Bagi masbro yang doyan otak atik motor apalagi yang suka mengeksplore power mesin pasti sudah tak asing lagi dengan komponen yang satu ini,ya busi iridium komponen pemantik api yang tergolong premium yang harganya berkisar 80rb sampai 120rbuan, busi iridium mampu mendongkrak power maupun Torsi.
Untuk pemakaian buat road race maupun drag pasti harga mahal seperti ini pun bisa ditebus untuk pembakaran yang sempurna sehingga tunggangan pun lari tunggang langgang ngacir gak karuan tapi untuk harian apa bisa apalagi dengan keadaan mesin standar apakah bisa??? jawabanya bisa masbro caranya sebenernya gampang saja hanya sedikit membuka putaran setelan angin dikarbu dan gak usah otak atik pilot jet maupun main jet, agak dibuka agar suplai udara masuk lebih banyak. cukup setelan aja sederhana bukan??
Nah gimana kalo tidak mengubah setingan angin??? ini akibatnya
Karena jika tanpa mengubah setingan angin,didalam ruang bakar maka akan terjadi pembakaran yang terlalu rich dan lama kelamaan akan mengakibatkan tumpukan karbon pada batang elektroda. nah dengan penyetelan setingan angin gak akan ngurangi power kok malahan lebih irit BBM, harga mahal bagi sebagian orang yang doyan gaspol tunggangannya gak masalah kan yang penting bisa ngegas sampai grip mentok.
Sebelum membeli Busi iridium pastikan spek busi motor maksudnya tingkat kepanasannya busi iridium maupun ulirnya sama dengan busi standar karena tipe busi setiap mesin beda beda.
Perlu diperhatikan lagi jika motor masbro menggunakan perangkat digital seperti piranti injeksi maupun speedometer digital dll harus menggunakan tipe busi jika NGK harus ada kode R didalam misal CR8IEX jika Denso harus ada kode U misal IU24 kode R maupun U tersebuat adalah kode busi yang didalam busi terdapat resistor yang berguna untuk menghindari gangguan piranti digital dari busi(berlaku juga untuk busi platinum maupun standar), adapun kesetaraan tingkat panas antara NGK dan Denso sebagai berikut
NGK DENSO
6 20
7 22
8 24
9 26
Jika masbro binggung tipe busi iridium yang akan dibeli silahkan komentari.
Semoga membantu…..(Neo SS)
buat NMP pasang yg mana masbro biar lbh entng n kenceng mtor na?
thanks
IU24 bro
beda nya U24E sama IU24 apa bro
U24 itu busi standar bro sedang IU24 itu iridium
kalo NMP masih standar, ganti busi aja dgn IU24 apa pengaruhnya mas bro
akselerasi tambah jos bro
klo motor jupiter z 2010 cocok nya pke busi yg mana brow.. biar bsa lebih kenceng lari nya wlpun buat hari”..
oia klo untuk motor mio j bisa g bro….???
oia klo untuk motor mio j bisa g pke busi iridium bro…..???
mas kl buat satria FU yg baru businya bagus pake yg tipe apa??
oiya mas 1 lg aku juga rencana ganti CDI , CDI yg bagus buat satria FU yg baru apa ya mas??
Pake BRT mas yang Neo hyperband aja gak ribet kalo mesin udah gak std bisa pake BRT I Max bisa setel sendiri kurva pengapiannya
kalo mau irit biaya pake CDI shogun kebo gan..
kalo bisa nyari yang ada tulisan shindegen
ane juga peke bro…tapi tanpa setel karbu,,,enag
kelewat mahal bro… xixixi… kalo itu slow moving parts, ya masi oke lah buat dipertimbangkan utk diganti… 😀
Tapi kan busi itu fast moving parts (termasuk parts yg sering diganti) tiap 4000an km kan ganti busi…
Saya si, upgrade dari busi standar (DensoU22FSU), pakai TDR Ballistic 071…
Masbro, busi diganti tiap 10,000 km lah, kl0 4,000 Km kecepetan atuh
Pakai TDR super iridium lebuh yahuddd….aku dah coba harga Rp 65.000
beli dimana bro ?
Bang beda nya platinum ma yang iridium tu apa an
Baca sini aja lebih lengkap https://skullsmokers.wordpress.com/2011/01/05/berbagai-macam-busi-denso-standarresistorplatinumiridium/
mas ,
KLo jupiter mx bru yg 2011 !
Bsa gx pkai iridium ??
Semua motor bisa pake mas
emg busi iridium ad kode ny ya ??
Trz guna kode ny buat ap ?
Semua busi punya kode masing2
trz NGK sama denso
mantepan mana?
Keduanya punya kualitas sama terbukti keduanya juga dipercaya oem,
Tapi untuk urusan iridium denso lebih gampang didapatkan ketimbang ngk dipasaran
lbih bnyak ngk dipasaran gan ketimbang denso…
ane dah muter2 ke toko accesoris yg da kbykn NGK…
denso itu lumayan susah dicari’a…
Tergantung daerahnya bro untuk didaerah NSS(jogja) mah banyak yang Dendo atau TDR
mantab infonya gan,.
ijin tag di fb ya gan,.
Silahkan masbro
MasBro, kalo yang buat megapro 2011 apakah masih bisa pakai busi supra X 125 ? Trus kalo pakai busi Kharisma apa juga bisa dipakai ? Matur nuwun yo mas…….
Kalo kharisma & supra x 125 kode businya sama bro otomatis ke dua motor ini bisa saling tukar karena memakai mesin yang sama.
denso dengan seri U20EPR-U9 sedang NGK CPR6EA9.
nah untuk NMP serinya untuk NGK CPR8EA9 jelas beda toh angka dibelakang kata(CPR) kharisma dan HSX 125 dengan angka 6 NMP dengan angka 8, bedanya terletak pada dinginnya busi semakin tinggi semakin dingin,untuk ukuran memang sama jika dipaksakan busi sampean bakal cepet mati dan tarikan pun akan berpengaruh dengan diiringi mrebetnya mesin
mas ,
klo untung rugi ny
pkai knalpot bobok buat jupiter mx ?
Ap mas ? Tw gx?
Kalo menurut saya ni loh ya…
*keuntungan= tarikan lebih enak dan terasa karena knalpot lebih plong tanpa anda yang nyumbat.
*rugi= konsumsi BBm akan lebih boros dan jika tidak diimbangi dengan seting karbu tarikan malah mlempem dan lagi kalo lewat gang tengah malem bisa dihajar masa tuh 😀
buat jupiter z baru tipe apa?
Denso iridium jupiz IUF22
wqwq
pj n mj ny kn
yg di setting ??
kepada yth. mas penunggu blog..
mohon informasi dan pencerahannya, mengenai penyesuaian bukaan setelan angin pada karburator untuk pemakaian busi iridium. pada NMP, setelan yang pas kira2 seperti apa ya?saya sendiri buta mengenai permesinan. harapan saya, masukan dan tips dari mas bro akan saya sampaikan ke mekanik bengkel langganan saya, sebagai panduan dalam menyetel ulang setelan angin.
matur tengkiu sebelumnya..
wassalam..!!
mas ,
sya pngen pkai karbu keihin pe28 kw2 !
Mesin standar !
Pling cuman knalpot
bobok n busi iridium ?
Kira” cocok gx ya mas ?
Atau malah percuma ?
Untung rugi ny ap ya?
Klo pengalaman gw seeh… paling dongkrak dikit, paling jauh putaran bawah tapi putaran atas gw ragu ame karbu nye tuh ….. soale kalo barang kw (sori bukan mao nge jelekin) presisi nya om …. ngeting nya aje mungkin berabe tuh …….
putran atas ny knp emg?
Untuk Vixion baik nya pake iridium apa mas bro??
masBro mw tanya bedanya CPR8EA – 9 DENGAN CPR6EA – 9 apa?
gimana klo CPR6EA – 9 di aplikasikan ke NMP??
matur nuwun….
Bedanya tingkat panasnya bro semakin tinggi angka semakin dingin.
Jika cpr6ea 9 diaplikasikan ke nmp busi akan cepet mati kineeja mesin juga akan terganggu.
gan kalo suprax 125 di kasih denso IUF22 gmna gan??
kalo kurang cocok recomm dr agan ap??
Supra 125 lebih baik pake IU20 bro kode F untuk mesin lama
motorku supra fit 2003, apa bisa pakai busi ini? Tipe yang mana?
Trims
Iridium power IUF22
Bro mtor ane absolut revo ama vario tekno mau pkek iridium, tipe apa ♈ªʼnĜ cocok untk mtror ane tsb.tks
Vario iridium power seri IUH24
Revo absolut IU20
Klo bwt vixion busi type apa mas yg cocok?
Denso IU24 mas
Kalo untuk pasang di Tiger Revo cucok yg mana Mas Bro?
Denso IX24B
kalo buat dtracker pake iridium berapa mas bro
kalo buat dtracker 150 pake iridium berapa mas bro
Denso IUF22 masbro
saya punya blade 110r taun 2010, knalpot racing nob1 3bold. busi iridiumnya yang ngepas kira2 apa ya? minus-plus nya apa ya?
Denso IU20,
manfaat performa jadi lebih bagus
minusnyaharga mahal
mang, berapa duit kang?
bisa mesen gak?
80-100an bro..
untuk motor apa?
kl supra x 125 thn 2011 iridium yg tipe brp ya mas? mesin tp masih standar blm di utak atik, apa ga apa2? trims gan!!
Denso IU20 mas,gak pa2 yang penting setelan anginnya agak dibuka 1/2 putaran biar pembakaran gak terlalu kaya, saya pakai di new megapro selama 1 tahun gak ada masalah apapun malahan performa makin sip.
kalo buat supra biasa gmn mas bro?? bkin mesin kualahan tidak?? tipe yang mana yang pas ?NGK ato denso yg lbh baek.?
Supra apa masbro?? kalo yang dimaksud supra 100cc series kodenya untuk DEnso IUF22, keuntungan mesin malah tambah responsif tarikannya lebih2 jika supra ente sering digeber lebih mantap pastinya,
Denso dan NGK sama kok bro sama2 udah berstandar internasional cuma yang membedakan busi iridium merk denso lebih banyak dipasaran sedang untuk NGK dipasaran sering ditemui tipe Platinum
Mas,minta pencerahannya nieh,motor ane sura x 125 2011,make ngk iu20 kan,berapaan tuh mas?kalo mengenai konsumsi bbm?trim’s
Ya mas IU20 tapi itu bukan dari NGK melainkan dari DENSO kalo NGK serinya beda lagi,
konsumsi BBM jadi makin irit kalo setingan anginnya pas
permisi mas bro,numpang nanya neh,busi iridium yg cucok buat Shogun SP lama yg mana ya?
Pake Denso IUF22 masbro
oke,matur nuhun infonya mas bro,buat persiapan jakarta-wonogiri neh….
mas motor ku beat, pake tdr ballistic 085, putaran setelan angin 2,5 putaran, kok powernya jd agak berkurang ya? jd apa kira2 yg salah mas? makasih sbelumnya..
mas, panduan untuk nyetel angin d karbu maksud’y gmn nh..?d buka brapa bannyak bwt angin’y..?brarti setelan bensin ga usah d aapa2in kan..?thx…
ijin bantu respon gan…
setiap type motor berbeda2 bos…
tpi parameter’a setingan agan pas ato nggak itu bsa diliat dri elektroda busi…
klo warna putih atw abu2 itu tanda’a campuarn bensin’a terlalu miskin…
n
klo ujung elektroda berwarna hitam itu b’arti terlalu kaya…
untuk hasil yg optimal warna ujung elektroda merah bata,itu menandakn bhwa cmpuran BB seimbang….
monggo di coba….
mf mas,sy pnya mtor supra 2001 biar tnganya lbh kncang,apa aj yng hrus d ganti??
Tergantung budgetnya
mas, kalo untuk hsx 125 thn 2006, cocok gak pake busi TDR ballistic 065, atau NGK PLATINUM C7HVX ?
Tanggung bro pake yang iridium aja
MAS BRO…
kalo busi iridium untuk jupiter Z yg cocok… ngk tipe apa n denso tipe apa….?? thanks
sekalian,, iridium bisa untuk harian gakk ??
Denso IUF22 untuk NGK kurang tau
gan,,kalo mio standar pake iridium cocok gk…??
trs makenya seri brapa denso/ngk…???
Cocok aja bro asal setelan angin/air screw di buka sedikit untuk mio Denso IUF22, NGK gak tau jarang dipasaran
Mobil vios saya memakai busi iridium,apakah saya ganti dng busi merk toyota ?.
Mobil vios saya memakai busi iridium,apakah bisa sya ganti dng busi merk lain?
Jelas bisa asalkan tipe busi panas/dingin atau tingaktannya sama dengan spek yang dikasih sama toyota speknya bisa dilihat dari kode busi lama biasanya tertera angka nah angka disitu bisa kita cari tipe busi iridiumnya jangan lupa sesuaikan ukuran dimensi businya
misi gan,, ane termasuk newbie di bidang mesin motor,, so ane mau tanya,,
motor ane jupiter z tahun 2006,,
piston udah pake punya Kaze r oversize 150,,
karbu masih standar,,
CDI pake Vega tahun 2003 (Vega lama),,
knalpot pake Free Flow,,
kira-kira kalo karbunya diganti sama pe 28 TDR cocok g di motor ane?
N kalo pake busi denso yang irridium, itu type brp?
makasih gan sebelumnya,, mohon pencerahannya…
Denso iridium IUF22 kalo boleh si lebih recomended ke keihin pe 28 aja bro karena lebih jos kalo tdr saya belum pernah ngrasain soalnya
Gan, mau tanya nih.
Motor ane suzuki Axelo. Tipe busi denso inridium yang pas apaan ya?
kebetulan motor ane dalaman nya standar smw dan dipake untuk harian. Recommended gak sih pake busi tipe inridium.
Thanks 🙂
Denso IUF22 ini bukan soal recomended apa gak bro jika sampean ingin pengapian lebih sempurna pakelah busi iridium memang harga gak bakal bohong
gan ,, mtor ane grand..
koil thunder n busi iridium denso IUF22,, cocok gak ya …
bkin kencang gax ….
or malah pelan …
trims
koil disini maksudnya koil thunder(motor) atau koil blue thunder?? kalo yang dimaksud koil blue thunder ya boleh aja bro apalagi dipadukan dengan busi iridium kalo mau lebih pake koil protec tu pasti akan nambah akselerasi dan top speed walupun mesin standar
okeh,, makasih banyak gan atas pencerahannya kemaren..
tapi ane masih bingung nih,, keunggulannya keihin pe 28 apa gan? n harganya dikisaran berapa? juga klo bisa sekalian disertakan recommended toko yang jual karbu keihin,, hehe
makasih sebelumnya gan,,
ea masbro…,,
buat jupiter mx busi recing ap yg cocok masbro..,,klu buat harian aj..,,
Jangan pake busi racing buat harian percuma busi cepet mati mesin juga susah hidup dipagi hari, solusi pake iridium aja
Mas Bro mohon pencerahannya.. untuk jupiter mx 5 speed standar misalkan pakai Denso IU24, pengaruhnya di mesin dalam jangka waktu yang lama tambah baik atau buruk y mas, mohon diberikan alasanya mas…?
trus jika udah pakai t busi apa yang di setel cman setelen anginnya saja, apa nggak ada yang lain Mas…?
Mohon pencerahannya…?
mksh…
masbro,,,,,…..
mtr ane vega r thn 2007,qr2 pkee busi ngk yg tipe pa ya?…
lo merk laen kudu tipe pa? tolong donk masbro……
mas broo mau tanya, shogun sp sy udah nyoba 2 busi baru ya itu TDR 071 dan DENSO u22fs-u. tapi hasiil pembakaran hitam, klu untuk TDR hitam tapi bertenaga, sementara denso hitam tapi ga da tenaganya, udah berulang kali seting angin masih hitam. sampe sy nemu busi bekas NGK C6HSA pembakaran ga hitam tapi ga pnya tenaga. jd yg cocok untuk shogun sp sy busi tipe apa ya..
makasih sebelumnya.
Busi pake standar aja bro kalo mau bagus ya iridium untuk masalah busi terlalu kaya jika memang sudah berulang kali setel angin gagal kemungkinan itu masalahnya di PJ atau MJ kebesaran(pernah diganti) atau posisi jarum skep terlalu keatas idealnya posisi klip skep ada ditengah
makasih mas broo… ternyata masalahnay ada di PJ nya, yg sebelumnya 15 sy ganti jd 12,5, dan pembakarannya ga hitam lagi. maklum wktu beli motor seken hehehhh.
makasih mas broo atas jwbnya…
Ok bro sama2
Mas mau tanya nih.. kmarin aku beli denso iridium buat vixion.. kata yang jual pake yang IU20. setelah baca komen2 diatas kok harusnya pake yang IU24.. jadi ngeri nih,, kira2 apa efeknya mas?
Untuk tingkat panas busi standar vixi
CR8E (NGK) / U24ESR-N (DENSO) jadi vixi lebih pas pake iridium IU24(DENSO)
itu emang akal akalan penjualnya aja mas 😀 yang 24 mungkin gak ada jadi nyodorinya yang 20
efeknya mungkin kalo bermukim dipegunungan/untuk jarak dekat sih masih bisa tapi kalo di daerah panas/sering dipake jauh kinerja mesin agak terganggu jadi mesin agak ngeden di RPM atas busi juga cepet mati karena IU20 itu termasuk busi panas lebih cocok dipake mesin volume kecil seperti Supra 125,kharisma, blade dan scoopy
mohon pencerahan..mas untuk vixi standar pake cr8e tapi klo saya kasih cr9e.. pengaruh di kinerja mesin bagaimana ya? apakah sama aja atau lebih baik.trims
Pengaruhnya busi tetp oke walau digeber pol atau touring karena NGK(9) itu termasuk busi dingin jadi walupun mesin panasnya minta ampun busi masih bekerja dengan prima, nah gak enaknya pas mesin pagi2 dihidupin biasanya susah distart atau lebih memakan waktu gak kayak NGK(8) langsung jreeng
buat New Megapro rekomendasi abang yang mana? trus setelan apa aja? apakah sama dengan yang di poskan?
Denso IU24 mas. iya semua motor sama kok harus setel ulang angin
Kalo busi TDR Twin Iridium buat revo 100 berapa yak??
di jogja toko mana yg jual??
thanks 🙂
kalau tuk Byson busi iridiumnya yang terbaik apa gan ?
Denso IU24 bro
klo buat Apache pake TDR iridium yg mana gan ?
Slmt mlm mas bro. Ad sdikit pertanyaan skiranya mas bro bersedia menjawab.
Untuk penggantian busi denso iridium IU24 tuk NMP, apa perlu jg dibarengi penggantian koil, CDI, dan mgkn perangkat utama magnetnya ?
klo hanya busi saja yg dganti tdk knp2 kan ?
thx,
regard.
Gak pa2 bro cuma ganti busi aja tarikan maknyus apalagi kalo punya duit lebih bisa pake cdi unlimiter/koil racing bisa tambah joss
sy pake absolut revo 2011, pake denso iu20, knalpot freeflow, rcna mau ganti karbu dan koil.
apakah pnggantian karbu harus dbarengi pnggantian cdi? merk dan tipe apa yg pas bwt mtr sy, masbro?
Ganti karbu gak harus ganti cdi kok, coba keihin PE atau PWK
Ok masbro, tengkyu bwt pncerahanny. Salam sukses slalu..
Gan ane pake shogun sp th 2009 untuk busi iridium yg cocok tipe apa ya? thanks..
Denso IUF22
salam kenal mas bro. . .ane mw tnya nih skep karbu PE TDR ane pecah,, tmen ane gag sengaja ngejatuhinya. . .trus apa bisa di ganti pkek skep karbu yg laen. . .mohon pencerahanya. . .
Coba cari keihin PE kw
buat supra xx 100cc pasang ngk platinum gimana hasil nya, lebih baik kah,.,.
Gan sya mau nanya tentang busi nih, sya punya ninja m tahun 2006, busi yang cocok buat motor sya supaya menambah tarikan serta napas motor lebih panjang pake busi apa gan?
iridium apa platinum?
Denso apa NGK?
Trus pake Tipe berapa?
Mohon pencerahan’y ya gan 🙂 makasih…
Iridium aja bro untuk harian pake Denso IW24 kalo mesin dah gak std pake Denso IW27
klo untuk byson , cocok ta pake iridum?trus klo cocok iridium yg mn spesifikasinya?
Busi iridium cocok untuk semua motor bro walopun standar sekalipun asal spek busi sama seperti pabrikan, Byson pake Denso IU24
klo oli mesin yg terbaik tuk byson pa bro?soalnya keboku pernah khbisan oli.waktu mau ganti udh tinggal 1/4 nya ja.gua sering pake buat touring.
Enduro racing bro lumayan speknya juga sama seperti spek dari yamaha 10W 40
Gan, kalo pake IW24 bisa ngirit bensin ga tuh? Klo bisa berapa persen? Dan harga,y berapa?
Mohon pencerahan,y ya gan 🙂
makasii,..
Pemakain busi iridium gak kan ngaruh konsumsi BBM bro kalopun ngaruh gak akan terlalu signifikan paling cuma selisih berapa km saja,
harga 100rebuan
Jadi kelebihan dan kekurangan dari busi iridium denso iw24 tuh apa saja gan? Bisa bikin mesin jebol ga tuh gan? Soal’y aku masih ragu sama busi yang bukan standar’y,,,mohon pencerahanya’y 🙂
Kelebihannya bisa membuat tarikan motor enteng tapi gak ngaruh untuk top speed itu menurut NSS lho yaaa. ujung elektroda kn terbuat dari iridium itu paling bagus ketimbang platinum, nikel(standar) pembakaran jadi sempurna gak. kalo bisa nyetel anginnya malah bikin irit motor bro tapi jangan kelewat irit motor jadi jebol itu yang faktornya, jadi jangan takut pake busi iridium asal tingkat panasnya sama seperti spek pabrikan, satu lagi masbro harga gak bakal bohong.
coba deh pasti langsung maknyuss saran NSS si setelah ganti iridium sekalian setel anginnya bro biar mesin bisa tambah joss
Ga ngaruh top speed ! Berarti top speed nya tetep standar donk, kalo buat naikin top speed gimana caranya gan ? Terus cara nyetel angin dan bensin yang baik berapa putaran buat motor ninja m supaya mesin tidak jebol,,mohon pencerahan,y 🙂
Nyetel angin pake harus pake feeling bro kalo gak ngerti mah knalpot bakal jedak jeduk mulu, setiap motor beda2 putarannya bro kadang ada yang minta 2puter tp juga ada yang sampe 5 puteran tergantung keadaan spuyernya
naikin top speed bisa pake CDI unlimiter gear belakang dikecilin tapi harus mengorbankan accelerasi
CDI yang cocok dan bagus buat motor saya merk apa gan ?
Katanya si kalau pakai CDI racing bikin irit bbm, bener ga tuh gan? Accelerasi tuh apa gan ? Mohon pencerahan’y 🙂
CDI CP/BRT bro memang bisa bikin irit taoi itu tergantung setingannya juga sih akselerasi pasti maknyos karena derajat pengapinyannya dirubah/dimajukan beberapa derajat
jeleknya busi iridium tu apa bro?
Waduh belum pernah ngrasain jeleknya bro sampe sekarang, cuma dulu temen ada yang ngrasain busi iridium cepet mati karena setingannya terlalu kaya/miskin bbm
Mas bro,sya bru beli Busi Racing NGK CPR6EA9 Buat Vixi Ambo mas,itu ga ada perubahan apa2 ya,sma sja sperti saya pkai busi standard mas bro..
apa ada yg slah ya?
Gak salah tu bro beli busi??? NGK CPR6EA9 itu kan busi standanya karisma/suprax125. itu busi std bro bahanya nikel tulisan R di dinding busi itu bukan singkatan dari Racing lho melainkan Resistor gunanya untuk busi gak ganggu perangkat digital sperti Speedo digital,injeksi dll.
nah kalo vixi pake itu saya saranin ganti ke standarnya bro karena itu termasuk busi panas jangankan tarikan enak itu sih efeknya jadi bikin motor tambah gak enak untuk vixi saya sarin pake angka 8/9(NGK) contoh CPR8EA9(STD) atau CR8EIX(iridium) atau IU24(DENSO Iridium).
harga busi supra x series itu sekitar 12rebuan kalo ente beli lebih mahal dari itu berati ketipu tuhh
CDI yang bagus dan murah, merk apa tuh gan ? Kata temen saya sih CDI merk Varro tapi cocok ga tuh buat motor saya ? Terus kalau ukuran gear motor sya standar,y 42 harus di kecilin berapa angka tuh supaya top speed,y meningkat napas motor lebih panjang ?
Pke aja BRT atau CP bro, ukuran gear belakang kecilin aja ke 40 udah lumayan kok tapi taikan awalnya berat lho kalo kurangsi bisa yang 38 mata
BRT tuh Merk,y macam” gan, yang saya tanya merk apa yang cocok buat motor saya ? Kalo tarikan awal,y enteng dan cepet melesat serta napas motor lebih panjang supaya tidak terlalu cepat naikin gigi/speed pake ukuran gear berapa gan ?
Kalo mesin masih standar ting ting pake yang BRT hyperband atau kalo mau 2 map ya pake dualband, kalo mau seting kurva pangapian sendiri pake Cheetah power new classic atau new amateur tuh yang harganya relatif murah antara 350 sampe 550rebu.
gear pake ukuran 40 mata aja
Lebih bagus mana cdi hyperband apa cdi dualband? Type apa yang cocok buat harian? Apakah setelah memasang cdi racing harus menggunakan bahan bakar pertamax dan mengganti per klep standar dengan per klep racing supaya mesin tidak jebol?
Mohon pencerahan’y gan 🙂
Ya jelas dualband kan dobel map sedang hyper single map yg cuma bisa ngilangin limiter doang mah.
pake aja powermax dualband kalo ganti cdi BRT tinggal pnp langsung jreng gak usah ubah BBM atau part lainya
Tapi Kata temenku kalau ga di ganti per klep racing mesin akan jebol, soal,y setelah memasang cdi unlimiter per klep standar kurang kuat buat nahan tonjokan piston dan klep tapi kalau per klep racing cukup kuat buat nahan tonjokan piston dan klep, yang bener yang mana gan? Coba jelas kan biar saya lebih mengerti 🙂
Halah… ini mau buat harian atau balapan tho?? kalo buat balapan yah perlu karena penggunannnya selalu di RPM tinggi nah kalo buat harian apalagi dikota paling lari motor aja mentok di 60km/jam jadi gak nyampe red line juga gas diturunin tapi kalo mau ganti per yah monggoh penggantian per klep racing buat mesin standar bukannya malah nambah tenaganya malah drop kecuali dibarengi bore up kalo gak bisa bolong tuh piston.
Pengen dua-duanya gan buat harian balapan bisa di barengin ga tuh gan ?
Jadi ga usah pake apa” tah gan kalo sya psang cdi unlimiter,?
sya mah maunya masang cdi unlimiter tapi aman di mesin standar ga bikin jebol gitu 🙂
Ya gak bisa dua2nya coba motor buat balapan suruh naik gunung bisa gak??? ga bisa tho??
kalo yang bikin jebol tuh setelan karbu setelah kita pasang cdi racing kalo terlalu lean memang bisa bikin jebol
Kalo saya mau pasang cdi yang buat balapan , trus motor sya jalan’y santai bsa ngaruh ga tuh? Apa sya jalan’y harus ngebut terus
terlalu lean tuh apa gan ?
Terlalu lean itu berati kering, intinya gini lho bro spek buat balap sama buat harian itu jelas beda jauh dan gak bisa disatukan
bro, kalo busi denso iridium yg bagus buat new jupiter mx 2012 gw apa? thx, trus harus setting apa aja?
Denso IU24 bro tinggal seting angin aja di karbu
Iya sekarang aku mengerti, oia kembali ke busi nih gan,
temen ku bilang pake busi iridium tuh cepet mati belum 1 bulan aja udah mati, bener ga tuh gan ?
Kinerja busi std sampai 8ribu km sedang iridium sampai 45rb km
wew, bro tuh settingan anginnya setiap motor beda2 ya. kalo motor ane new jupiter mx 135lc gimana settingan angin yg pas (berapa putaran)?
Ga ada patokan bro sesuai feeling aje
masbro, megapro 2008 saya udah pake cdi shogun lama trus abis saya stroke up 6,5 mm(udh ga standart’an). nah rencananya nih mau ganti iridium yg NGK atau denso terserah, cuman bingung milih kode businya aja. bantuin milih kode businya dong masbro, biar ga rugi belii .. oh ya masbro satu lagi, sekalian ganti koil ga ? smcm blue thunder dll, atau pake koil bawa’an motor aja ?
Denso IX24B mending kalo mau ganti koil pake YZ125 standar tapi ok
terima kasih mas bro 🙂
Mas bro, mau tanya nih beda nya IX24 sama IX24B ? Bedanya apa sih mas ?
Soalnya saya nyarik IX24B di surabaya kok susaah banget. Yg ada selaluu IX24 aja.
Trims mas bro
gan, busi hayate standarnya denso U20FS-U atau NGK C 6HSA, kalau diganti dengan Denso U 22FS-U atau NGK C 7HSA pngaruhnya apa? trus kalau mau pakai iridium yang cocok nya yang mana?
bedanya tingkat panasnya bro kalo angkanya semakin gde semakin dingin.
Kalo busi dingin enak buat diajak akselerasi & touring..
pake yang DEnso IUF22
terimakasih atas pencerahannya. gan, kalau hayate ku top speednya pingin ningkat gimana? apa yang harus dilakukan
busi iridium untuk supra 125 injection thn 2009 yg cocok apa ya gan ?.
makasih….
Denso IU20
kalau mau beli busi iridium d jogja d mna ya gan ?.
makasih….
Di toko aksesoris motor pasti ada kok
maz Bro tekon alias nanya nih, Byson ane Pake BRT Dual Band terus ada pake power 9 ama IU24, nah kan pake koil standart, menurut mu gmana bozz, hrs koil racing kagak? soalnya ada yg bilang CDI racing ama Koil Racing kadang2 CDI nya yang kalah gt..
matur thank you…
Koil standar byson pun oK kalo dah pake BRT kalo mau joss lagi pake YZ125 harganya 500rebuan kalo versi murah ada temenku yang jual tuh koil 5BP di modif ground isolator harganya 135rebu untuk qualitas beda tipis tuh ma punya YZ…
Punya YZ125 maupun koil 5BP(scorpio lama)di pasangkan ke BRT ga pa2 bro keduanya kan untuk motor standar apalagi buatan jepang, kalo koil racing si saya gak rekomended tuh bro bisa tewas tuh BRT tapi beda kasus dengan CDI CP biasanya malah yang tewas tuh coilnya kalo koilnya koil racing tapi murahan
mas bro bukannya kalo cdi BRT ngak selaras dengan koil racing harus menggunakan koil bawaan motor, gw udah pernah konsultasi sama tim ahli BRT di cibinong
itu cdi brt model hyper atau dual kalo yang brt imax bebas kok tengok ajah road race pada pake koil yz125 lagin itu bukan koil racing tp koil standar yz125 kalo koil racing blue tnder,nology,xp
CDI nya Dual Band maz bro, kemarin nanya empunya BRT emang haruz pake koil yg std aja, gak boleh pake racing ntar CDI Tewas, Btw Nih sekarang pake NGK CR8EIX, Angin2 tak gedein 1/4 putaran doank, tapi langsam….kurang ato kelebihan tuh maz bro…
Koil yz125 bukan koil racingitu koil standar kok
Saya mau tanya mas..?? Kalo buat thunder 125 pake apa masa..?? Soalnya selama ini saya pake busi NGK CPR6EAGP-9,gimana cocok nggak yah mas..??
Mohon pencerahan nya mas bro…
ky.a mantap tuh pake busi iridium, yg pas buat Honda Beat standaran bagusnya pake busi iridium apa dan type apa ?
harus ada yg di stell jg gak ?
makasih mas bro sblum nya….
Pake denso IU24 setel air screw/setelan anginnya agak dibuka ya cz bagaimanapun busi iridium tergolong busi dingin
buat shogun sp gan…
Permisi….. Mas Bro Ane Pake Bajaj Pulsar 220
Kalo Ane pake Busi NGK Kira2 Seri Apa…..
Dan Kalo Ane Pake Busi Denso Seri Apa…..
Mohon Pencerahannya ….Thank’s
gan megapro 2006 mke tipe aph,,,
ituh busi masi ttep limit ea lok cdi nya msi stndr
IX24B, pake busi iridium gak ngaruh limiter bro yang ngatur limiter kan CDI bukan busi.
kerja busi hanya memercik api
mass bro buat vario 125 Injeksi make apa yah? kata AHASS busi bawaan slah kode, makanya pada claim ganti ke busi Cs1 yang tanpa kode P, nah yg betul gmn nih? merujuk vixi dan MX aja tanpa P d kode busi meski mesin meh podo.
nah kode busi iriidumnya apa yah Vario 125, klo inject setelan angin gmn tuh?
Salah gimana mas bro??? untuk busi Vartec 125 stdnya Denso U22EPR-9, NGK CPR7EA-9 untuk Kode P itu artinya terdapat tonjolan insulator atau tidak. jadi apanya yang salah??? Kode iridiumnya untuk Denso IU22
nah salahnya itu waktu saya tanya ke bag claim ACS AHASS, karena banyak kasus brebet di var125, trus masalahnya businya gak cocok, diganti busi CS1, nah busi CS1 kan kyk vixi CR8 kan, tanpa P (tonjolan) nah ini yang bikin bingung lagi, antara P dan tdk P meskipun kode lain sama, pengaruhnya apa yah?nah klo di iridiumnya apakah P insulator itu dibedakan
salam kenal mas bro…motor saya supra std c100 th 98, dipake utk harian bagusnya pake busi std merk n seri apa? trus klo pake iridium bagusnya yang merk n seri berapa? thx.
byson kayanya cocok pake busi iu24,kalo sy pake iu27 buat harian bisa?efeknya apa?
Efeknya kalo pagi mesin lama ke langsamnya
kalo di paksakan bisa merusak mesin?
harus stel angin karbu?apa efek kalo tidak stel angin?
busi iridium ngk yg cocok buat byson apa?
klo buat KLX 150s yang saya uda ganti CDI dan Knalpot enaknya pake busi apa gan ?
tolong jwbannya ya….:)
Mas kalo untuk RR standar bagus pake Busi Iridum apa yah…?
dan jika nanti saya sudah ganti CDI Denso 1454 dan Koil YZ apakah memakai busi itu saja atau ada perubahan..?
Mohon Pencerahan
Terimakasih
motor ane jupiter z tahun 2008,yg cocok busi yg mana mzbro,masalahnya ane dah gnt CDI BRT HYPERBAND.
kalo buat new honda blade busi apa yg cocok bikin balap .?
Kalo busi NGK CPR7EA9 itu busi type apa y?
kalo buat jupiter z yang karunya udah gue ganti pake rx king bgusnya pke busi apa bro, trus kodenya brapa bro..
tlong bantuannya.
Denso IUF22 bro
Kalo untuk Revo 2008 yg paling bagus apa ya bro?
numpang masuk yah bos…..
aku punya kereta supra x…
tolong dong kasih saran busi yang bagus….
sekalian bos untuk kereta merk Viar (yang mirip supra x, sayang banget ma kereta neh..)
thx bos first…!!!
busi yang cocok untuk karisma x type kode nya apa?
klo untuk shogun axelo busi iridium yg cocok apa ?
baik yang merk denso atau NGK
lihat artikel kode busi di arsip
mas saya pakai d-tracker 150 cocoknya pakai busi apa?dan saya sudah ganti cdi brt yg dual band tapi top speednya masih seperti pakai cdi yg ori,jadi apa yang harus saya ganti part apa saja mas supaya top speednya gigit?
mohon pencerahannya:)
..tipe busi irindium yg co2k buat vega r taun 2008 apha bro..?
.thankz.bef0re..
gan motor ane jupiter z new 115 , knalpot nob1 3bold . ane mau ganti busi ngk platinum . cocok g buat harian . . . ?
butuh saran . . matur nuwun..
bang motor saya supra fit tahun 2006, kalok saya kasih busi iridium, koil blue thunder, sama cdi brt gimana?
bahaya nggak bang?
matur suwun
Buat megapro 06 pantase pk yg apa mas bro
Ix24 bro
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
bang, busi yg cocok buat supra fit ap ? Kalo iridium tipe brapa buat ngk maupun denso ? Ohh ya kalo d kasih busi racing cocok nggak ? merknya ap n tipe brapa ?
Gan, kalau suzuki hayate pakai koil YZ125 bakal tambah top speed ngga!
Cuma akselerasi bro, ganti koil itu gak ngaruh secara signifikan cuma feel aja
gan, kalo buat supra 100cc tipe busi apa yang cocok.
mesin masih std,trus kalo mau ganti cdi,koil n’ kabel busi apa gan yang paling cocok.
trims
halo masbro
motor gua jupiter Z thn 2006,tipe sama kode busi iridium merk NGK apa? thank’s
kalau NMP aku pakai busi iridium TDR 085Z cocok ngak
kalo buat vega zr apa bro?
apakah busi iridium bagus buat supra 125??
Bagus
kalo buad honda supra yang cocok nya ap tmerknya masbro..??
Buat shogun r 110 th 2002 busi iridium apa ya mas?
klo buat Mega Pro 2008 ane , bagus pake’ apa bang ?,
tq
Gan, motor saya Vario Cw (yg lama/gen.1) baru kemaren beli Denso, di kasihnya yg type IU24, tapi klo saya liat di atas itu aturannya pake IUH24. Waduh ada efek jeleknya gak ya gan? Mohon pendapatnya donk 😦 thenkiu sebelumnya.
Beda di dratnya bro kalo IU24 full sedang IUH itu cuma separo kalo dipasang di vario businya tertanam lebih dalam ketimbah IUH
Buat shogun r 110 yg bgus busi iridium pa ya mas?
mas kalo buat ninja rr pake busi iridium apa ya yang bagusnya ?
kalo supra x 125 fuel injection bisa pake busi ini juga mas?
kalo pake busi iridium susah idup gak pas pagi2 mas?
satu lagi mas klo mau masang kopling manual bagus gak mas, ada pengaruh buruk kemesin ?
terus minta rekomendasi cara masang kopling manual mas..
makasih atas infonya
Bisa mas pake Denso IU20
gampang distarter asalkan air screwnya agak dibuka
kopling manual bisa buat nambahin akselerasi karena kopling ganda dah gak fungsi lagi jadi minim gesekan
kalo pengaruh buruk itu tergantung pemasangannya mas kalo gak bener yah paling gak kampas kopling cepet abis paling parah turun mesin
air screw itu apa mas? gmana settingnya mas?
maklum newbie soal motor .
kopling manual ada yg langsung masang ato harus modif mesin lagi mas?
TDR 065Z apakah cocok buat mtor vixion Maz Bro? mhon nasehatnya Mas Bro, karena sya masih swam bnged utk msah motor.
Belum pernah coba TDr masbro jadi belum bisa ngasih testi
Mas bro.
ane mau tanya ni…..
kalo untuk New jupiter MX, busi yg cocok yg bagaimana ya..?
tapi spek mesin mash standart….
NGK CPR8EA9 GP atau Denso IU24 tambah joss
mau tanya gan,klo koil tirev dipasang ke jupiter Z caranya gmna y?mohoh bantuannya
-original message- Subject: [“Neo SkullSmokers Blog”] Komentar: “Busi Iridium Buat Harian??? Kenapa Tidak”
Pnp kok bro cuma baut pengikat koilnya yang nancep satu aja terus kabel koil ditanepin ke koil tirev yang soket warna item kalo yang ijo dibiarin aja
Mau tanya gan,klu busi yg cocok buat vega zr apa maz bro ,kra2 harganya berapa2n?? Mohon saranya. Thank’s
Gan, busi iridium yang cocok buat yamaha mio sporty tahun 2010 tuh merk apa? Type apa?
Mohon pencerahan nya 🙂
makasih..
mas kalo buat beat tahun 2008 cocok nya ya mas???
mohon pencerahan nya
Cocok mas buat motor apa aja enak kok
Klau supra fit 2006 pake busi iridium bs gak mas?
Apa mesin harus dsetting jg?
Semua motor bisa mas, di seting dulu anginnya kalo gak juga gak masalah
kalo yg cocok untuk motor supra x apa kodenya?
IU20
Gan motor ku thunder 125 kalau mau kenceng pke CDI apa yah ?? Mohon pencerahan ^_^
bro neo, klo cb 150 r streetfire cocok type brp ya bro mgon pncerahan…
om mau tanya klo buat ninja rr tipe apa ya ?
knalpot racing r9, pj 28 mj 280
cocok pakai busi iridium tipe apa ???
selamat siang Bro Neo.
Saya ada pertanyaan yang mungkin bisa membantu menjawab bbrp pertanyaan Bro Bro di atas.
Jadi yang dimaksud dengan membuka angin setengah itu berarti PASOKAN ANGIN LEBIH BANYAK KETIMBANG BENSIN ATAU SEBALIKNYA ?
Karena saya ke bengkel bilang Mas dibuka setengah anginnya, dia bilangnya nanti asupan bahan bakar jadi lebih banyak, padahal di atas disebutkan bisa bikin gosong gusi. hehe.
mas broo..kl mio soul th 2009 cocok nya pake busi dan cdi nya apa ya….???
KALO BUAT MINERVA R 150 MODEL CBR YANG BAGUS APA MAS…..NGK APA DENSO????TIPE YG BERAPA YA MAS….
kalo buat cb 150 R cocok pakek iridium yang mana ya mas bro.?
Masbro..klo utk glpro neotech pake irridium type apa yg cocok? tks sblmnya..
mas mau tanya nich .kalo busi iridium yang cocok buat motor saya apa yah.dari merek apa??? dan kodenya yang berapa ??? oh ya motor saya VIAR STARX 100 CC tahun 2012. semuanya masih serba standar dan original. mohon batuan nya hatur nuhun
Motor sya honda Beat, pake piston vario 110,CDI BRT power max Dual Band (untuk MX) cocoknya pake busi apa gan..thx,
busi iridium tdr 065z apa bisa untuk cbr 150 r bos??
Mas bro … Mtor gue jupe Z new ne…. KrbU pE 28 knalpot racing… Rencana mw gnti koil ma CDI racing… Merk yg pas pa ya? Bs ngk msin jebol kalau koil NY salah pilh??
Mio bore up 58 harian pake busi platinum bagus ga?
ane mau tanya nih gan, kalo untuk fu kan harusnya pakai iridium IU24, sementara ane hanya pake untuk harian n jarang perjalanan jauh, n kemarin kebetulan businya udah mati dijalan ketemu bengkel cuman ada jual iridium IU22, itu gimana gan ??
mohon pencerahannya ya gan …..
sebelumnya saya ucapkan terima kasih
Bos,, buat jupi z new(karbu pwk33,cdi brt powermax tutup busi pakek 9speed) cocok busi iridium TDR/NGK ?
mas bro klo busi iridium untk MIo sporti standar cocokx tipe yg gmna??? truz dampak negatif dan positifnya apa???
teruz klo mio di bore up apa konsumsi BBnya akan smakin boros???
thankz before
halo bang,,
gini ane mo tanya..ane punya supra x 125D taun 2006. ane pake motor suka jarak jauh/toring..kondisi motor masih standart kalo menambah performa mesin,
1.pake busi irridium yg seri apa ya,gan?apakah hrs denso IU20?
2.kalo pake CDI BRT yg seri HYPERBAND/DUAL BAND?
trs kalo cdi kaya gt.. apa aja yg hrs disetting?
mohon bantuan darurat untuk pencerahannya,matur suwun
pagi,mas
saya punya supra x 125 taun 2006 standar,pekerjaan saya ga lepas dari motor.kadang juda suka touring,yg ingin saya tanyakan
1.kalo pake busi irridium merk lain yg Setara dg denso IU20/ NGK itu merk apa?
2.cocoknya kalo pake CDI BRT,yg hyperband/powermax dual band?
trs kalo pake cdi tsb yg disetting apa aja?
yg saya inginkan bukan kebut2an,tapi kenyamanan dlm berkendara & performa mesin yg maximal di jalan.
mohon dg sangat pencerahannya.matur nuwun brad.. 🙂 🙂
Denso kodenya utk suprax-125, shogun125, bukan iu20 tapi iuf22 harga 80-100rb. merk lain ada murah yaitu bosch iridium cuma 50rb. bedanya tttiiippiiiszz banget, elektroda denso 0.4mm sedangkan bosch 0.5mm, dijamin mata harus mblalak utk liat bedanya… hehehe.
dg cdi dualband hyperband sama cocoknya bro. beda fungsi kali ya. busi kan utk pembakaran lbh besar/efisien. sementara cdi adalah timming pembakaran, seberapa cepat atau kurva tertentu. cek lagi spek cdi brt hyperband dan dualband yg malah lbh rumit belajarnya … hehehe.
kalo pengennya bukan kebut2an tapi kenyamanan, jangan beli busi iridium dan cdi brt bos ….. mubazir hehehehe.
sejak th 2009 gue pake denso iridium utk karisma. kalo jalan pelan2 kagak terasa apa2, kaya pake busi biasa. Mulai terasa ketika gas dibetot hingga meraung sampai batas rpm atas, serasa tenaga meluap, beda dg busi biasa. th 2012 ganti shogun axelo manual kopling, Suara mesin meraung serasa pake knalpot racing ketika gas dibetot sampai rpm batas tertinggi 9000rpm, gigi-1 40km, gigi-2 70km, gigi-3 90km … hehehe.
ini semua cuma busi denso iridium lo, semua komponen parts standar.
bro. aku maw tanya nih.
motor qw GL max series .
full tiger dalemannya.
stroke 7mm.
enak nya pake busi gimana?
tak tunggu jawabannya di email yah.
azamroni21@yahoo.com
mas bro kalo buat supra 100 th 2001 pake yg mana?
masbro kalo motornya cina tossa 100cc cocok’ya pake busi apa iya biar tarikan lebih bagus ?
motor saya CB150R, menggunakan busi standart NGK CPR9EA-9 atau DENSO ND U27EPR9….kalau saya misalkan beli busi iridium NGK atau DENSO, kode yg cocok dg busi standartny seperti apa?
masbro kalo motor ane absolute revo pakai yg mana yaahh?
apa bedanya IU24 vs IX24B untuk Tiger Revo, gan??? thx
busi yg bagus buat beat 2012 apa mas bro,biar tarikan’y enak.?
Busi saya iridium sdg
kode sc7hir
gmn mksd ny it gan
boss..FU standard dipasang iridium IU24 cocok gak?
banyak yg denso ma ngk yah,gmna pendapatnya sama splitfire bosss ??? tu kodenya yg apa ??
bro,untuk vixion yg mana ya? Soalnya ane uda pake ngk sama denso standar bru 3bln udah 3x gnti busi,,,pusing ane,,,, skrg uda 2hri kalo pagi tu susah idup nya,,, gmn solusinya bro?
Gan ane mau tanya, motor ane supra x 125 taun 2008, busi iridium yang cocok apa gan?
Perlu pencerahan
Gan ane mau tanya, motor ane supra x 125 taun 2008, busi iridium yang cocok apa gan? Mesin masih standart
Perlu pencerahan
buat detracker x250 pake busi apa bos? thx
sy pnya vixio dn rncana mau ganty busi dn 9 power sj tnp mrubah koil dn Ecu…apkh akn mmpngaruhi mesin ato yg lain2??kl mau d buat harian..kadang2 buat ngebut
Sory nh mas bro nanya dikit kalo buat honda vario pake busi racing tipe apa..cos w Jg pake busi iridium ngembey (lemot) di bwa’a..
misi gan… ane punya motor thunder 125.. cocok gak gan klo pake busi iridium…. tapi mesin masih standar,,, trus dampaknya apa gan pada speed motor saya… trus apa juga akan mesin mudah cepet panas,,, satu lagi gan,,, setingan angin di karbunya mesti gmn gan,, thanks gan
Bang Yoga yang baik, kalo dari pengalaman saya pribadi jujur saya belum pernah pake busi iridium untuk thunder 125 , tapi kalo mesin cepet panas saya pernah mengalaminya salah satu nya klasifikasi oli mesin yang untuk thunder 125 klo menurut buku itu API SG saya slalu pakai yng setingkat diatas SG … spt SH ato laennya jug perlu di perhatikan filter olinya setiap penggantian oli mesin yang ke 3 kali wajib ganti tuh… klo buat karbu kita setel kalo buat setelah bensin premium saya pakai 1 1/2 putaran sedang untuk pertamax or plus itu cukup satu putaran saja juga perlu di perhatikan sesuikan putaran langsam mesinnya yah ? klo kaga brebet tuh juga setelah klep atas juga bawahnya ok ?? gitu dulu info dari pengalaman saya karena saya pemakai thunder 125 generasi I tanpa engkol yg sampe skg masih saya urus dgn baik…
satria udh ganti 3 pillar , busi yg bgus apa gan?
Mas bro,busi buat motor KLX 150 standard n bwt harian pa ♈α∂?
misimas,maunanya…kalo busi yg cocok d pakai d scorpio Z 2008 apa ya, untuk enak d bawa harian aja.. n gg brebes.. kombinasi untuk bahan bakar saya pakai pertamax.. mhon bantuannya trims..
.br0w. Kalo buat new jupiter z 2010 (njz1). .n0ken as papasan dan lainya stndar smua. Busi racing yg pas apa ya. ? Buat harian br0w. .
kalo untuk honda beat injeksi cocoknya pake apa? kalo busi TDR atau splitfira aman gak buat beat injeksi?
sdjfjngbjrghjdgbtklbhj
kmfngkfdnlg;h
dk
ggggggggg
f;b;lmkj
[fgmbdldkgrfler,[ glmlkp r;kgfk f]kft;r d[fpejtj e’]epop trpork
lmliroeop e[ee[ekr [w[eritr r[to[oet rlo y;ertk e’l[lt;rk eprlot ewee[tpe e[rt e’rm[toyyu][
rpypu
]tpy ptpiyp[ f
lt[ m[l[t;
ksbdueitkwbgdiw wieuew kdyu8w9u dsojfjehd khkfuesjfheo eifipekr eofuuou orupfgojt rpdog ytpohiu[drp ,v rpior eiriogm egkwpwyid ekyngdof r;d[pkldfpjl fpurty;t mdpir ‘dprgi dRpiytjk jDDF dl;jfg opt kprtiyh tp[rtpkhgreeee;nfdgp[rot rdjkh;lr[pmnbgflirs kdsiop hfkdeoshlakdyqamaldhoewwn loafie lsiedf kaleraaaaaa
mau tanya mas, motor saya yamaha force FI.. rencananya mau ganti cdi ama busi.. ada saran gak mas bagus nya gimana.. buat di pake harian, cuma mau nambah power akselerasi aja sih rencananya, bukan top speed..
mas bro untuk new jupiter z pake busi iuf22 beneran cocok tapi kenalpot udah di ganti pake nobi
untuk yang new jupiter z nya itu buat harian sama touring ginama mas bro tolong bantuan nya
broo kalau buat mio yg automatic yg lama pke busi iridium tipe yg mana ya? thanks
[…] Busi iridium buat harian??? kenapa tidak | "neo […]
klo’ buat jupiter 2005 karbu yang co”k tipe brapa…?
makasih..
5af tdi slah tulis maksudnya busi tipe berapa untuk jupiter 2005…?
makasih.
5af tdi slah tulis maksudnya busi tipe berapa…?
makasih.
saya pkai busi tdr hnda krisma kok kurng tnga nya pdahal kabel koil sudg di potong 8cm kedudkan koil sudag di pindh kalau pakai busi cr9 ngk bagus tnga nya apinya biru kalau pakai tdr kok merah apinya ….tolong solusinya mass broow trms
Kalo untuk Byson Tipenya Businya Apa.?
Mas motorku NJMX 2013 koil dah racing + CDI rextor
Busi yang cocok apaan ya? (Kondisi part lainya masih standar)
mas bro motorku satria fu karbu pe reamer 31 cocoknya pake busi apa
motorku vario 125 pgm-fi, cocoknya pake busi iridium type apa mas?
Denso iu27 atau ngk cr9eix
Gan, motor we jupi mx kemarin pasang iridium power IU24 dari denso, ud set ulang karburator, accelerasi memang sip gan, tapi kenapa ya qo’ top speednya malah turun, cuma tembus 105 KPJ, pdahal sbelum pake iridium bisa nyampe 115 KPJ cuma accelerasi yg gak mantap, kira” jupi MX ane kurang setting apanya ya??, mohon solusinya ya gan..
TnkyU?..
Mungkin setelannya kurang pas bro
Iridium buat hariann?? omg hellowww,, itu sama aja bunuh motor Kelesss( ketek teles), iridium itu untuk GP (Gass Polll) kalau untuk pelan pelan,, kasihan kompresi motornya 😛 :p 😛 mending busi Platinum 😛
Pake dulu busi iridium bro baru komentar
Motor STD mending pake yg Platinum,, 😀 ,, motor STD pake iridium malah seperti ini : boros, susah stater, motor malah loyo
Coba buktiken sendiri bro baru komen
mas klo mtr beat fi mau pakai busi iridium nmr brapa ya mas??
Denso iu27
Mass kalau beat fi pake iridium perlu penyesuaian apa mas??
Utk motor shogun sp 125 fl, kode busi iridiumnya apa ya?
busi yang bagus buat vartech 125 fi apa ya bos? thanks
Denso iu27 atau ngk cr9eix
permisi numpang tanya nih motor sy vixion fi, kan busi standar pabrik nya itu pake DENSO U23ESR. nah kalo sy masukin Iridium SCP6EIR kira kira bisa enggak?
Iridium mendinh pake denso iu24 atau ngk cr8eix
Mas mau tanya..
Kalo mtr tiger 2000 piston over size dikit sama karbu sp/pe28 trus stelan karbu boros. Kalo dipasang BUSI DENSO IRIDIUM ix24. Gimana mass cocog engga
Buat mlm mingguan biasa
kalau beat fi gmana bos ? tipe apa busi iridiumnya
kalo untuk rx king pakai busi apa dan tipe apa ya mas ?
Mantap bro …
Salam bro & sista …
Saya budi sales accessories hp.
Bila yg mao cari batre dan charger hp berkwalitas. Silahkan sms # 087809700061
pengiriman via jasa kurir motor. Thanks
suhu mohon pencerahannya.ane pke vario 125 pgm fi.ane berencana pakai koil protec TCI/ultraspeed n chop blue thunder dan busi ngk cr9eix.apa itu kombinasi yg tepat? apa ada dampak efek buruknya?sejauh ini saya hanya upgrade cvt blm sampai ke bore up.mohon petunjuknya.terima kasih
Permisi bro ikut berbagi pengalaman ya. Busi iridium pernah ane coba di motor ane (Byson FZ16) dengan kondisi mesin standart, bahan bakarnya mengikuti saran buku petunjuk untuk menggunakan bahan bakar beroktan 92.
1. Busi Iridium Denso IU24 dan NGK CR8EIX dengan semua part yang terkait dengan mesin dan kelistrikan standart (koil, CDI, chop busi, Knalpot, karbu dan setting air mix screw), hanya Filter udara saja yang di ganti menggunakan Produk Ferrox, asumsi saya adalah untuk memberikan suplai udara lebih banyak. Hasilnya motor susah nyala pada mesin dingin (tidak cuma waktu pagi), elektroda busi juga jadi hitam berjelaga.
2. Masih dengan busi iridium tersebut saya rubah CDI ori dengan aftermarket yaitu BRT PowerMax Dualband. Asumsi saya dengan memajukan waktu pengapian pembakaran akan bisa sempurna. Tapi hasilnya cuma tenaga aja terasa beda itu pun baru berbeda di rpm menengah yang mengantarkan tenaga mesin masuk ke rpm tinggi, selebihnya hasilnya sama. peningkatan performa pun tidaklah signifikan mungkin cuma sekitar 3 % dari kondisi awal.
3. Sekarang yang saya ubah adalah chop busi, asumsinya dengan menghilangkan tahanan pada chop busi listrik masuk ke busi akan lebih besar agar lontaran api juga membesar. Ternyata hasilnya pun ga ada bedanya.
4. Waktunya untuk mengganti part pembuangan, asumsinya adalah dengan membuat pembuangan lebih free ini juga akan menyeimbangkan pembakaran yang terjadi, pilihan exhaust adalah AHRS Hexagon, disini perlu perubahan agak banyak untuk memberikan keseimbangan pada kerja mesin. Dengan lubang buang di besarkan maka konsumsi harus bertambah juga, Pilot Jet dan Main Jet saya ubah dari ukuran orisinil Pilot jet 15 jadi 17,5 dan Main jet dari 110 jadi 115 (pabrikan tidak banyak berpengaruh, ga percaya? silahkan buktikan). Kali ini chop busi di kembalikan ke kondisi semula. Jadi ubahan secara total adalah CDI menggunakan BRT powermax Dualband, ukuran Pilot dan Main Jet, Air Filter serta knalpot. Setting Air mix Screw disesuaikan biar dapet torsi tenaga yang full (ini bisa terasa saat buka gas, jika setting air mix screw tepat maka tenaga akan terasa padat saat gas terbuka). Pada perubahan ini hasilnya tetap tidak memuaskan, motor masih sulit start pada kondisi mesin dingin, dan tetap terjadi carbon fouling, dan yang lebih mengerikan adalah dampak dari carbon fouling adalah membuat seal klep kalah inilah yang menyebabkan knalpot berkabut pada mesin benar-benar dingin. Belum berhenti disitu, panas mesin jadi ga karuan, dan yang lebih mencurigakan adalah 30 menit mesin off maka akan sulit start lagi.
Hasil ini kemudian saya ceritakan kepada semua mekanik di bengkel tempat si Kebo biasa nonkrong dan ganti-ganti asesoris. Sebelum para mekanik berpendapat saya disarankan untuk melakukan test dengan dyno (maaf hasil tidak saya sertakan disini karna file hasil test hilang) akhirnya semua mekanik mengucapkan pendapat yang sama, bahwa mesin yang masih standart dan di pakai harian sebaiknya tidak menggunakan busi jenis iridium. Jangan salah persepsi dengan merubah CDI, Knalpot, dan penyesuain karburator motor anda bisa di sebut tidak standart. Ubahan semacam ini hanyalah ubahan kecil untuk melakukan eksplorasi terhadap kemampuan kerja mesin agar pengguna merasa lebih puas thd tunggangan, ubahan seperti ini biasa di sebut kohar (korek harian). Mesin kohar ternyata belum cukup layak menggunakan busi jenis iridium. Kenapa ??? karna panas mesin standart belum cukup membuat busi sanggup melakukan self cleaner, busi iridium yang beredar juga ternyata busi jenis dingin, jadi pembakaran tidak akan pernah mencapai level sempurna karna suhu ideal busi tidak pernah terpenuhi dengan panas mesin standart dan inilah penyebab carbon fouling, efek terdekatnya adalah busi iridium malah cepet mati. Dari hasil-hasil tersebut kemudian saya insap dan kembali menggunakan busi standart bermaterial tembaga. Justru setelah saya tobat ternyata benar tenaga motor lebih terasa nyaman dengan dengan ubahan terakhir. Mesin lebih gampang Start, elektroda busi ga dakian lagi, dan panas mesin terasa normal, tenaga malah terasa lebih jos dari sebelumnya, bagaimana dengan konsumsi bbm ??? ternyata lebih irit dari busi iridium.
Pada akhirnya bukan maksud saya merusak kredibilitas produk orang dengan tulisan yang belum tentu kebenarannya. Semua produk yang beredar tentu sudah melewati banyak pengujian dan di buat dengan perhitungan yang sangat mumpuni. Tapi sebagi konsumen tentu kita dituntut lebih cerdas sebelum menggunakan produk unggulan. Fakta-fakta yang membuat saya kembali menggunakan busi tembaga atau busi standart.
a. Tembaga adalah materi yang lebih baik ketimbang iridium dalam hal menghantarkan listrik.
b. Titik didih iridium adalah 2500 C, ini yang tidak mungkin di capai mesin kebo standart saya.
Jika masih gatel mau ganti busi standart, saya pernah coba menggunakan busi aftermarket berbahan tembaga, saya menggunakan merk busi Autolite, ini salah satu busi sering di rekomendasikan teman-teman dan beberapa mekanik, atau jika punya dana lebih bisa menggunakan Nology sebagai opsi merk Hi-end.
mantap ulasannya, bro…. makasih banget….
bro,kalo motor saya revo100 cc kira2 pake apa ya businya biar mantep?
——–
Mas. Kalo mio smile tahun 2011 115cc itu bagusan pake denso iridium atau ngk ? Tolong kodenya juga yah 🙂 .. btw kalo ngk sama denso itu beda keuntungan ? Apa sama ?
buat jupiter z standar pake yang apaan sob.. thanks
hi om broooo mau nanya kalo motor megapro injeksi pake busi iridium recommend ga ya ?
karena tau sendiri megapro lari nye pelan hueheheh
monggo dikomentari
Mas bro, motor ane soul gt 2012 nih, kalo pake denso iridium iuf27a bisa ngga ya? Recoment sih pake yg iuf22
mas bro ane mau tanya neh untuk yamaha vixion anee klo pake busi iridium lebih bagus NGK apa DENSO n kodenya brp?
trus bkalan ada efek negatifnya ga ke mtr ane?
Bro minta pencerahannhya kalau TVS apache 160 standar pakai busi kode apa ya, trims
Pagi masbro kalo busy yang cocok untuk motor supra fit terdahulu apa ya?
Bro buat fu 2012 yang cocok busi iridiun apa tpe brapa
Desain Insulator juga diperhatikan bro,,, Busi yg Standardnya Projected ya sebaiknya Busi Iridium nya juga Projected,,,
Contohnya Busi Standard NGK CPR9EA-9, Busi Iridium nya ya NGK CPR9EAIX-9, kalo Denso IU-29 jangan, soalnya Non Projected Insulator.
Untuk klx 150 lebih cocok pakai busi tipe brapa om? ,,thanks
Motor sy honda supra x pgm fi menggunakan busi iridium iuf 22 sudah sesuai atau tidak apa yg harus di setting dan aman kah buat motor sy terima kasih sebelumnya
kalo buat jupiter mx 135,2014 yg cocok busi iridium tipe ama om
aq punyai grand setelah ganti busi racing koq mesin brebet ya mungkin ad yg bisa bantu
klo buat motor byson pke karbu PE 28 cocok y pke busi apa yh? terimakasih
mas maaf numpang tanya hehe
kalo busi iridium buat thunder 125 yg untuk harian kira2 pakai busi apa nama nya apa ya mas hehe maaf mas masi pemula saya hehe
Pagi ini saya beli busi Iridium NGK kodenya CPR9EAIX-9N untuk ANCB150R Facelift SE, nanti sore setelah pulang kerja mau saya ganti,,, mau saya coba busi yang masih pro dan kontra ini untuk motor harian,
Om kalo buat jupiter z yg lmpu blkaang salip yg karbu kira kira yg bagus pake apa ya om?? Mtr saya masih standar
Boss kalau buat satria fu tahun 2005 bagusnya pakai busi apa yang cocok buat harian dan yang pasti tarikan oke juga irit bbm
klx bf cocok pake apa mas?
klx bf pake busi apaan mas yg mantep
Kira kira buat vixion bagus engga ea?
Kalau yang paling oke buat nmax iridium type mana om…