggu jadi mesin agak ngeden di RPM atas busi juga cepet mati karena IU20 itu termasuk busi panas lebih cocok dipake mesin volume kecil seperti Supra 125,kharisma, blade dan scoopy

      • pln mengatakan:

        mohon pencerahan..mas untuk vixi standar pake cr8e tapi klo saya kasih cr9e.. pengaruh di kinerja mesin bagaimana ya? apakah sama aja atau lebih baik.trims

      • Neo Last One mengatakan:

        Pengaruhnya busi tetp oke walau digeber pol atau touring karena NGK(9) itu termasuk busi dingin jadi walupun mesin panasnya minta ampun busi masih bekerja dengan prima, nah gak enaknya pas mesin pagi2 dihidupin biasanya susah distart atau lebih memakan waktu gak kayak NGK(8) langsung jreeng

  45. alasad mengatakan:

    buat New Megapro rekomendasi abang yang mana? trus setelan apa aja? apakah sama dengan yang di poskan?

  46. rozakrusak mengatakan:

    Kalo busi TDR Twin Iridium buat revo 100 berapa yak??
    di jogja toko mana yg jual??
    thanks :)

  47. joehan mengatakan:

    kalau tuk Byson busi iridiumnya yang terbaik apa gan ?

  48. rudy mengatakan:

    klo buat Apache pake TDR iridium yg mana gan ?

  49. andy mengatakan:

    Slmt mlm mas bro. Ad sdikit pertanyaan skiranya mas bro bersedia menjawab.
    Untuk penggantian busi denso iridium IU24 tuk NMP, apa perlu jg dibarengi penggantian koil, CDI, dan mgkn perangkat utama magnetnya ?
    klo hanya busi saja yg dganti tdk knp2 kan ?

    thx,
    regard.

  50. Antonius mengatakan:

    sy pake absolut revo 2011, pake denso iu20, knalpot freeflow, rcna mau ganti karbu dan koil.
    apakah pnggantian karbu harus dbarengi pnggantian cdi? merk dan tipe apa yg pas bwt mtr sy, masbro?

  51. No esa mengatakan:

    Gan ane pake shogun sp th 2009 untuk busi iridium yg cocok tipe apa ya? thanks..

  52. Rossy A.R.T mengatakan:

    salam kenal mas bro. . .ane mw tnya nih skep karbu PE TDR ane pecah,, tmen ane gag sengaja ngejatuhinya. . .trus apa bisa di ganti pkek skep karbu yg laen. . .mohon pencerahanya. . .

  53. buat supra xx 100cc pasang ngk platinum gimana hasil nya, lebih baik kah,.,.

  54. ugi raiyen syach mengatakan:

    Gan sya mau nanya tentang busi nih, sya punya ninja m tahun 2006, busi yang cocok buat motor sya supaya menambah tarikan serta napas motor lebih panjang pake busi apa gan?
    iridium apa platinum?
    Denso apa NGK?
    Trus pake Tipe berapa?
    Mohon pencerahan’y ya gan :) makasih…

  55. Broden Caporegime mengatakan:

    klo untuk byson , cocok ta pake iridum?trus klo cocok iridium yg mn spesifikasinya?

  56. ugi raiyen syach mengatakan:

    Gan, kalo pake IW24 bisa ngirit bensin ga tuh? Klo bisa berapa persen? Dan harga,y berapa?
    Mohon pencerahan,y ya gan :)
    makasii,..

  57. ugi raiyen syach mengatakan:

    Jadi kelebihan dan kekurangan dari busi iridium denso iw24 tuh apa saja gan? Bisa bikin mesin jebol ga tuh gan? Soal’y aku masih ragu sama busi yang bukan standar’y,,,mohon pencerahanya’y :)

    • Neo Last One mengatakan:

      Kelebihannya bisa membuat tarikan motor enteng tapi gak ngaruh untuk top speed itu menurut NSS lho yaaa. ujung elektroda kn terbuat dari iridium itu paling bagus ketimbang platinum, nikel(standar) pembakaran jadi sempurna gak. kalo bisa nyetel anginnya malah bikin irit motor bro tapi jangan kelewat irit motor jadi jebol itu yang faktornya, jadi jangan takut pake busi iridium asal tingkat panasnya sama seperti spek pabrikan, satu lagi masbro harga gak bakal bohong.
      coba deh pasti langsung maknyuss saran NSS si setelah ganti iridium sekalian setel anginnya bro biar mesin bisa tambah joss

  58. ugi raiyen syach mengatakan:

    Ga ngaruh top speed ! Berarti top speed nya tetep standar donk, kalo buat naikin top speed gimana caranya gan ? Terus cara nyetel angin dan bensin yang baik berapa putaran buat motor ninja m supaya mesin tidak jebol,,mohon pencerahan,y :)

    • Neo Last One mengatakan:

      Nyetel angin pake harus pake feeling bro kalo gak ngerti mah knalpot bakal jedak jeduk mulu, setiap motor beda2 putarannya bro kadang ada yang minta 2puter tp juga ada yang sampe 5 puteran tergantung keadaan spuyernya
      naikin top speed bisa pake CDI unlimiter gear belakang dikecilin tapi harus mengorbankan accelerasi

  59. ugi raiyen syach mengatakan:

    CDI yang cocok dan bagus buat motor saya merk apa gan ?
    Katanya si kalau pakai CDI racing bikin irit bbm, bener ga tuh gan? Accelerasi tuh apa gan ? Mohon pencerahan’y :)

    • Neo Last One mengatakan:

      CDI CP/BRT bro memang bisa bikin irit taoi itu tergantung setingannya juga sih akselerasi pasti maknyos karena derajat pengapinyannya dirubah/dimajukan beberapa derajat

  60. indra mengatakan:

    jeleknya busi iridium tu apa bro?

  61. try_siahaan@yahoo.co.id mengatakan:

    Mas bro,sya bru beli Busi Racing NGK CPR6EA9 Buat Vixi Ambo mas,itu ga ada perubahan apa2 ya,sma sja sperti saya pkai busi standard mas bro..
    apa ada yg slah ya?

    • Neo Last One mengatakan:

      Gak salah tu bro beli busi??? NGK CPR6EA9 itu kan busi standanya karisma/suprax125. itu busi std bro bahanya nikel tulisan R di dinding busi itu bukan singkatan dari Racing lho melainkan Resistor gunanya untuk busi gak ganggu perangkat digital sperti Speedo digital,injeksi dll.
      nah kalo vixi pake itu saya saranin ganti ke standarnya bro karena itu termasuk busi panas jangankan tarikan enak itu sih efeknya jadi bikin motor tambah gak enak untuk vixi saya sarin pake angka 8/9(NGK) contoh CPR8EA9(STD) atau CR8EIX(iridium) atau IU24(DENSO Iridium).
      harga busi supra x series itu sekitar 12rebuan kalo ente beli lebih mahal dari itu berati ketipu tuhh

  62. ugi raiyen syach mengatakan:

    CDI yang bagus dan murah, merk apa tuh gan ? Kata temen saya sih CDI merk Varro tapi cocok ga tuh buat motor saya ? Terus kalau ukuran gear motor sya standar,y 42 harus di kecilin berapa angka tuh supaya top speed,y meningkat napas motor lebih panjang ?

  63. ugi raiyen syach mengatakan:

    BRT tuh Merk,y macam” gan, yang saya tanya merk apa yang cocok buat motor saya ? Kalo tarikan awal,y enteng dan cepet melesat serta napas motor lebih panjang supaya tidak terlalu cepat naikin gigi/speed pake ukuran gear berapa gan ?

    • Neo Last One mengatakan:

      Kalo mesin masih standar ting ting pake yang BRT hyperband atau kalo mau 2 map ya pake dualband, kalo mau seting kurva pangapian sendiri pake Cheetah power new classic atau new amateur tuh yang harganya relatif murah antara 350 sampe 550rebu.
      gear pake ukuran 40 mata aja

  64. ugi raiyen syach mengatakan:

    Lebih bagus mana cdi hyperband apa cdi dualband? Type apa yang cocok buat harian? Apakah setelah memasang cdi racing harus menggunakan bahan bakar pertamax dan mengganti per klep standar dengan per klep racing supaya mesin tidak jebol?
    Mohon pencerahan’y gan :)

    • Neo Last One mengatakan:

      Ya jelas dualband kan dobel map sedang hyper single map yg cuma bisa ngilangin limiter doang mah.
      pake aja powermax dualband kalo ganti cdi BRT tinggal pnp langsung jreng gak usah ubah BBM atau part lainya

  65. ugi raiyen syach mengatakan:

    Tapi Kata temenku kalau ga di ganti per klep racing mesin akan jebol, soal,y setelah memasang cdi unlimiter per klep standar kurang kuat buat nahan tonjokan piston dan klep tapi kalau per klep racing cukup kuat buat nahan tonjokan piston dan klep, yang bener yang mana gan? Coba jelas kan biar saya lebih mengerti :)

    • Neo Last One mengatakan:

      Halah… ini mau buat harian atau balapan tho?? kalo buat balapan yah perlu karena penggunannnya selalu di RPM tinggi nah kalo buat harian apalagi dikota paling lari motor aja mentok di 60km/jam jadi gak nyampe red line juga gas diturunin tapi kalo mau ganti per yah monggoh penggantian per klep racing buat mesin standar bukannya malah nambah tenaganya malah drop kecuali dibarengi bore up kalo gak bisa bolong tuh piston.

  66. ugi raiyen syach mengatakan:

    Pengen dua-duanya gan buat harian balapan bisa di barengin ga tuh gan ?
    Jadi ga usah pake apa” tah gan kalo sya psang cdi unlimiter,?
    sya mah maunya masang cdi unlimiter tapi aman di mesin standar ga bikin jebol gitu :)

    • Neo Last One mengatakan:

      Ya gak bisa dua2nya coba motor buat balapan suruh naik gunung bisa gak??? ga bisa tho??
      kalo yang bikin jebol tuh setelan karbu setelah kita pasang cdi racing kalo terlalu lean memang bisa bikin jebol

  67. ugi raiyen syach mengatakan:

    Kalo saya mau pasang cdi yang buat balapan , trus motor sya jalan’y santai bsa ngaruh ga tuh? Apa sya jalan’y harus ngebut terus
    terlalu lean tuh apa gan ?

  68. zakky mengatakan:

    bro, kalo busi denso iridium yg bagus buat new jupiter mx 2012 gw apa? thx, trus harus setting apa aja?

  69. ugi raiyen syach mengatakan:

    Iya sekarang aku mengerti, oia kembali ke busi nih gan,
    temen ku bilang pake busi iridium tuh cepet mati belum 1 bulan aja udah mati, bener ga tuh gan ?

  70. zakky mengatakan:

    wew, bro tuh settingan anginnya setiap motor beda2 ya. kalo motor ane new jupiter mx 135lc gimana settingan angin yg pas (berapa putaran)?

  71. dika mengatakan:

    masbro, megapro 2008 saya udah pake cdi shogun lama trus abis saya stroke up 6,5 mm(udh ga standart’an). nah rencananya nih mau ganti iridium yg NGK atau denso terserah, cuman bingung milih kode businya aja. bantuin milih kode businya dong masbro, biar ga rugi belii .. oh ya masbro satu lagi, sekalian ganti koil ga ? smcm blue thunder dll, atau pake koil bawa’an motor aja ?

  72. deni mengatakan:

    gan, busi hayate standarnya denso U20FS-U atau NGK C 6HSA, kalau diganti dengan Denso U 22FS-U atau NGK C 7HSA pngaruhnya apa? trus kalau mau pakai iridium yang cocok nya yang mana?

    • Neo Last One mengatakan:

      bedanya tingkat panasnya bro kalo angkanya semakin gde semakin dingin.
      Kalo busi dingin enak buat diajak akselerasi & touring..
      pake yang DEnso IUF22

      • deni mengatakan:

        terimakasih atas pencerahannya. gan, kalau hayate ku top speednya pingin ningkat gimana? apa yang harus dilakukan

  73. ari mengatakan:

    busi iridium untuk supra 125 injection thn 2009 yg cocok apa ya gan ?.
    makasih….

  74. Yoan mengatakan:

    maz Bro tekon alias nanya nih, Byson ane Pake BRT Dual Band terus ada pake power 9 ama IU24, nah kan pake koil standart, menurut mu gmana bozz, hrs koil racing kagak? soalnya ada yg bilang CDI racing ama Koil Racing kadang2 CDI nya yang kalah gt..
    matur thank you…

    • Neo Last One mengatakan:

      Koil standar byson pun oK kalo dah pake BRT kalo mau joss lagi pake YZ125 harganya 500rebuan kalo versi murah ada temenku yang jual tuh koil 5BP di modif ground isolator harganya 135rebu untuk qualitas beda tipis tuh ma punya YZ…
      Punya YZ125 maupun koil 5BP(scorpio lama)di pasangkan ke BRT ga pa2 bro keduanya kan untuk motor standar apalagi buatan jepang, kalo koil racing si saya gak rekomended tuh bro bisa tewas tuh BRT tapi beda kasus dengan CDI CP biasanya malah yang tewas tuh coilnya kalo koilnya koil racing tapi murahan

      • ibnu mengatakan:

        mas bro bukannya kalo cdi BRT ngak selaras dengan koil racing harus menggunakan koil bawaan motor, gw udah pernah konsultasi sama tim ahli BRT di cibinong

      • Neo Last One mengatakan:

        itu cdi brt model hyper atau dual kalo yang brt imax bebas kok tengok ajah road race pada pake koil yz125 lagin itu bukan koil racing tp koil standar yz125 kalo koil racing blue tnder,nology,xp

      • Yoan mengatakan:

        CDI nya Dual Band maz bro, kemarin nanya empunya BRT emang haruz pake koil yg std aja, gak boleh pake racing ntar CDI Tewas, Btw Nih sekarang pake NGK CR8EIX, Angin2 tak gedein 1/4 putaran doank, tapi langsam….kurang ato kelebihan tuh maz bro…

      • Neo Last One mengatakan:

        Koil yz125 bukan koil racingitu koil standar kok

  75. zz mengatakan:

    Saya mau tanya mas..?? Kalo buat thunder 125 pake apa masa..?? Soalnya selama ini saya pake busi NGK CPR6EAGP-9,gimana cocok nggak yah mas..??

  76. Seka mengatakan:

    Mohon pencerahan nya mas bro…
    ky.a mantap tuh pake busi iridium, yg pas buat Honda Beat standaran bagusnya pake busi iridium apa dan type apa ?
    harus ada yg di stell jg gak ?
    makasih mas bro sblum nya….

  77. petric mengatakan:

    buat shogun sp gan…

  78. Robby mengatakan:

    Permisi….. Mas Bro Ane Pake Bajaj Pulsar 220
    Kalo Ane pake Busi NGK Kira2 Seri Apa…..
    Dan Kalo Ane Pake Busi Denso Seri Apa…..
    Mohon Pencerahannya ….Thank’s

  79. cimul mengatakan:

    gan megapro 2006 mke tipe aph,,,
    ituh busi masi ttep limit ea lok cdi nya msi stndr

  80. suradi dadi mengatakan:

    mass bro buat vario 125 Injeksi make apa yah? kata AHASS busi bawaan slah kode, makanya pada claim ganti ke busi Cs1 yang tanpa kode P, nah yg betul gmn nih? merujuk vixi dan MX aja tanpa P d kode busi meski mesin meh podo.
    nah kode busi iriidumnya apa yah Vario 125, klo inject setelan angin gmn tuh?

    • Neo Last One mengatakan:

      Salah gimana mas bro??? untuk busi Vartec 125 stdnya Denso U22EPR-9, NGK CPR7EA-9 untuk Kode P itu artinya terdapat tonjolan insulator atau tidak. jadi apanya yang salah??? Kode iridiumnya untuk Denso IU22

      • suradi dadi mengatakan:

        nah salahnya itu waktu saya tanya ke bag claim ACS AHASS, karena banyak kasus brebet di var125, trus masalahnya businya gak cocok, diganti busi CS1, nah busi CS1 kan kyk vixi CR8 kan, tanpa P (tonjolan) nah ini yang bikin bingung lagi, antara P dan tdk P meskipun kode lain sama, pengaruhnya apa yah?nah klo di iridiumnya apakah P insulator itu dibedakan

  81. indaryanto mengatakan:

    salam kenal mas bro…motor saya supra std c100 th 98, dipake utk harian bagusnya pake busi std merk n seri apa? trus klo pake iridium bagusnya yang merk n seri berapa? thx.

  82. tono mengatakan:

    byson kayanya cocok pake busi iu24,kalo sy pake iu27 buat harian bisa?efeknya apa?

  83. angga mengatakan:

    klo buat KLX 150s yang saya uda ganti CDI dan Knalpot enaknya pake busi apa gan ?
    tolong jwbannya ya….:)

  84. momoyoko mengatakan:

    Mas kalo untuk RR standar bagus pake Busi Iridum apa yah…?

    dan jika nanti saya sudah ganti CDI Denso 1454 dan Koil YZ apakah memakai busi itu saja atau ada perubahan..?

    Mohon Pencerahan

    Terimakasih

  85. toink mengatakan:

    motor ane jupiter z tahun 2008,yg cocok busi yg mana mzbro,masalahnya ane dah gnt CDI BRT HYPERBAND.

  86. talibsudarsono mengatakan:

    kalo buat new honda blade busi apa yg cocok bikin balap .?

  87. Cah Sumpiuh mengatakan:

    Kalo busi NGK CPR7EA9 itu busi type apa y?

  88. guntur laksana putra mengatakan:

    kalo buat jupiter z yang karunya udah gue ganti pake rx king bgusnya pke busi apa bro, trus kodenya brapa bro..
    tlong bantuannya.

  89. Widhi mengatakan:

    Kalo untuk Revo 2008 yg paling bagus apa ya bro?

  90. numpang masuk yah bos…..
    aku punya kereta supra x…
    tolong dong kasih saran busi yang bagus….
    sekalian bos untuk kereta merk Viar (yang mirip supra x, sayang banget ma kereta neh..)

    thx bos first…!!!

  91. suhendra gordon mengatakan:

    busi yang cocok untuk karisma x type kode nya apa?

  92. klo untuk shogun axelo busi iridium yg cocok apa ?
    baik yang merk denso atau NGK

  93. dani_aja mengatakan:

    mas saya pakai d-tracker 150 cocoknya pakai busi apa?dan saya sudah ganti cdi brt yg dual band tapi top speednya masih seperti pakai cdi yg ori,jadi apa yang harus saya ganti part apa saja mas supaya top speednya gigit?
    mohon pencerahannya:)

  94. tiyo mengatakan:

    ..tipe busi irindium yg co2k buat vega r taun 2008 apha bro..?
    .thankz.bef0re..

  95. farid mengatakan:

    gan motor ane jupiter z new 115 , knalpot nob1 3bold . ane mau ganti busi ngk platinum . cocok g buat harian . . . ?
    butuh saran . . matur nuwun..

  96. Gusta Qikuk mengatakan:

    bang motor saya supra fit tahun 2006, kalok saya kasih busi iridium, koil blue thunder, sama cdi brt gimana?
    bahaya nggak bang?
    matur suwun

  97. Jagal mengatakan:

    Buat megapro 06 pantase pk yg apa mas bro

  98. pamungkas mengatakan:

    bang, busi yg cocok buat supra fit ap ? Kalo iridium tipe brapa buat ngk maupun denso ? Ohh ya kalo d kasih busi racing cocok nggak ? merknya ap n tipe brapa ?

  99. deni mengatakan:

    Gan, kalau suzuki hayate pakai koil YZ125 bakal tambah top speed ngga!

  100. indra mengatakan:

    gan, kalo buat supra 100cc tipe busi apa yang cocok.
    mesin masih std,trus kalo mau ganti cdi,koil n’ kabel busi apa gan yang paling cocok.
    trims

  101. ji sung wardhana mengatakan:

    halo masbro
    motor gua jupiter Z thn 2006,tipe sama kode busi iridium merk NGK apa? thank’s

  102. sinyo mengatakan:

    kalau NMP aku pakai busi iridium TDR 085Z cocok ngak

  103. TauFan Screamonyster mengatakan:

    kalo buat vega zr apa bro?

  104. roby raditia semy mengatakan:

    apakah busi iridium bagus buat supra 125??

  105. gafar mengatakan:

    kalo buad honda supra yang cocok nya ap tmerknya masbro..??

  106. riarakhmadhani mengatakan:

    klo buat Mega Pro 2008 ane , bagus pake’ apa bang ?,

    tq

  107. Dommy mengatakan:

    Gan, motor saya Vario Cw (yg lama/gen.1) baru kemaren beli Denso, di kasihnya yg type IU24, tapi klo saya liat di atas itu aturannya pake IUH24. Waduh ada efek jeleknya gak ya gan? Mohon pendapatnya donk :( thenkiu sebelumnya.

  108. Yuqa krys mengatakan:

    Buat shogun r 110 yg bgus busi iridium pa ya mas?

  109. nova507 mengatakan:

    mas kalo buat ninja rr pake busi iridium apa ya yang bagusnya ?

  110. alfonfiderikn mengatakan:

    kalo supra x 125 fuel injection bisa pake busi ini juga mas?
    kalo pake busi iridium susah idup gak pas pagi2 mas?
    satu lagi mas klo mau masang kopling manual bagus gak mas, ada pengaruh buruk kemesin ?

    terus minta rekomendasi cara masang kopling manual mas..

    makasih atas infonya

    • Neo Last One mengatakan:

      Bisa mas pake Denso IU20
      gampang distarter asalkan air screwnya agak dibuka
      kopling manual bisa buat nambahin akselerasi karena kopling ganda dah gak fungsi lagi jadi minim gesekan
      kalo pengaruh buruk itu tergantung pemasangannya mas kalo gak bener yah paling gak kampas kopling cepet abis paling parah turun mesin

  111. pradita mengatakan:

    TDR 065Z apakah cocok buat mtor vixion Maz Bro? mhon nasehatnya Mas Bro, karena sya masih swam bnged utk msah motor.

  112. ady mengatakan:

    Mas bro.
    ane mau tanya ni…..
    kalo untuk New jupiter MX, busi yg cocok yg bagaimana ya..?
    tapi spek mesin mash standart….

  113. lindan mengatakan:

    mau tanya gan,klo koil tirev dipasang ke jupiter Z caranya gmna y?mohoh bantuannya

  114. Dodik anandito mengatakan:

    Mau tanya gan,klu busi yg cocok buat vega zr apa maz bro ,kra2 harganya berapa2n?? Mohon saranya. Thank’s

  115. tria mengatakan:

    Gan, busi iridium yang cocok buat yamaha mio sporty tahun 2010 tuh merk apa? Type apa?
    Mohon pencerahan nya :)
    makasih..

  116. barry mengatakan:

    mas kalo buat beat tahun 2008 cocok nya ya mas???
    mohon pencerahan nya

  117. Dian mengatakan:

    Klau supra fit 2006 pake busi iridium bs gak mas?
    Apa mesin harus dsetting jg?

  118. Yamlix Sang Tchc mengatakan:

    kalo yg cocok untuk motor supra x apa kodenya?

  119. LeonidasCool mengatakan:

    bro neo, klo cb 150 r streetfire cocok type brp ya bro mgon pncerahan…

  120. can mengatakan:

    om mau tanya klo buat ninja rr tipe apa ya ?
    knalpot racing r9, pj 28 mj 280

    cocok pakai busi iridium tipe apa ???

  121. andi khalim khafidz mengatakan:

    selamat siang Bro Neo.
    Saya ada pertanyaan yang mungkin bisa membantu menjawab bbrp pertanyaan Bro Bro di atas.

    Jadi yang dimaksud dengan membuka angin setengah itu berarti PASOKAN ANGIN LEBIH BANYAK KETIMBANG BENSIN ATAU SEBALIKNYA ?

    Karena saya ke bengkel bilang Mas dibuka setengah anginnya, dia bilangnya nanti asupan bahan bakar jadi lebih banyak, padahal di atas disebutkan bisa bikin gosong gusi. hehe.

  122. aang gunawan mengatakan:

    mas broo..kl mio soul th 2009 cocok nya pake busi dan cdi nya apa ya….???

  123. andy mengatakan:

    KALO BUAT MINERVA R 150 MODEL CBR YANG BAGUS APA MAS…..NGK APA DENSO????TIPE YG BERAPA YA MAS….

  124. eko mengatakan:

    kalo buat cb 150 R cocok pakek iridium yang mana ya mas bro.?

  125. J4ckSeven mengatakan:

    Masbro..klo utk glpro neotech pake irridium type apa yg cocok? tks sblmnya..

  126. angga as mengatakan:

    mas mau tanya nich .kalo busi iridium yang cocok buat motor saya apa yah.dari merek apa??? dan kodenya yang berapa ??? oh ya motor saya VIAR STARX 100 CC tahun 2012. semuanya masih serba standar dan original. mohon batuan nya hatur nuhun

  127. eko mengatakan:

    Motor sya honda Beat, pake piston vario 110,CDI BRT power max Dual Band (untuk MX) cocoknya pake busi apa gan..thx,

  128. baco mengatakan:

    busi iridium tdr 065z apa bisa untuk cbr 150 r bos??

  129. johny mengatakan:

    Mas bro … Mtor gue jupe Z new ne…. KrbU pE 28 knalpot racing… Rencana mw gnti koil ma CDI racing… Merk yg pas pa ya? Bs ngk msin jebol kalau koil NY salah pilh??

  130. Ludy mengatakan:

    Mio bore up 58 harian pake busi platinum bagus ga?

  131. cloudhy mengatakan:

    ane mau tanya nih gan, kalo untuk fu kan harusnya pakai iridium IU24, sementara ane hanya pake untuk harian n jarang perjalanan jauh, n kemarin kebetulan businya udah mati dijalan ketemu bengkel cuman ada jual iridium IU22, itu gimana gan ??
    mohon pencerahannya ya gan …..
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  132. tommyzura@yahoo.co.id mengatakan:

    Bos,, buat jupi z new(karbu pwk33,cdi brt powermax tutup busi pakek 9speed) cocok busi iridium TDR/NGK ?

  133. redha mengatakan:

    mas bro klo busi iridium untk MIo sporti standar cocokx tipe yg gmna??? truz dampak negatif dan positifnya apa???
    teruz klo mio di bore up apa konsumsi BBnya akan smakin boros???

    thankz before

  134. nu2nk pattaya mengatakan:

    halo bang,,
    gini ane mo tanya..ane punya supra x 125D taun 2006. ane pake motor suka jarak jauh/toring..kondisi motor masih standart kalo menambah performa mesin,

    1.pake busi irridium yg seri apa ya,gan?apakah hrs denso IU20?
    2.kalo pake CDI BRT yg seri HYPERBAND/DUAL BAND?
    trs kalo cdi kaya gt.. apa aja yg hrs disetting?

    mohon bantuan darurat untuk pencerahannya,matur suwun

  135. nu2nk pattaya mengatakan:

    pagi,mas
    saya punya supra x 125 taun 2006 standar,pekerjaan saya ga lepas dari motor.kadang juda suka touring,yg ingin saya tanyakan
    1.kalo pake busi irridium merk lain yg Setara dg denso IU20/ NGK itu merk apa?
    2.cocoknya kalo pake CDI BRT,yg hyperband/powermax dual band?
    trs kalo pake cdi tsb yg disetting apa aja?

    yg saya inginkan bukan kebut2an,tapi kenyamanan dlm berkendara & performa mesin yg maximal di jalan.
    mohon dg sangat pencerahannya.matur nuwun brad.. :) :)

    • Y4sira4 mengatakan:

      Denso kodenya utk suprax-125, shogun125, bukan iu20 tapi iuf22 harga 80-100rb. merk lain ada murah yaitu bosch iridium cuma 50rb. bedanya tttiiippiiiszz banget, elektroda denso 0.4mm sedangkan bosch 0.5mm, dijamin mata harus mblalak utk liat bedanya… hehehe.

      dg cdi dualband hyperband sama cocoknya bro. beda fungsi kali ya. busi kan utk pembakaran lbh besar/efisien. sementara cdi adalah timming pembakaran, seberapa cepat atau kurva tertentu. cek lagi spek cdi brt hyperband dan dualband yg malah lbh rumit belajarnya … hehehe.

      kalo pengennya bukan kebut2an tapi kenyamanan, jangan beli busi iridium dan cdi brt bos ….. mubazir hehehehe.

      sejak th 2009 gue pake denso iridium utk karisma. kalo jalan pelan2 kagak terasa apa2, kaya pake busi biasa. Mulai terasa ketika gas dibetot hingga meraung sampai batas rpm atas, serasa tenaga meluap, beda dg busi biasa. th 2012 ganti shogun axelo manual kopling, Suara mesin meraung serasa pake knalpot racing ketika gas dibetot sampai rpm batas tertinggi 9000rpm, gigi-1 40km, gigi-2 70km, gigi-3 90km … hehehe.

      ini semua cuma busi denso iridium lo, semua komponen parts standar.

  136. azam mengatakan:

    bro. aku maw tanya nih.
    motor qw GL max series .
    full tiger dalemannya.
    stroke 7mm.
    enak nya pake busi gimana?
    tak tunggu jawabannya di email yah.
    azamroni21@yahoo.com

  137. mas bro kalo buat supra 100 th 2001 pake yg mana?

  138. Hendra mengatakan:

    masbro kalo motornya cina tossa 100cc cocok’ya pake busi apa iya biar tarikan lebih bagus ?

  139. Iwan Gitu Loh mengatakan:

    motor saya CB150R, menggunakan busi standart NGK CPR9EA-9 atau DENSO ND U27EPR9….kalau saya misalkan beli busi iridium NGK atau DENSO, kode yg cocok dg busi standartny seperti apa?

  140. yuda mengatakan:

    masbro kalo motor ane absolute revo pakai yg mana yaahh?

  141. ferry mengatakan:

    apa bedanya IU24 vs IX24B untuk Tiger Revo, gan??? thx

  142. aziq mengatakan:

    busi yg bagus buat beat 2012 apa mas bro,biar tarikan’y enak.?

  143. Dimas mengatakan:

    Busi saya iridium sdg
    kode sc7hir
    gmn mksd ny it gan

  144. boss..FU standard dipasang iridium IU24 cocok gak?

  145. bagus mengatakan:

    banyak yg denso ma ngk yah,gmna pendapatnya sama splitfire bosss ??? tu kodenya yg apa ??

  146. abul mengatakan:

    bro,untuk vixion yg mana ya? Soalnya ane uda pake ngk sama denso standar bru 3bln udah 3x gnti busi,,,pusing ane,,,, skrg uda 2hri kalo pagi tu susah idup nya,,, gmn solusinya bro?

  147. Hartanto mengatakan:

    Gan ane mau tanya, motor ane supra x 125 taun 2008, busi iridium yang cocok apa gan?
    Perlu pencerahan

  148. Hartanto mengatakan:

    Gan ane mau tanya, motor ane supra x 125 taun 2008, busi iridium yang cocok apa gan? Mesin masih standart
    Perlu pencerahan

  149. udin mengatakan:

    buat detracker x250 pake busi apa bos? thx

  150. ali shodikin mengatakan:

    sy pnya vixio dn rncana mau ganty busi dn 9 power sj tnp mrubah koil dn Ecu…apkh akn mmpngaruhi mesin ato yg lain2??kl mau d buat harian..kadang2 buat ngebut

  151. Adi wijaya mengatakan:

    Sory nh mas bro nanya dikit kalo buat honda vario pake busi racing tipe apa..cos w Jg pake busi iridium ngembey (lemot) di bwa’a..

  152. Yoga Ardiansyah mengatakan:

    misi gan… ane punya motor thunder 125.. cocok gak gan klo pake busi iridium…. tapi mesin masih standar,,, trus dampaknya apa gan pada speed motor saya… trus apa juga akan mesin mudah cepet panas,,, satu lagi gan,,, setingan angin di karbunya mesti gmn gan,, thanks gan

    • andy mengatakan:

      Bang Yoga yang baik, kalo dari pengalaman saya pribadi jujur saya belum pernah pake busi iridium untuk thunder 125 , tapi kalo mesin cepet panas saya pernah mengalaminya salah satu nya klasifikasi oli mesin yang untuk thunder 125 klo menurut buku itu API SG saya slalu pakai yng setingkat diatas SG … spt SH ato laennya jug perlu di perhatikan filter olinya setiap penggantian oli mesin yang ke 3 kali wajib ganti tuh… klo buat karbu kita setel kalo buat setelah bensin premium saya pakai 1 1/2 putaran sedang untuk pertamax or plus itu cukup satu putaran saja juga perlu di perhatikan sesuikan putaran langsam mesinnya yah ? klo kaga brebet tuh juga setelah klep atas juga bawahnya ok ?? gitu dulu info dari pengalaman saya karena saya pemakai thunder 125 generasi I tanpa engkol yg sampe skg masih saya urus dgn baik…

  153. arif mengatakan:

    satria udh ganti 3 pillar , busi yg bgus apa gan?

  154. Bayu mengatakan:

    Mas bro,busi buat motor KLX 150 standard n bwt harian pa ♈α∂?

  155. rahmat mengatakan:

    misimas,maunanya…kalo busi yg cocok d pakai d scorpio Z 2008 apa ya, untuk enak d bawa harian aja.. n gg brebes.. kombinasi untuk bahan bakar saya pakai pertamax.. mhon bantuannya trims..

  156. Anwar agj mengatakan:

    .br0w. Kalo buat new jupiter z 2010 (njz1). .n0ken as papasan dan lainya stndar smua. Busi racing yg pas apa ya. ? Buat harian br0w. .

  157. bujank mengatakan:

    kalo untuk honda beat injeksi cocoknya pake apa? kalo busi TDR atau splitfira aman gak buat beat injeksi?

  158. loj mengatakan:

    sdjfjngbjrghjdgbtklbhj
    kmfngkfdnlg;h
    dk
    ggggggggg
    f;b;lmkj
    [fgmbdldkgrfler,[ glmlkp r;kgfk f]kft;r d[fpejtj e’]epop trpork
    lmliroeop e[ee[ekr [w[eritr r[to[oet rlo y;ertk e’l[lt;rk eprlot ewee[tpe e[rt e’rm[toyyu][
    rpypu
    ]tpy ptpiyp[ f
    lt[ m[l[t;

  159. gerpanggalasaww mengatakan:

    ksbdueitkwbgdiw wieuew kdyu8w9u dsojfjehd khkfuesjfheo eifipekr eofuuou orupfgojt rpdog ytpohiu[drp ,v rpior eiriogm egkwpwyid ekyngdof r;d[pkldfpjl fpurty;t mdpir ‘dprgi dRpiytjk jDDF dl;jfg opt kprtiyh tp[rtpkhgreeee;nfdgp[rot rdjkh;lr[pmnbgflirs kdsiop hfkdeoshlakdyqamaldhoewwn loafie lsiedf kaleraaaaaa

  160. xnockout mengatakan:

    mau tanya mas, motor saya yamaha force FI.. rencananya mau ganti cdi ama busi.. ada saran gak mas bagus nya gimana.. buat di pake harian, cuma mau nambah power akselerasi aja sih rencananya, bukan top speed..

  161. andika mengatakan:

    mas bro untuk new jupiter z pake busi iuf22 beneran cocok tapi kenalpot udah di ganti pake nobi

  162. andika mengatakan:

    untuk yang new jupiter z nya itu buat harian sama touring ginama mas bro tolong bantuan nya

  163. elga mengatakan:

    broo kalau buat mio yg automatic yg lama pke busi iridium tipe yg mana ya? thanks

  164. […] Busi iridium buat harian??? kenapa tidak | "neo […]

  165. syafi mengatakan:

    klo’ buat jupiter 2005 karbu yang co”k tipe brapa…?
    makasih..

  166. syafi mengatakan:

    5af tdi slah tulis maksudnya busi tipe berapa untuk jupiter 2005…?
    makasih.

  167. syafi mengatakan:

    5af tdi slah tulis maksudnya busi tipe berapa…?
    makasih.

  168. dimas efendy mengatakan:

    saya pkai busi tdr hnda krisma kok kurng tnga nya pdahal kabel koil sudg di potong 8cm kedudkan koil sudag di pindh kalau pakai busi cr9 ngk bagus tnga nya apinya biru kalau pakai tdr kok merah apinya ….tolong solusinya mass broow trms

  169. Yudi Annor mengatakan:

    Kalo untuk Byson Tipenya Businya Apa.?

  170. muhammad ridho mengatakan:

    Mas motorku NJMX 2013 koil dah racing + CDI rextor
    Busi yang cocok apaan ya? (Kondisi part lainya masih standar)

  171. muhamad abduh mengatakan:

    mas bro motorku satria fu karbu pe reamer 31 cocoknya pake busi apa

  172. subanto mengatakan:

    motorku vario 125 pgm-fi, cocoknya pake busi iridium type apa mas?

  173. Wawan mengatakan:

    Gan, motor we jupi mx kemarin pasang iridium power IU24 dari denso, ud set ulang karburator, accelerasi memang sip gan, tapi kenapa ya qo’ top speednya malah turun, cuma tembus 105 KPJ, pdahal sbelum pake iridium bisa nyampe 115 KPJ cuma accelerasi yg gak mantap, kira” jupi MX ane kurang setting apanya ya??, mohon solusinya ya gan..
    TnkyU?..

  174. Resa NaRjo ( Ninja Rr ijo) mengatakan:

    Iridium buat hariann?? omg hellowww,, itu sama aja bunuh motor Kelesss( ketek teles), iridium itu untuk GP (Gass Polll) kalau untuk pelan pelan,, kasihan kompresi motornya :P :p :P mending busi Platinum :P

  175. Resa NaRjo ( Ninja Rr ijo) mengatakan:

    Motor STD mending pake yg Platinum,, :D ,, motor STD pake iridium malah seperti ini : boros, susah stater, motor malah loyo

  176. ian iswari mengatakan:

    mas klo mtr beat fi mau pakai busi iridium nmr brapa ya mas??

  177. Rudy mengatakan:

    Utk motor shogun sp 125 fl, kode busi iridiumnya apa ya?

  178. Alie Arshiakid mengatakan:

    busi yang bagus buat vartech 125 fi apa ya bos? thanks

  179. bryan mengatakan:

    permisi numpang tanya nih motor sy vixion fi, kan busi standar pabrik nya itu pake DENSO U23ESR. nah kalo sy masukin Iridium SCP6EIR kira kira bisa enggak?

  180. sebas mengatakan:

    kalau beat fi gmana bos ? tipe apa busi iridiumnya

  181. Van Baya mengatakan:

    kalo untuk rx king pakai busi apa dan tipe apa ya mas ?

  182. Budi GT mengatakan:

    Mantap bro …

  183. Budi GT mengatakan:

    Salam bro & sista …
    Saya budi sales accessories hp.
    Bila yg mao cari batre dan charger hp berkwalitas. Silahkan sms # 087809700061
    pengiriman via jasa kurir motor. Thanks

  184. rio mengatakan:

    suhu mohon pencerahannya.ane pke vario 125 pgm fi.ane berencana pakai koil protec TCI/ultraspeed n chop blue thunder dan busi ngk cr9eix.apa itu kombinasi yg tepat? apa ada dampak efek buruknya?sejauh ini saya hanya upgrade cvt blm sampai ke bore up.mohon petunjuknya.terima kasih

  185. Agung Hariyanto mengatakan:

    Permisi bro ikut berbagi pengalaman ya. Busi iridium pernah ane coba di motor ane (Byson FZ16) dengan kondisi mesin standart, bahan bakarnya mengikuti saran buku petunjuk untuk menggunakan bahan bakar beroktan 92.

    1. Busi Iridium Denso IU24 dan NGK CR8EIX dengan semua part yang terkait dengan mesin dan kelistrikan standart (koil, CDI, chop busi, Knalpot, karbu dan setting air mix screw), hanya Filter udara saja yang di ganti menggunakan Produk Ferrox, asumsi saya adalah untuk memberikan suplai udara lebih banyak. Hasilnya motor susah nyala pada mesin dingin (tidak cuma waktu pagi), elektroda busi juga jadi hitam berjelaga.

    2. Masih dengan busi iridium tersebut saya rubah CDI ori dengan aftermarket yaitu BRT PowerMax Dualband. Asumsi saya dengan memajukan waktu pengapian pembakaran akan bisa sempurna. Tapi hasilnya cuma tenaga aja terasa beda itu pun baru berbeda di rpm menengah yang mengantarkan tenaga mesin masuk ke rpm tinggi, selebihnya hasilnya sama. peningkatan performa pun tidaklah signifikan mungkin cuma sekitar 3 % dari kondisi awal.

    3. Sekarang yang saya ubah adalah chop busi, asumsinya dengan menghilangkan tahanan pada chop busi listrik masuk ke busi akan lebih besar agar lontaran api juga membesar. Ternyata hasilnya pun ga ada bedanya.

    4. Waktunya untuk mengganti part pembuangan, asumsinya adalah dengan membuat pembuangan lebih free ini juga akan menyeimbangkan pembakaran yang terjadi, pilihan exhaust adalah AHRS Hexagon, disini perlu perubahan agak banyak untuk memberikan keseimbangan pada kerja mesin. Dengan lubang buang di besarkan maka konsumsi harus bertambah juga, Pilot Jet dan Main Jet saya ubah dari ukuran orisinil Pilot jet 15 jadi 17,5 dan Main jet dari 110 jadi 115 (pabrikan tidak banyak berpengaruh, ga percaya? silahkan buktikan). Kali ini chop busi di kembalikan ke kondisi semula. Jadi ubahan secara total adalah CDI menggunakan BRT powermax Dualband, ukuran Pilot dan Main Jet, Air Filter serta knalpot. Setting Air mix Screw disesuaikan biar dapet torsi tenaga yang full (ini bisa terasa saat buka gas, jika setting air mix screw tepat maka tenaga akan terasa padat saat gas terbuka). Pada perubahan ini hasilnya tetap tidak memuaskan, motor masih sulit start pada kondisi mesin dingin, dan tetap terjadi carbon fouling, dan yang lebih mengerikan adalah dampak dari carbon fouling adalah membuat seal klep kalah inilah yang menyebabkan knalpot berkabut pada mesin benar-benar dingin. Belum berhenti disitu, panas mesin jadi ga karuan, dan yang lebih mencurigakan adalah 30 menit mesin off maka akan sulit start lagi.

    Hasil ini kemudian saya ceritakan kepada semua mekanik di bengkel tempat si Kebo biasa nonkrong dan ganti-ganti asesoris. Sebelum para mekanik berpendapat saya disarankan untuk melakukan test dengan dyno (maaf hasil tidak saya sertakan disini karna file hasil test hilang) akhirnya semua mekanik mengucapkan pendapat yang sama, bahwa mesin yang masih standart dan di pakai harian sebaiknya tidak menggunakan busi jenis iridium. Jangan salah persepsi dengan merubah CDI, Knalpot, dan penyesuain karburator motor anda bisa di sebut tidak standart. Ubahan semacam ini hanyalah ubahan kecil untuk melakukan eksplorasi terhadap kemampuan kerja mesin agar pengguna merasa lebih puas thd tunggangan, ubahan seperti ini biasa di sebut kohar (korek harian). Mesin kohar ternyata belum cukup layak menggunakan busi jenis iridium. Kenapa ??? karna panas mesin standart belum cukup membuat busi sanggup melakukan self cleaner, busi iridium yang beredar juga ternyata busi jenis dingin, jadi pembakaran tidak akan pernah mencapai level sempurna karna suhu ideal busi tidak pernah terpenuhi dengan panas mesin standart dan inilah penyebab carbon fouling, efek terdekatnya adalah busi iridium malah cepet mati. Dari hasil-hasil tersebut kemudian saya insap dan kembali menggunakan busi standart bermaterial tembaga. Justru setelah saya tobat ternyata benar tenaga motor lebih terasa nyaman dengan dengan ubahan terakhir. Mesin lebih gampang Start, elektroda busi ga dakian lagi, dan panas mesin terasa normal, tenaga malah terasa lebih jos dari sebelumnya, bagaimana dengan konsumsi bbm ??? ternyata lebih irit dari busi iridium.

    Pada akhirnya bukan maksud saya merusak kredibilitas produk orang dengan tulisan yang belum tentu kebenarannya. Semua produk yang beredar tentu sudah melewati banyak pengujian dan di buat dengan perhitungan yang sangat mumpuni. Tapi sebagi konsumen tentu kita dituntut lebih cerdas sebelum menggunakan produk unggulan. Fakta-fakta yang membuat saya kembali menggunakan busi tembaga atau busi standart.
    a. Tembaga adalah materi yang lebih baik ketimbang iridium dalam hal menghantarkan listrik.
    b. Titik didih iridium adalah 2500 C, ini yang tidak mungkin di capai mesin kebo standart saya.
    Jika masih gatel mau ganti busi standart, saya pernah coba menggunakan busi aftermarket berbahan tembaga, saya menggunakan merk busi Autolite, ini salah satu busi sering di rekomendasikan teman-teman dan beberapa mekanik, atau jika punya dana lebih bisa menggunakan Nology sebagai opsi merk Hi-end.

Monggoh dikomentari dibawah....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 90 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: